Wakil Ketua Komisi III DPRD Jabar mendorong desa/kelurahan menggali potensinya menjadi desa wisata - WisataHits
Jawa Barat

Wakil Ketua Komisi III DPRD Jabar mendorong desa/kelurahan menggali potensinya menjadi desa wisata

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Jawa Barat kaya akan pariwisata, termasuk wisata berkonsep desa. Wakil Ketua Komisi III Fraksi Demokrat DPRD Jabar Sugianto Nangolah sempat bertukar pandangan soal peraturan daerah alias Perda desa wisata.

Desa wisata ini merupakan konsep wisata pedesaan yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.

Aturan ini juga tertuang dalam Peraturan Desa Wisata Nomor 2 Tahun 2022 yang bertujuan untuk menggali dan mengembangkan potensi desa masing-masing daerah untuk menjadi desa wisata.

Perda ini diundangkan pada akhir Maret 2022, sehingga belum banyak yang mengetahuinya, baik di tingkat desa maupun kecamatan.

“Sebagai Wakil Ketua Komisi III DPRD Jabar, saya mensosialisasikan Perda Desa Wisata ini di daerah pemilihan saya yaitu Kota Bandung dan Cimahi. Pasal 2 Perda Desa Wisata ini membahas ruang lingkup pemetaan dan pengembangan potensi desa wisata, pemberdayaannya, hingga infrastruktur pendukungnya,” ujarnya, Jumat (25/11/2022).

Tak hanya itu, Sugianto mengatakan resort village memiliki sistem informasi, serta monitoring dan pendanaan.

Daerah atau kawasan yang ingin dimasukkan dalam desa liburan tidak sembarangan, namun ada hal yang perlu ditempuh salah satunya adalah melihat potensi desa apakah layak untuk dijadikan desa liburan atau tidak. .

“Perda ini (desa wisata) mengatur bagaimana desa menjadi desa wisata. Kota Bandung tidak memiliki desa melainkan kelurahan. Namun, ada beberapa kelurahan di Bandung yang bisa dikembangkan menjadi desa wisata, misalnya di Kecamatan Pasirlayung, Kabupaten Cibeunying Kidul,” ujarnya.

Di kawasan Pasirlayung, kata Sugianto, ada Saung Angklung Udjo. Tempat ini tidak hanya untuk daerah tetapi juga untuk wisatawan domestik dan mancanegara.

“Jadi kami berharap melalui skema desa wisata ini, seluruh desa atau kecamatan dapat menggali dan mengembangkan potensi daerahnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sebagai anggota DPRD Jabar, Sugianto mengaku pihaknya terus mendorong desa/kelurahan di Jabar untuk berkembang menjadi desa wisata, baik dari segi belanja, makanan, fashion, sejarah maupun budaya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button