Wajah baru Benteng Pendem Ngawi, destinasi wisata berbasis heritage - WisataHits
Jawa Timur

Wajah baru Benteng Pendem Ngawi, destinasi wisata berbasis heritage

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan kembali Benteng Van den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Pendirian Benteng Pendem dilakukan untuk melestarikan bangunan cagar budaya yang dibangun pada tahun 1840-an sekaligus meningkatkan potensi wisata di Kabupaten Ngawi.

Pekerjaan rehabilitasi Benteng Pendem Ngawi dimulai pada 10 Desember 2020, sebagai tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo usai meninjau bangunan bersejarah itu pada Februari 2019.

Saat ini pembangunan sudah 100 persen selesai dan siap diresmikan sebagai destinasi pendidikan dan wisata Fitur tamasya daerah warisan di Kabupaten Ngawi.

“Karena kawasan Benteng Pendem merupakan situs cagar budaya, maka penataannya harus dilakukan secara hati-hati agar nilai budayanya tetap terjaga,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengutip siaran pers yang diterima Kompas.comSabtu (26/11/2022).

Wajah baru Benteng Van den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi di Kabupaten Ngawi, Jawa TimurDermaga. PUPR Wajah Baru Benteng Van den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi di Kabupaten Ngawi Jawa Timur Rehabilitasi kawasan cagar budaya Benteng Pendem melalui adopsi Konsep penggunaan ulang adaptif.

Artinya, pemugaran dilakukan dengan mengembalikan fungsi bangunan yang terdaftar dengan fungsi baru dan sesedikit mungkin mengubah bentuk bangunan lama dengan tetap melestarikan nilai-nilai budaya.

Rehabilitasi Benteng Pendem Ngawi akan dilakukan antara tahun 2020 hingga 2022 oleh kontraktor PT Nindya Karya dengan partisipasi Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga: Sejarah Benteng Pendem Ngawi, Bukti Keinginan Belanda Menguasai Indonesia Sepenuhnya

Anggaran pekerjaan konstruksi tersebut berasal dari APBN sebesar Rp 125 miliar yang akan digunakan untuk memugar 13 bangunan di dalam kompleks benteng dan penataan lanskap kawasan inti seluas 4,8 hektar.

Juga dilakukan penataan zona pejalan kaki, normalisasi parit, pekerjaan MEP dan pembangunan gedung pendukung.

Wajah baru Benteng Van den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi di Kabupaten Ngawi, Jawa TimurDermaga. PUPR Tampilan baru Benteng Van den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Bangunan cagar budaya ini bisa menjadi pilihan tujuan wisata di Kabupaten Ngawi yang bisa ditempuh sekitar 2,5 jam dari Bandara Juanda atau Kota Surabaya melalui Tol Trans Jawa.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button