Savana Tegal Panjang, Pesona indahnya sabana di Bandung - WisataHits
wisatahits

Savana Tegal Panjang, Pesona indahnya sabana di Bandung

Savana Tegal Panjang, Pesona indahnya sabana di Bandung
Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Neglawangi, Kec. Kertasari, Kab. Bandung Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Savana Tegal Panjang merupakan objek wisata yang saat ini mulai hits. Bukan tanpa alasan tentunya karena memiliki banyak keindahan yang tidak dimiliki objek wisata lainnya. Padahal, kali ini bukan sebagai tempat wisata, melainkan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah setempat.

Seperti namanya, tempat ini merupakan hamparan padang rumput yang sangat luas. Sejauh mata memandang, ada warna hijau yang menyejukkan mata. Berkunjung ke sini dijamin tidak akan membuat Anda bosan karena banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan. Selain itu udaranya juga segar, hampir tidak ada polusi asap dari pabrik dan kendaraan bermotor.

Perhatian, savana ini ada di Bandung, tepatnya di kecamatan Kertasari. Pasti banyak yang tahu kalau Bandung merupakan kabupaten yang memiliki banyak destinasi wisata. Udaranya yang sejuk membuat kawasan ini semakin populer di kalangan wisatawan dari seluruh nusantara.

Atraksi Savannah Tegal Panjang

Daya tarik Savana Tegal yang panjangKredit gambar: Google Maps tanpa nama

Meski bukan tempat wisata resmi, faktanya Savana Tegal Panjang memiliki banyak daya tarik yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Daya tarik inilah yang membuat banyak wisatawan berkunjung. Mulai dari koleksi hewan yang terdapat di sana, udaranya yang segar, hingga pemandangan alam yang menakjubkan.

1. Koleksi Hewan Savannah di Tegal Panjang

Daya tarik pertama adalah banyaknya satwa liar yang hidup di hutan lindung ini. Kebanyakan dari mereka adalah burung yang dilindungi, seperti elang dan harimau Jawa yang hampir punah. Selain itu, ada juga babi hutan yang suaranya hanya terdengar dari jauh. Kadang-kadang Anda juga sering melihat kambing hutan dengan tanduknya yang unik.

Beberapa hewan liar di sabana Tegal Panjang dilindungi, sehingga pengunjung tidak diperbolehkan merusak atau memburunya. Karena ada beberapa yang merupakan hewan liar, disarankan untuk berhati-hati. Di tempat ini juga diperbolehkan untuk mendirikan tenda dan kemah, namun anda harus selalu memastikan keselamatan anda sendiri karena banyak terdapat hewan liar.

2. Keindahan alam yang memukau

Tak bisa dipungkiri, daya tarik utama tempat wisata di Bandung ini adalah keindahan alamnya yang mempesona. Sabana yang artinya padang rumput luas sangat jelas terlihat di sini. Bukan sembarang rumput tentunya, melainkan alang-alang atau alang-alang yang tumbuh hingga ukuran dewasa.

Keindahan Savana Tegal Panjang bisa dilihat dari berbagai sudut. Misalnya, dari kejauhan tampak seperti lembah dengan ciri khas garis besarnya yang bertingkat-tingkat. Hal ini disebabkan perbedaan warna rerumputan yang terlihat akibat bias sinar matahari. Selain hijau, di satu sisi Anda bisa melihat warna kekuningan yang cukup indah dan tak bosan memanjakan mata.

Banyak turis menyamakan keindahannya dengan padang rumput Eropa. Mungkin Anda akan berpikiran sama setelah mengunjungi dan mengamati semua yang ada di sana. Meski ada pendapat lain, setidaknya mereka tetap tidak bisa menghilangkan pesona cantiknya yang tidak biasa.

3. Suasana alami dan asri

Savana Tegal Panjang jauh dari perkotaan, lokasinya bisa dikatakan dekat dengan pedesaan. Ini membuatnya menjadi tempat yang indah dan alami. Hampir setiap titik lokasinya belum pernah tersentuh oleh tangan manusia jahil. Udaranya segar, dingin, dan suasananya sangat asri.

Menariknya, ada sungai kecil di tengah padang rumput ini. Sungai membuat suasana semakin asri dan bisa dijadikan sarana penyembuhan. Dari dekat, suara merdu aliran sungai terdengar cukup jelas, yang terhalang bebatuan kecil. Selain mata dimanjakan pesonanya, pikiran pun lebih jernih dan jauh dari stres.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Savana Tegal PanjangKredit gambar: Google Maps Abdul Latif

Jika ingin mengunjungi Savana Tegal Panjang, pergilah ke Desa Neglawangi, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Di sinilah tempat wisata ini berada. Untuk mengaksesnya bisa menggunakan kendaraan jenis apapun, namun selalu disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.

Namun yang jelas, Anda harus melanjutkan pendakian dengan berjalan kaki begitu sampai di pedesaan. Tidak ada akses jalan menuju lokasi wisata, hanya jalan setapak. Cukup jauh, setidaknya butuh 6 jam untuk sampai ke sana. Perjalanan menjadi semakin sulit karena kontur khas pegunungan yang mendaki selalu menemani perjalanan Anda.

Sebelumnya, Anda terlebih dahulu harus ke Desa Neglawangi untuk mengunjungi Savana Tegal Panjang. Desa ini berjarak sekitar 65 kilometer dari pusat kota Bandung, dapat diakses dalam waktu 3 jam dengan sepeda motor atau mobil. Rute yang paling direkomendasikan adalah menuju ke arah Ciparay kemudian ambil jalan menuju Kolam Tirta Raya.

Lanjutkan perjalanan ke Jalan Raya Pacet lalu ke Jalan Raya Cibeureum. Setelah itu, Anda tinggal mengarahkan kendaraan menuju tugu yang ada di Desa Tarumajaya. Perjalanan dilanjutkan menuju kantor di desa Neglawangi, disinilah anda harus memarkir kendaraan anda dan melanjutkan perjalanan anda menuju objek wisata yang dituju.

Meski sangat jauh, perjalanan menuju Savana Tegal Panjang sangat menyenangkan. Hal ini karena selama perjalanan selalu dibarengi dengan keindahan alam. Misalnya, perkebunan teh yang Anda jumpai saat mulai mendaki. Setelah itu, menuju hutan yang lebih lebat, Anda bisa merasakan pemandangan yang hijau dan suasana yang tenang.

Penting untuk dicatat bahwa Anda tidak perlu membayar apa pun saat berada di sini. Pasalnya, objek wisata tidak resmi ini gratis dan tidak dipungut biaya apapun. Hanya saja, Anda perlu mengurus SIMAKSI sebagai syarat utama pendakian. Selain itu, ada juga biaya parkir yang biasanya bersifat sukarela.

Aktivitas menarik di Savana Tegal Panjang

Kegiatan Savana Tegal PanjangKredit gambar: Google Maps Ari Geang

Karena sulitnya pendakian yang harus dilakukan, tidak semua wisatawan bisa mengunjungi Savana Tegal Panjang. Kebanyakan pengunjung berasal dari pelajar dan pecinta alam. Tujuan dan kegiatannya bermacam-macam, ada yang ingin meneliti atau sekedar menikmati keindahan alam yang mempesona.

1. Lacak ke lokasi

Kegiatan pertama yang tidak boleh dilewatkan karena sangat menarik adalah pramuka lokasi. Kegiatan ini dinilai sangat menarik karena selama perjalanan keindahan alam selalu menyertainya. Hamparan luas persawahan dan perkebunan masyarakat setempat sangat jelas terlihat, begitu indah dan menyejukkan mata.

2. Nikmati pemandangan alam

Lalu, nikmati pemandangan alam, termasuk aktivitas yang wajib dilakukan. Bahkan bisa dikatakan tujuan utama wisatawan datang mengunjungi Savana Tegal Panjang adalah untuk menikmati pesonanya. Pemandangan alam yang hijau dan asri semakin lengkap dengan sungai kecil yang mengalir di tengah padang rumput.

3. Camping atau berkemah

Berkemah atau berkemah adalah kegiatan wajib ketika mengunjungi tempat wisata eksotis di Bandung ini. Alasannya adalah Anda tidak mungkin bolak-balik dalam satu hari. Selain itu, belum lengkap rasanya jika belum menyaksikan pesona matahari terbit yang begitu indah.

4. Berburu spot foto

Obyek wisata ini tidak memiliki tempat khusus untuk kegiatan fotografi. Namun, karena keindahannya dapat dilihat ke segala arah, berarti hampir semua titik lokasi cocok dijadikan objek foto. Anda hanya perlu menentukan bagian bawah yang tepat, apakah ingin mengambil padang rumput, bukit atau sungai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Memasang Savana Tegal PanjangKredit gambar: Facebook Hendra Messa

Karena Savana Tegal Panjang bukan tempat wisata resmi, tidak banyak fasilitas yang bisa ditemukan. Di lokasi utama, tidak ada fasilitas yang bisa Anda gunakan. Beberapa fasilitas hanya terdapat di desa tempat Anda memulai pendakian. Tidak banyak juga, hanya parkir dan toko sederhana.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai objek wisata bintang bandung yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Meski minim fasilitas, bukan berarti tempat ini tidak cocok untuk dikunjungi. Seperti halnya mengunjungi gunung dan bukit lainnya, mengunjungi Savana Tegal Panjang sebaiknya membawa perbekalan yang cukup.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button