VIRUS! Dulunya tambang, sekarang jadi tempat camping keren banget di Sulawesi Selatan - WisataHits
Jawa Tengah

VIRUS! Dulunya tambang, sekarang jadi tempat camping keren banget di Sulawesi Selatan

INDOZONE.ID – Bukan rahasia lagi bahwa kegiatan penambangan seringkali memiliki kelebihan dan kekurangan. Di satu sisi, negara diuntungkan, tetapi sering dipandang sebagai perusak alam. Beberapa lokasi penambangan sering ditutup karena alasan ini.

Masyarakat tidak tinggal diam, beberapa lokasi tambang justru menjadi tempat wisata yang viral di media sosial, seperti Danau Jayamix di Bogor, Danau Kaolin di Belitung, Tebing Breksi di Yogyakarta dan Ngarai Coklat di Semarang.

sungai HijauSungai Hijau Bacukiki, Parepare, Sulawesi Selatan. (Rudi Hartono/Z Kreator)

Di Parepare, Sulawesi Selatan, terdapat Sungai Hijau Bacukiki. Bekas lubang tambang material batu dan pasir ditutup karena merusak aliran sungai. Tempat ini juga menjadi tempat wisata gratis bagi warga.

“Dulu tempat penggalian material batu dan pasir karena ilegal dan merusak aliran sungai, jadi ditutup. Mungkin sudah lebih dari 10 tahun tutup, sekarang jadi tempat wisata,” kata Dedi, salah satu pengunjung Rudi Hartono, Tim Pembuat Z.

sungai HijauSungai Hijau Bacukiki, Parepare, Sulawesi Selatan. (Rudi Hartono/Z Kreator)

Sungai sepanjang 5 km ini memang dipenuhi bebatuan. Air dangkal mengubah suara gemericik air yang mengalir melalui celah-celah bebatuan menjadi irama santai yang menjadi daya tarik tersendiri.

“Jika stres dengan pekerjaan yang cocok di sini, anak-anak juga bisa bermain dengan aman di tepi sungai karena area sungai tidak terlalu dalam. Apalagi berkunjung ke sini gratis, yang penting jangan sampai ada sampah yang tertinggal,” jelas Dedi.

sungai HijauSungai Hijau Bacukiki, Parepare, Sulawesi Selatan. (Rudi Hartono/Z Kreator)

Para pengunjung biasanya datang dari pagi hari. Beberapa dari mereka sengaja mendirikan tenda tidak jauh dari sungai. Bawa bekal dari rumah untuk disantap di tepi sungai.

Dikelilingi pohon-pohon tinggi menjulang di atas kawasan hutan jati, udara di kawasan Green River Bacukiki tetap sejuk meski matahari terik menyengat.

sungai HijauSungai Hijau Bacukiki, Parepare, Sulawesi Selatan. (Rudi Hartono/Z Kreator)

Green River Bacukiki terletak di Desa Lemoe, Kecamatan Bacukiki, Parepare. Jaraknya sekitar 7 km dari pusat kota. Kendaraan dapat melaju langsung ke area pantai.

Artikel menarik lainnya:

Buat cerita lucumu sendiri dan dapatkan berbagai hadiah menarik! Mari bergabung Z Pencipta dengan mengklik di sini.

Z PenciptaZ Pencipta

Source: www.indozone.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button