Telaga Jonge Gunungkidul menyelenggarakan live music dan kenduri pada malam tahun baru - WisataHits
Yogyakarta

Telaga Jonge Gunungkidul menyelenggarakan live music dan kenduri pada malam tahun baru

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Danau Jonge di Desa Calonejo, Semanu merupakan salah satu destinasi wisata di Gunungkidul, khususnya di sektor menengah. Di malam tahun baru, destinasi ini tetap buka dengan kemeriahan dan pertunjukan musik.

Lokasi Danau Jonge berada di sisi timur atau sekitar 46 kilometer dari pusat Kota Jogja. Akses menuju lokasi cukup baik karena kondisi jalan yang relatif baik dan beraspal.

Danau seluas 3.700 meter persegi ini tak pernah kering. Destinasi ini menawarkan pemandangan alam. Airnya jernih dan banyak pepohonan di sekitarnya yang memberikan keteduhan.

Pengunjung yang datang bisa berjalan-jalan di sekitar tepian danau. Jika bosan, Anda bisa menyewa perahu yang disediakan pengelola untuk menjelajahi setiap jengkal danau.

Seperti destinasi wisata lainnya, tempat ini sudah menyiapkan event-event untuk menyambut tahun baru. Nanti di Malam Tahun Baru ada pertunjukan musik dan perayaan.

Salah satu pengelola wisata Telaga Jonge, Budi Raharjo, mengatakan tidak ada tiket masuk ke danau tersebut. Pasalnya, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir.

Ada tarif Rp 5.000 untuk kendaraan roda 4 atau mobil dan Rp 3.000 untuk sepeda motor untuk tempat parkir. “Dengan hanya membayar parkir, pengunjung dapat menikmati suasana di Telaga Jonge sepuasnya,” kata Budi, Senin (26/12/2022).

Menurutnya, ada juga kesepakatan antar pedagang untuk tetap buka saat malam baru. Artinya pengunjung dapat menikmati berbagai olahan kuliner yang disajikan oleh para pedagang.

“Mudah-mudahan semarak dan malam pergantian tahun semakin semarak,” ujarnya.

BACA JUGA: Kejaksaan KPK di Jogja Didatangi Maling, Hanya Laptop yang Hilang

Lurah Pacarejo, Suhadi mengatakan, sejak dibuka sebagai tempat wisata pada 2018 lalu, sudah banyak yang mengunjunginya. Tercatat sekitar 85.000 pengunjung mengunjungi Danau Jonge dalam setahun.

“Telaga Jonge sangat membantu dalam upaya memutar roda perekonomian,” kata Suhadi.

Menurutnya, pengunjung tidak hanya disuguhkan panorama alam. Tapi yang hobi mancing juga bisa mancing di danau ini, kata Suhadi. “Stok ikan melimpah dan bisa dipancing,” katanya. (David Kurniawan)

Foto,

Sebuah kapal dengan penumpang berlayar di kawasan Danau Jonge di desa Pacarejo, Semanu. Foto diambil pada Selasa (21/12/2022)

DIDUKUNG:

Kisah dua brand kecantikan lokal yang diuntungkan Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button