Virtual tour sejarah Trowulan Mojokerto dapat dinikmati oleh masyarakat - WisataHits
Jawa Timur

Virtual tour sejarah Trowulan Mojokerto dapat dinikmati oleh masyarakat

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Virtual tour sejarah Trowulan, Kabupaten Mojokerto kini tersedia untuk dinikmati publik. Hal tersebut disampaikan oleh pimpinan penelitian Prof. Purnawan Basundaran yang diwakili oleh M. Nilzam Aly selaku tim peneliti Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Kali ini, Unair Surabaya menggelar workshop teknologi imersif Virtual Tour 360 di Balai Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto pada Sabtu (12/3/2022). Ini merupakan tindak lanjut dari workshop yang digelar Unair Surabaya di Balai Sidang Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Mojokerto.

“Hasilnya adalah wisata sejarah virtual reality 360 derajat Trowulan, Majapahit yang bisa disaksikan masyarakat di dataran Jawa Timur. Karena kami bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim,” kata Nilzam, Sabtu (12/3/2022).

Virtual reality 360 derajat ini dilengkapi mode area view sehingga pengunjung dapat melihat objek wisata dari berbagai arah. Kedua, masing-masing objek wisata tersebut memiliki cerita naratif. Berisi rangkaian narasi yang menjelaskan gambaran umum objek wisata. Ketiga, penggunaan kacamata virtual 360 derajat: Dengan kacamata virtual reality (VR), pengunjung dapat melihat objek wisata secara langsung.

Proses pelatihan penerbangan drone.jpg

Proses pelatihan penerbangan drone sebagai bentuk pendataan sebuah objek wisata hingga menghadirkan virtual reality tour 360, Sabtu (12/3/2022) (Foto: Thaoqid Nur/TIMES Indonesia)

“Kami merancang dari awal prototipe virtual reality 360 derajat di kawasan wisata sejarah Trowulan dan dari sana akan kami kerjakan, akan kami lanjutkan semaksimal mungkin. Lokakarya ini dirancang untuk memberi kami masukan, saran dan perbaikan dari hasil,” jelasnya.

Semua hasil penelitian ini dapat diakses melalui website jatim. Bepergian. Website berisi kumpulan properti wisata potensial di Jawa Timur dengan kemampuan virtual reality 360 derajat.

Selain itu, Unair Surabaya menawarkan bentuk pengabdian kepada masyarakat melalui program workshop ini. Peserta diajak mengoperasikan drone untuk merekam obyek wisata. Sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri.

“Kami juga memberikan pelatihan operasional penggunaan drone 360 ​​derajat, menyasar Pokdarwis, content creator, sejarawan dan lainnya. Ini bagian dari pengabdian masyarakat dan mendukung pengembangan pariwisata Majapahit,” pungkasnya.

Terpisah, kata tim kreatif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim (Disbudpar Jatim), Achmad Riza Maulana.

“Kami juga di sini untuk berbagi pengetahuan Virtual Reality Tour 360 dengan praktik langsung. Sehingga yang terkait dengan pariwisata di daerahnya mengetahui dan memahami pembuatan Virtual Reality Tour 360 ini,” kata Riza kepada tim media.

Wisata virtual reality 360 derajat ini dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Jadi untuk pengenalan kepada wisatawan yang belum pernah mengunjungi objek wisata manapun, sangat cocok menggunakan metode 360 ​​virtual reality tour,” jelas Riza.

Pelatihan proses-drone-penerbangan.jpg

Tim peneliti Universitas Airlangga Surabaya mempresentasikan hasil penelitian virtual reality tour 360 wisata sejarah Trowulan, Mojokerto, Sabtu (12/3/2022) (Foto oleh Thaoqid Nur/TIMES Indonesia)

Hal ini dilakukan tentunya untuk menarik sebanyak mungkin pengunjung ke Jawa Timur. Beberapa obyek wisata ditampilkan melalui website jatim.travel. Diantaranya adalah Bromo, Trowulan, Trenggalek, Pacitan, Tulungagung, Bondowoso, Gedung Negara Grhadi, Rumah Darussalam dan objek wisata lainnya.

“Karena era pandemi kemarin kita rugi banyak, memang wisatawannya sedikit sekali ya, tapi sejak awal tahun 2022 sudah terlihat antusias kunjungan wisatawan,” kata Riza.

Menurutnya, pariwisata merupakan efek multisektoral. Karena kunjungan ini berdampak pada UMKM, pelaku sektor pariwisata, jasa travel dan lain-lain. Hal ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jawa Timur.

Trowulan sendiri memiliki sejarah yang sangat kental dengan keberadaan kerajaan Majapahit. Hal tersebut menjadikan Wisata Trowulan Kabupaten Mojokerto menarik dan berpotensi menarik wisatawan.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button