Villa Bambapuang, Villa Unik dengan Panorama Alam Eksotis di Enrekang - WisataHits
wisatahits

Villa Bambapuang, Villa Unik dengan Panorama Alam Eksotis di Enrekang

Villa Bambapuang, Villa Unik dengan Panorama Alam Eksotis di Enrekang

Villa Bambapuang memiliki berbagai keistimewaan yang membuat villa ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Ada pemandangan alam yang eksotis.

Harga tiket: Dari Rp 25.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Bamba Puang, Kec. Anggeraja, Kab. Enrekang, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Kabupaten Enrekang di Sulawesi Selatan saat ini sedang booming berkat banyaknya tempat wisata yang ditawarkan kawasan ini. Panorama alam yang selalu megah menjadi kebanggaan sekaligus potensi yang ditawarkan Enrekang kepada wisatawan. Salah satu obyek wisata yang terkenal adalah Villa Bambapuang.

Di masa pandemi Covid 19 dan masifnya pembatasan perjalanan masyarakat di tahun 2019 lalu, tempat wisata ini memang sempat kolaps. Bahkan beberapa fasilitas di situs tersebut sama sekali tidak terawat. Namun saat ini destinasi wisata villa di Enrekang bisa dibilang jauh lebih baik.

Pengelola telah menambahkan fasilitas pada vila agar pengunjung dapat merasa lebih nyaman. Berada di tempat yang sangat strategis dan dikelilingi oleh pemandangan alam yang eksotis pegunungan disekitarnya membuat banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi villa ini.

Daya tarik milik Villa Bambapuang

Daya Tarik Villa Bambapuang EnrekangKredit gambar: Google Maps Isman Hadi

Villa Bambapuang memiliki berbagai keistimewaan yang membuat villa ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Berikut beberapa keistimewaan yang menjadi daya tarik dari villa milik Pemkab Enrekang.

1. Dikelilingi pemandangan alam yang eksotis

Bicara soal daya tarik, villa yang berlokasi di Bambapuang ini memiliki ciri khas dari segi lokasi yang dikelilingi pemandangan alam yang eksotik dan selalu asri. Vila ini dikelilingi oleh pegunungan Buttu Kabobong dan Mont Nona.

Keindahan alam berupa deretan pegunungan pun sudah bisa dilihat pengunjung begitu menginjakkan kaki di tempat parkir. Selain deretan pegunungan yang megah, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan hamparan perkebunan penduduk dan lapangan hijau.

2. Akomodasi yang nyaman

Daya tarik utama dari Villa Bambapuang tentunya akomodasinya yang nyaman dengan fasilitas yang memadai. Orang-orang di sekitar vila mengenal tempat ini sebagai rumah peristirahatan karena menawarkan 12 kamar bagi orang untuk beristirahat saat bepergian.

Terdapat 3 lantai bangunan yang dilengkapi dengan 4 cottage eksklusif. Beberapa kamar akomodasi dilengkapi dengan pendingin ruangan atau AC. Sedangkan kamar lainnya tidak dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC) atau kipas angin.

Memang, suasana di daerah pegunungan siang dan malam sudah dingin. Setiap kamar akomodasi memiliki teras atau balkon untuk bersantai.

Interior kamar berperabotan lengkap. Sedangkan kamar mandinya sudah menggunakan shower dengan wastafel.

3. Tempat mengadakan pertemuan atau seminar

Aktivitas lain yang bisa dilakukan pengunjung Villa Bambapuang adalah mengadakan seminar atau gathering di outdoor room.

Villa ini dilengkapi dengan ruangan outdoor yang sangat luas, sehingga sangat cocok untuk mengadakan reuni keluarga, pertemuan bisnis, peningkatan kesadaran, seminar atau acara besar lainnya.

Biaya sewa ruangan outdoor juga tidak terlalu mahal. Ditambah lagi dengan lokasi villa yang dekat dengan tempat wisata membuat banyak pihak memilih untuk mengadakan acara di lokasi ini.

4. Tempat membeli oleh-oleh khas Enrekang

Daya tarik villa yang terletak di kawasan Bambapuang ini adalah tempat yang tepat untuk membeli berbagai oleh-oleh khas Enrekang. Pengunjung dapat membeli berbagai makanan ringan yang disediakan di vila atau membelinya dari berbagai kios di sekitar vila.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Villa Bambapuang EnrekangKredit gambar: Google Maps Nursalim Baso

Villa Bambapuang terletak di alamat Desa Bambapuang, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Villa ini dibangun di area yang berdekatan dengan beberapa tempat wisata di Enrekang seperti Taman Medatte.

Rute menuju lokasi villa cukup mudah mengingat posisi villa ini yang berada di tepi jalan poros provinsi atau trans Enrekang Makale. Dari ibu kota provinsi Sulawesi Selatan, Makassar, vila ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 5-6 jam.

Jika wisatawan berencana mengunjungi Mendatte Park dan berniat bermalam di sekitar tempat wisata, wisatawan bisa memilih villa ini sebagai pilihan. Mengingat waktu tempuh antara vila dengan lokasi wisata Mendatte Park hanya sekitar 10 menit dengan kendaraan bermotor.

Biaya menginap di Villa Bambapuang

Tidak ada biaya masuk yang ditetapkan bagi pengunjung Villa Bambapuang. Dengan demikian, setiap pengunjung yang datang hanya untuk berswafoto di sekitar vila tidak akan dimintai uang sepeser pun.

Namun jika pengunjung ingin menginap, biaya menginap di kamar vila per malam mulai dari Rp 250.000. Sedangkan biaya menginap di cottage sekitar Rp 400.000. Jika ingin menyewa kamar di villa, harga sewanya sekitar Rp 700.000 per hari.

Aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Villa Bambapuang

Aktivitas Villa Bambapuang EnrekangKredit gambar: Google Maps Ariel N

Villa mungkin paling dikenal sebagai tempat yang menawarkan akomodasi berupa penginapan kepada para pengunjungnya. Namun, Villa Bambapuang menawarkan berbagai pilihan aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung selain menjadi tempat menginap.

1. Berburu spot foto

Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan oleh pengunjung Villa Bambapuang adalah berburu spot foto di sekitar vila. Banyak spot foto dengan background Gunung Buttu Kabobong dan Gunung Nona group yang hijau di sekitar villa.

Selain itu, lahan tanam warga setempat mampu menciptakan kesan indah dalam foto. Pemandangan hamparan hijau yang mempesona di sekitar villa membuat spot ini sering dipilih sebagai lokasi pemotretan prewedding.

2. Menginap dan berlibur pada waktu yang sama

Villa yang memiliki 12 kamar tamu dan beberapa cottage ini biasa dipilih wisatawan sebagai tempat menginap sekaligus untuk berlibur santai menikmati pemandangan pegunungan.

3. Cicipi kuliner khas porsinya

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Villa Bambapuang adalah menikmati berbagai kuliner di kafe dan restoran yang disediakan pengelola vila. Tak hanya sajian kuliner Enrekang yang lezat, kafe villa juga didesain dengan konsep alam terbuka.

Beberapa set menu yang menyajikan hidangan khas Kabupaten Enrekang yang disediakan di kafe dan restoran villa adalah Pulu Mandoti dan Nasu Cemba.

Selain menyajikan makanan, menu yang bisa dinikmati pengunjung kafe dan restoran vila ini adalah minuman yang nikmat. Salah satu minuman andalan Enrekang adalah kopi Kalosi Arabica. Kopi Kalosi Arabica bahkan sudah diekspor ke luar negeri.

Fasilitas yang tersedia di area villa

Fasilitas Villa Bambapuang EnrekangKredit gambar: Google Maps Guru Ngaji Blogger

Fasilitas yang tersedia di Villa Bambapuang sangat lengkap dan dapat menunjang kenyamanan wisatawan yang berkunjung. Wisatawan dapat menemukan fasilitas penginapan bagi siapa saja yang ingin menginap di vila tersebut.

Ada juga beberapa spot foto keren yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola. Aula besar yang biasa disewakan untuk berbagai kegiatan seperti seminar, mushola dan toilet juga tersedia di lokasi wisata.

Tempat parkirnya juga cukup luas untuk menampung kendaraan roda dua maupun roda empat. Tempat makan, termasuk warung khas lokal, juga dapat ditemukan di sekitar vila.

Villa Bambapuang merupakan objek wisata yang dimiliki dan dikelola langsung oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Enrekang. Sebagai tempat wisata, diharapkan vila ini dapat menarik wisatawan yang lalu lalang sehingga dapat mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button