Vanda Tricolor Diharapkan Jadi Daya Tarik Wisata Sleman - ANTARA News Mataram - WisataHits
Yogyakarta

Vanda Tricolor Diharapkan Jadi Daya Tarik Wisata Sleman – ANTARA News Mataram

Sleman (ANTARA) – Bupati Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta Kustini Sri Purnomo berharap anggrek Vanda Tricolor yang merupakan tanaman endemik di lereng Gunung Merapi dapat menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Sleman.

“Dengan semakin meningkatnya minat masyarakat terhadap Vanda Tricolor ke depan, kami berharap dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan pecinta anggrek untuk berkunjung ke Kabupaten Sleman,” ujar Kustini pada Festival Anggrek Vanda Tricolor ke-5 di Titi Orchid, Hargobinangun. Kamis.

Kustini Sri Purnomo menyambut baik diadakannya Festival Anggrek Vanda Tricolor sebagai upaya melestarikan dan memperkenalkan Anggrek Vanda Tricolor yang notabene merupakan anggrek endemik dari lereng Gunung Merapi. “Semoga festival ini menjadi langkah strategis untuk meningkatkan minat dan kesadaran masyarakat akan konservasi anggrek secara masif,” ujarnya.

Ia mengatakan Festival Anggrek juga harus mampu mendongkrak perekonomian masyarakat dan memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat sekitar. “Ini juga mendukung Anggrek Vanda Tricolor menjadi salah satu flora ikonik Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM),” ujarnya.

Festival Anggrek Vanda Tricolor akan diadakan pada tanggal 7-11 September dengan tema “Membangun Karakter Bangsa melalui Pelestarian dan Budidaya Anggrek”. Ketua Panitia Festival Anggrek, Dr. Ixora Sartika mengatakan festival ini bertujuan untuk menginspirasi cinta, kepedulian, dan pelestarian anggrek alam Indonesia, khususnya Vanda Tricolor.

“Selain itu, festival ini juga menjadi ajang edukasi masyarakat tentang jenis-jenis anggrek dan wahana diskusi dalam budidaya anggrek,” ujarnya.

Baca Juga: Yogyakarta Coba Branding Setiap Desa Wisata
Baca Juga: Kemendagri Pantau Ketat Lima Daerah PPKM Mikro Saat Libur

Ia juga berharap keterlibatan dan kolaborasi multipihak dalam pengenalan dan konservasi anggrek, khususnya Vanda Tricolor, dapat ditingkatkan di masa mendatang. Festival Anggrek Vanda Tricolor ke-5 memiliki delapan kegiatan utama antara lain kontes foto anggrek, pameran pertukaran tanaman, kontes anggrek, seminar layak anggrek dan talk show.

Selain itu, pelatihan kultur in vitro skala rumah tangga dan pelatihan budidaya anggrek melalui pemaparan berbagai narasumber yang ahli di bidang budidaya anggrek. Dalam kesempatan ini Bupati Sleman berkesempatan menerima bunga anggrek dari Dewan Perwakilan Daerah Persatuan Anggrek Indonesia (DPD PAI) Papua dan DPD PAI DIY.

Source: mataram.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button