UPN memberikan pelatihan dan dukungan pemasaran digital untuk UMKM Batik Tamanan - WisataHits
Jawa Timur

UPN memberikan pelatihan dan dukungan pemasaran digital untuk UMKM Batik Tamanan

Surabaya, memorandum.co.id – Dosen dan mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jawa Timur memberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM Batik di Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso.

Pelatihan dan dukungan ini diberikan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bondowoso untuk meningkatkan brand awareness produk Batik Bondowoso. Selain potensi alam dan wisata, industri batik Bondowoso merupakan potensi luar biasa yang melibatkan anak muda.

Dari berbagai lokasi, dominasi pengrajin batik dapat ditemukan di Kecamatan Taman. Karena banyaknya IKM, maka Tim Pengabdian UPN Jatim merencanakan adanya sentra batik di kawasan Tamanan Bondowoso.

Sejak Oktober 2022, fokus utama pada program pelatihan dan pendampingan yaitu meningkatkan brand awareness dari pihak luar melalui digital marketing.

Farikha Rachmawati, Instruktur Komunikasi UPN, menambahkan mahasiswa Oktober-Desember 2022 sangat antusias merancang program dan memberikan pembinaan.

“Pemanfaatan digital marketing bagi UMKM sekaligus memperkuat posisi prodi Ilmu Komunikasi UPN Jatim sebagai pusat kajian komunikasi digital,” kata Farikha, Kamis (17/11/2022).

Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bakhtiar Rahmat berharap kegiatan ini dapat memviralkan Batik Bondowoso bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Bondowoso memiliki motif khas yang menjadi daya tarik konsumen, salah satunya menampilkan motif alam seperti kopi, tape ketan dan juga ‘blue fire’ Ijen.

“Sehingga Batik Tamanan Bondowoso semakin dikenal dan memiliki segmentasi pasar yang lebih luas, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan warga sekitar,” ujar Irwan Bachtiar Rahmat.

Warga binaan dan binaan mahasiswa KKN UPN merasa senang karena mendapat wawasan untuk branding produknya, termasuk pemasaran melalui media sosial.

“Kami sangat berterima kasih karena program studi Ilmu Komunikasi UPN telah membantu pembuatan video company profile dan membimbing kami dalam pemasaran melalui media sosial,” ujar Badrus, salah satu pelaku UMKM Batik Daweea. (gus)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button