Update harga tembaga kupas per kilogram - WisataHits
Informasi

Update harga tembaga kupas per kilogram

Jika Anda mempunyai kabel-kabel yang sudah tidak terpakai lagi, baik itu kabel bekas listrik PLN atau lainnya, jangan buru-buru membuangnya. Alasannya adalah jika Anda mengumpulkan kabel tembaga ini dan membuatnya dalam jumlah banyak, Anda dapat menjualnya ke pengumpul barang bekas. Di pasaran, harga kabel tembaga kupas juga cukup bagus rata-rata ratusan ribu per kilogram, tergantung kondisi barang dan negosiasi dengan pembeli.Update harga tembaga kupas per kilogramTembaga kupas (sumber: istockphoto)

Tembaga sendiri merupakan konduktor panas dan listrik yang baik. Oleh karena itu, logam ini sering digunakan sebagai bahan pembuatan kabel dan perabot rumah tangga. Logam tembaga mempunyai kenampakan yang sangat istimewa yaitu permukaannya berwarna jingga kemerahan. Tembaga murni bersifat halus dan cenderung lunak. Selain itu, tembaga memiliki ketahanan korosi yang baik.

Tembaga sendiri sudah menjadi bahan bangunan yang terkenal sejak lama. Saat ini masih banyak digunakan untuk berbagai keperluan karena logam ini mempunyai khasiat yang sangat bermanfaat seperti: B. Ketahanan korosi, konduktivitas listrik yang baik, konduktivitas termal yang baik, mudah dibentuk karena sifat plastis dan kemampuan pengecorannya yang baik.

Tidak hanya logam ini yang dijual dalam kondisi baru, komponen AC bekas atau kabel tembaga biasanya masih memiliki nilai yang membuatnya cocok untuk dijual ke pengepul besi tua atau besi tua. Selain itu, tembaga bekas juga sering dijadikan barang kerajinan oleh orang-orang yang memiliki ide dan tangan kreatif.

Misalnya saja di Desa Tumang, Kecamatan Cepogo, Boyolali, masyarakat setempat mengolah limbah tembaga dan kuningan menjadi kerajinan tangan berkualitas tinggi. Kerajinan tangan berbahan limbah tembaga antara lain kaligrafi, lampu gantung, tempat lilin, mangkok tembaga, dan guci. Tak heran jika desa ini ditetapkan sebagai desa wisata kerajinan tembaga dan kuningan oleh pemerintah setempat.

Jika Anda juga berniat menjual kabel tembaga bekas ke kolektor, sebaiknya ketahui dulu jenis tembaga apa yang ingin Anda jual. Pasalnya, harga tembaga satu dengan tembaga lainnya bisa berbeda-beda tergantung grade atau jenis tembaga itu sendiri. Untuk lebih memahaminya, di bawah ini adalah gambaran jenis-jenis tembaga yang tersedia di pasaran.

Jenis tembaga

Tembaga kupas (Sumber: Alibaba)Tembaga kupas (Sumber: Alibaba)

  • Tembaga Super atau biasa disebut TS oleh para kolektor, merupakan tembaga jenis grade 1 yang biasanya dijual dengan harga tertinggi atau termahal. Ciri-ciri Tembaga Super adalah ukurannya paling kecil minimal sebesar serat sapu dan warnanya kemudian bersinar seperti baru. Tembaga berkualitas tinggi biasanya tidak berwarna hitam, kotor atau semacamnya. Tembaga super umumnya berasal dari kabel tembaga tegangan tinggi yang sudah dikupas kulitnya. Namun kulitnya tidak terkelupas dengan cara dibakar sehingga kualitas warnanya tetap terjaga seperti tembaga baru asli.
  • Tembaga BC atau tembaga telanjang merupakan tembaga jenis grade 2 dengan harga di bawah tembaga super. Selisih harga tembaga BC dan TS biasanya berkisar 4-5%. Sifat tembaga BC sekilas mirip dengan tembaga super karena kedua jenis tembaga ini memiliki bentuk dan ukuran yang serupa. Yang membedakannya adalah warnanya. Tembaga BC cenderung kusam dan agak aus, memar atau menghitam. Warnanya kurang bagus karena tembaga BC diekstraksi dari tembaga TS, namun pengelupasan kulit kabel dilakukan dengan cara dibakar. Kendati demikian, proses pembakaran kulit kabel tembaga tersebut bebas dari abu pembakaran. Selain yang bentuknya seperti tongkat, ada juga tembaga BC yang bentuknya tebal menyerupai pipa atau batang.
  • Tembaga Biasa atau sering disebut TB merupakan tembaga grade grade 3 yang harganya di bawah BC dan sekitar 10-15% dari harga tembaga super (TS). Tembaga tergolong TB bila berbentuk kumparan tembaga besar atau kecil yang berasal dari dinamo penggerak, generator atau trafo. Meski berukuran sebesar batang, tembaga tersebut tetap tergolong tembaga biasa (TB). Ciri khas tembaga biasa adalah tidak terkontaminasi dan tidak mengandung sisa abu hasil pembakaran.
  • Harga tembaga yang dibakar lebih murah dibandingkan tembaga biasa. Dibandingkan dengan tembaga super (TS), harga tembaga bakaran lebih murah sekitar 10-20%. Secara fisik tembaga yang dibakar hampir sama dengan tembaga biasa. Bedanya, sesuai dengan namanya, tembaga yang dibakar diperoleh dengan cara mengupas kulit kabel tembaga melalui pembakaran. Proses pembakaran juga membuat penampakan tembaga yang terbakar menjadi tidak sempurna lagi, karena sisa pembakaran pada kulit kabel tembaga terkadang masih tersisa, dan penampakannya berwarna hitam dan kotor, serta masih terdapat sisa abu pembakaran pada kulit kabel tembaga tersebut.
  • Tembaga Dalung/Dandang atau sering disingkat TD merupakan tembaga jenis grade 5 yang kadarnya lebih rendah dari tembaga biasa. Dibandingkan dengan tembaga super yang merupakan tembaga kelas 1, harga tembaga Dandang jauh lebih murah, sekitar 20-30%. Sesuai dengan namanya, Tembaga Dandang merupakan tembaga yang terbuat dari bahan tembaga bekas dandang.

Harga tembaga kupas per kilo

Para kolektor sendiri biasanya menerima tembaga yang belum dikupas dan dikupas. Tembaga yang dilucuti adalah tembaga yang belum terkelupas dari pembungkus kabelnya, sedangkan tembaga yang dilucuti sering disebut dengan tembaga batangan. Di beberapa situs jual beli online, tembaga kupas ini dijual dengan harga sekitar Rp 105.000 hingga 120.000 per kg pada tahun 2021 dan 2022, sedangkan pada tahun 2020 ditawarkan dengan harga Rp 81.000 hingga 85.000 per kg. Kini harga tembaga yang belum dikupas jauh lebih murah, rata-rata Rp 40.000 hingga 65.000 per kg. Harga tersebut sejauh ini masih relatif stabil.

Source: https://harga.web.id/harga-kabel-tembaga-kupas-per-kilo.info

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button