12 Cara Screenshot di Laptop dengan Mudah dan Cepat - WisataHits
Informasi

12 Cara Screenshot di Laptop dengan Mudah dan Cepat

12 Cara Screenshot di Laptop dengan Mudah dan Cepat

Screenshot bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengabadikan momen atau informasi yang kita terima di layar laptop atau PC. Lalu bagaimana cara screenshot di laptop dengan cepat dan nyaman?

Fungsi screenshot merupakan fungsi yang membantu dalam pekerjaan sehari-hari. Fitur ini memungkinkan detektif dengan cepat menyimpan hal-hal penting dan menarik ke perangkatnya.

Misalnya saat mengikuti kelas online melalui Zoom dan Google Meet atau menghadiri rapat kerja, kita cenderung tertinggal saat ingin mencatat sendiri semua informasi yang kita lihat. Di sinilah fungsi tangkapan layar berperan, yang membantu penyelidik menyalin data.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

Lalu bagaimana cara mengambil screenshot di laptop? Simak tutorialnya di bawah ini!

1. Tombol PrtSc

Cara pertama ini sangat sederhana. Cukup tekan tombol PrtSc (Print Screen) satu kali, maka screenshot Anda akan disimpan ke clipboard. Selanjutnya tinggal tekan Ctrl + V (Paste) pada file, Paint, Google Docs atau Microsoft Word untuk melihat hasilnya.

Fitur ini berfungsi pada banyak model dan tipe laptop.

2. Tombol Alt + PrtSc

Jika Anda menekan tombol Alt + PrtSc secara bersamaan, Anda dapat mengambil tangkapan layar dari jendela yang aktif. Pintasan keyboard ini hanya menangkap jendela aktif, tanpa menyertakan latar belakang layar. Ini yang membedakan fungsi tombol Alt+PrtSc dengan cara sebelumnya.

Untuk melihat dan menyimpan hasilnya, Anda harus menempelkannya ke aplikasi lain karena tangkapan layar secara otomatis disimpan ke clipboard.

3. Tombol Alt + Fn + PrtSc

Di beberapa komputer, pintasan keyboard Alt + PrtSc saja biasanya tidak berfungsi. Oleh karena itu, detics dapat mencoba menekan tombol Alt + Fn + PrtSc.

4. Tombol Windows + PrtSc

Metode ini diterapkan pada Windows XP tetapi tidak lagi diperbarui. Saat ini, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard Windows + PrtSc di Windows 7, Windows Vista, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, dan seri Windows 11.

Kelebihan tombol ini adalah screenshot Anda akan otomatis tersimpan di direktori C:Users[nama user]/GambarTangkapan Layar. Jadi Anda tidak memerlukan aplikasi lebih lanjut lagi.

Untuk memeriksanya, Anda hanya perlu pergi ke File Explorer (Windows + E) lalu pilih folder “Image” di panel sisi kiri (panel navigasi). Di folder ini Anda dapat melihat gambar screenshot yang Anda ambil.

5. Tombol Windows + Shift + S (Potong dan Sketsa)

Shortcut keyboard ini biasa digunakan oleh pengguna laptop Windows 10. Untuk mengaktifkan fitur Snip & Sketch, gunakan pintasan keyboard dengan menekan Tombol Windows + Shift + S. Kombinasi tombol ini akan mengubah layar perangkat Anda menjadi abu-abu dan kemudian kursor akan berubah menjadi tanda plus (+). Artinya, Anda dapat mengambil tangkapan layar tertentu hanya dengan mengeklik dan menyeret.

Cara ini mirip dengan memotong gambar. Bagian layar yang direkam akan berubah warna menjadi cerah, setelah selesai maka akan muncul hasil screenshot di pojok kanan bawah layar laptop atau komputer. Untuk menyimpannya, detician bisa beralih ke aplikasi lain.

Snipping Tool adalah bagian dari Windows (aplikasi bawaan) yang pertama kali diperkenalkan di Windows Vista. Dengan aplikasi ini, format tangkapan layar yang diambil bisa bermacam-macam bentuknya, misalnya gratis, persegi panjang, jendela aktif saja, atau bahkan layar penuh.

Untuk menggunakannya, Anda bisa mengetikkan kata kunci Snipping Tools di menu Start. Setelah aplikasi terbuka, klik opsi “Baru” dan pilih area tangkapan layar. Setelah itu, Anda bisa langsung menyimpan screenshot tersebut atau mengambilnya kembali jika dirasa kurang pas.

7. Tombol daya + Volume Naik

Cara ini digunakan untuk mengambil screenshot di laptop Windows 10 dengan perangkat Microsoft Surface. Menekan tombol power atau power window akan menyimpan screenshot Anda di folder Pictures > Screenshots.

8. Tombol Windows + volume bawah

Untuk mengambil tangkapan layar pada pengguna Windows Surface (tablet 2-in-1) atau versi yang lebih lama, Anda dapat menggunakan metode ini. Untuk melakukan ini, cukup tekan kombinasi tombol Windows + Volume Turun. Setelah layar menjadi gelap beberapa saat, secara otomatis hasil tangkapan layar Anda akan tersimpan di folder tangkapan layar.

9. Tombol Windows + G (Bilah permainan)

Fitur Game Bar yang disediakan oleh Windows 10 memungkinkan para gamer untuk menangkap cuplikan atau screenshot dari game-game Windows. Sebelum bisa menggunakan Game Bar, Anda harus membuka aplikasi Xbox terlebih dahulu, fitur bawaan Windows 10.

Setelah itu cari opsi Game DVR. Kemudian klik “Ambil Tangkapan Layar dengan Game DVR” atau gunakan pintasan keyboard standar Windows + G. Anda juga dapat mengubah dan memasukkan pintasan keyboard yang diinginkan untuk membuka Game Bar.

Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar, tekan tombol yang Anda tentukan lalu klik “Ya, ini permainan” jika muncul. Kemudian aktifkan ikon kamera dan tekan Tombol Windows + Alt + PrtSc untuk mengambil tangkapan layar. Hasilnya dapat ditemukan di C:Users[nama user]Rekaman video.

10. Tombol Fn + Windows

Cara ini digunakan sebagai shortcut Microsoft untuk laptop yang tidak memiliki tombol PrtScn. Untuk mengambil tangkapan layar, tekan Fn + Windows + Spacebar. Tangkapan layar secara otomatis disimpan di folder Gambar > Tangkapan Layar.

11. Shift + Command + 4 tombol

Menurut laman support.apple.com, cara ini bisa digunakan oleh pengguna MacBook atau komputer Apple yang menjalankan sistem operasi Mac OS. Untuk mengambil tangkapan layar, Anda perlu menekan tombol satu per satu lalu menggerakkan kursor sambil menekan bilah spasi untuk memilih area yang ingin Anda simpan.

12. Shift + Perintah + 3

Cara ini masih muncul di halaman yang sama dan digunakan untuk menyimpan seluruh layar MacBook karena kombinasi tombol ini merekam seluruh layar. Untuk mengeditnya, deticians hanya perlu mengklik thumbnail yang muncul di pojok layar MacBook. Namun jika hasil tangkapan layar tidak perlu diedit, biarkan saja dan hasil tangkapan layar akan tersimpan secara otomatis.

Hasil tangkapan layar

Umumnya, Anda dapat menemukan tangkapan layar di File > Gambar > Tangkapan Layar. Screenshot dalam bentuk video dapat dilihat di VideoCaptures. Kombinasi tombol tertentu mengharuskan kita menempelkan tangkapan layar ke clipboard aplikasi lain.

Sekarang! Cara menangkap layar di laptop bisa Anda coba. Semoga bermanfaat ya

Source: https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6893558/12-cara-screenshot-di-laptop-mudah-dan-cepat

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button