Untuk mengurangi polusi udara, pelajar kota Yogyakarta diajak bersepeda ke sekolah - WisataHits
Yogyakarta

Untuk mengurangi polusi udara, pelajar kota Yogyakarta diajak bersepeda ke sekolah

WAKTU INDONESIA, YOGYAKARTA – Dalam rangka mengurangi emisi gas rumah kaca dan membuat bumi lebih asri, komunitas sepeda bersama SMP Muhammadiyah 1 Kota Yogyakarta mengajak siswa dari Kota Yogyakarta untuk menggunakan sepeda saat berangkat sekolah.

Penggunaan sepeda diharapkan dapat mengurangi polusi udara dari knalpot kendaraan, terutama pada saat berangkat dan pulang sekolah.

Tokoh masyarakat Jogja Bike to Work (B2W) Noer Cholik mengatakan, kampanye dan program edukasi ini bertujuan untuk mempromosikan bersepeda di kalangan siswa SD, SMP, dan SMA.

“Yogyakarta erat kaitannya dengan kota sepeda, jadi agak miris bila jumlah pengguna kendaraan bermotor pribadi melebihi jumlah sepeda atau angkutan umum,” katanya, Sabtu (11/5/2022).

Oleh karena itu, penting untuk mengajari anak-anak bersepeda atau berjalan kaki ke sekolah. Kegiatan ini juga memastikan bahwa edukasi tentang budaya tertib berlalu lintas dapat disebarkan sejak dini.

SMP Muhammadiyah 1 Kota Yogyakarta dipilih karena sekolah ini berada di pusat kota dan lokasinya terintegrasi dengan jenjang pendidikan lain seperti TK, SD, dan SMA, sehingga diharapkan dapat lebih menyentuh siswa lainnya.

Kepala SMP Muhammadiyah 1 Kota Yogyakarta, Suwahono mengatakan kampanye bike to school bertujuan untuk merangsang minat siswa menggunakan kendaraan ramah lingkungan saat berangkat ke sekolah.

“Ini kampanye yang sangat hebat dan nantinya bisa menjadi kampanye yang peduli lingkungan dan juga membuat langit kita biru,” ujarnya.

Mengingat keadaan lingkungan perkotaan yang padat dan berpolusi, penggunaan sepeda dipromosikan sebagai alternatif untuk melindungi bumi.

Menurut Suwahono, penggunaan sepeda di kalangan pelajar sudah ada, namun jumlahnya masih minim.

“Dari 600 siswa di sekolahnya, hanya 20 siswa yang bersepeda ke sekolah. Dengan kampanye ini, kami berharap semakin banyak siswa yang bersepeda ke sekolah,” harapnya.

Selain di kota Yogyakarta, sosialisasi penggunaan sepeda di sekolah juga berlangsung serentak di beberapa kota antara lain Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, Cikarang, Bandung, Serang, Klaten, Purwokerto, Jogja, Tegal, Gresik, Tegal dan Jombang.

**)

Dapatkan update informasi pilihan harian dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button