Bengawan Jazz Festival, Ekspedisi Temukan Bukti Kondisi Kritis Sungai Bengawan Solo - WisataHits
Jawa Timur

Bengawan Jazz Festival, Ekspedisi Temukan Bukti Kondisi Kritis Sungai Bengawan Solo

SURYA.CO.ID, LAMONGAN – Bengawan Jazz Festival pertama digelar pada Rabu malam (10/08/2022) di Taman Kendalfornia, Desa Kendal Sekaran, Kabupaten Lamongan.

Pementasan bertajuk Jejak Peradaban di Tanah Jawa ini juga untuk memberikan penghormatan kepada Tim Ekspedisi Sungai Bengawan Solo yang mensurvei kondisi Sungai Bengawan Solo saat ini.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengatakan pada pembukaan acara bahwa Bengawan Jazz Festival telah masuk dalam salah satu agenda yang diperkuat dalam Peraturan Daerah (Perda) untuk perlindungan lingkungan, khususnya pelestarian Sungai Bengawan Solo.

“Saya berterima kasih kepada tim ekspedisi Sungai Bengawan Solo yang menemukan fakta bahwa kondisi sungai yang menjadi urat nadi sungai ini kritis,” kata Yuhronur, Rabu malam (10/8/2022).

Dari situ, Pemkab Lamongan akan menyiapkan Perda Perlindungan Lingkungan Hidup daerah, yang nantinya akan diberlakukan di setiap desa di Kabupaten Lamongan yang berada di dekat Kali Solo.

“Peraturan seperti larangan membuang sampah di sungai. Dan itu juga berlaku untuk masyarakat Lamongan pada umumnya,” ujarnya.

Kegiatan tersebut berlangsung tepat di tepi sungai terbesar di pulau Jawa dan mengalirkan air dari Daerah Aliran Sungai (DAS) seluas ± 16.100 km2, dimulai dari Pegunungan Sewu di barat daya Surakarta. melalui alur sepanjang ± 600 km ke Laut Jawa di utara Surabaya dan digunakan sebagai pengungkit ekonomi dan potensi pariwisata di Lamongan.

“Kendal luar biasa karena berbatasan langsung dengan sungai warisan leluhur kita ini,” ujarnya.

Padahal, banyak potensi yang bisa digali, mulai dari potensi ekonomi hingga potensi wisata. Mari kita atasi bersama, karena kita tidak bisa melakukannya sendiri.

Kaji Yes mengajak warga untuk melestarikan Sungai Bengawan Solo. Sungai Bengawan Solo menjadi urat nadi warga untuk melakukan kegiatan irigasi pertanian, jual beli hingga transportasi.

Source: surabaya.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button