Jalan Braga, tidak ketinggalan zaman - WisataHits
Jawa Barat

Jalan Braga, tidak ketinggalan zaman

sumedangekspres – Jalan Braga, jalan yang sangat terkenal di Bandung. Jalan ini begitu terkenal dan menjadi objek wisata di Bandung.

Jalan ini terkenal sejak zaman Hindia Belanda, bahkan hingga saat ini jalan ini begitu populer sehingga cukup banyak anak muda yang sengaja bermain dan nongkrong di sana, tidak hanya dari kota Bandung, turis mancanegara juga sering terlihat di jalan ini.

Kompleks pertokoan di Jalan Braga ini berarsitektur kuno, konon konon bangunannya sudah ada sejak zaman Belanda-India, suasana kota-kota Eropa sangat terasa di sana yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Jalan Beraga sendiri dulunya merupakan jalan setapak kecil dan disebut jalan penculikan, karena daerah tersebut cukup rawan dengan kejahatan. Jalan Braga menjadi ramai karena banyak para pebisnis terutama orang Belanda mendirikan toko, bar dan tempat hiburan di kawasan tersebut seperti; B. Toko Onderling Belang. Diikuti oleh toko dan butik (butik) pakaian yang mengambil alih model di kota Paris, Prancis, yang saat itu menjadi kiblat model pakaian di dunia.

Munculnya hiburan malam dan kawasan lampu merah (daerah gelap) di kawasan ini membuat Jalan Braga sangat populer di kalangan wisatawan. Dari sinilah muncul istilah Bandung sebagai kota bunga. Saat itu, Persatuan Rakyat Bandung membuat selebaran dan pengumuman yang berbunyi, “Tuan-tuan dan turis tidak boleh mengunjungi Bandung kecuali mereka membawa istri atau meninggalkan istri mereka di rumah.”

Hingga saat ini Jalan Braga masih mempertahankan pesonanya, Toko Roti Sumber Hidangan yang sudah ada sejak tahun 1929, penjual lukis, Jamu Gendong dengan gaya menghiasi jalanan dan memberikan kesan berkelas. Jalan Braga juga memiliki kafe-kafe modern yang membuat anak muda betah. (kg)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button