Umbul Tirtomulyo, perasaan jadi raja dan ratu sehari - WisataHits
Jawa Tengah

Umbul Tirtomulyo, perasaan jadi raja dan ratu sehari

Umbul Tirtomulyo merupakan salah satu tempat wisata tepi laut di Kabupaten Sawit, Boyolali yang menghadirkan sensasi bak raja dan ratu sehari. Itu tidak berlebihan, karena ini adalah tempat untuk menghadirkan sensasi seperti istana.

Umbul Tirtomulyo tidak setenar Umbul Pengging, Umbul Sungsang, Umbul Sewu Pengging yang sudah kita bahas sebelumnya. Namun bukan berarti tidak menarik untuk dikunjungi.

Umbul tirtomulyoUmbul tirtomulyo. Google Maps. Sumber: Sari Niskala

lihat juga: latar belakang Boyolali

Tempat wisata di Boyolali ini menawarkan sensasi berenang dan bermain air yang berbeda dan tentunya memiliki daya tarik tersendiri memiliki pengunjung setia yang tidak pernah membuat sepi.

Berikut penjelasan Umbul Tirtomulyo Sawit untuk Anda semua!

Atraksi panji Tirtomulyo

1. Kisah Tirtomulyos Umbul

Kisah Umbul Tirtomulyo menjadi daya tarik pertama dimulai dari masa pemerintahan Sri Susuhunan Pakubuwono X (PB X) yang sering mengunjungi Umbul Tirtomulyo pada hari-hari tertentu.

Ia memerintah Kasunanan Surakarta dari tahun 1866 hingga 1939. Umbul Tirtomulyo sering dikunjungi oleh anggota Kasunanan lainnya.

Selain karena sejarahnya yang panjang, Umbul Tirtomulyo juga dipercaya ampuh menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat tubuh lebih segar setelah mandi di sini.

seperti raja siang hariseperti raja selama sehari. Google Maps. Sumber: Muhammad Abbas Fawzi

lihat juga: kebun raya indokilo

2. Kolam Royal

Daya tarik Umbul Tirtomulyo selanjutnya tentu saja sensasi kolam kerajaan yang coba dihadirkan, kolamnya tidak seperti kolam renang pada umumnya.

Suasana di sekitarnya benar-benar seperti lingkungan istana, benar-benar vintage. Tempatnya tidak terlalu ramai sehingga memberikan kesan private pool.

Sensasi kerajaan bisa Anda rasakan saat memasuki kawasan Umbul Tirtomulyo, di depan pintu masuk terdapat dua buah arca Dwarapala yang dipercaya sebagai arca penjaga.

Kemudian pintu masuknya sangat megah ya kolam Umbul Tirtomulyo tingginya sekitar 1,5-2 meter jadi tidak aman untuk anak-anak kecuali sudah ahli.

3. Kolam renang anak

Mengikuti pekerjaan renovasi dan mengikuti tren saat ini, Umbul Tirtomulyo saat ini memiliki kolam renang anak yang dilengkapi dengan perosotan. Lokasi kolam renang anak ada di sebelah kanan pintu masuk.

Sehingga Umbul Tirtomulyo juga bisa dikunjungi oleh anak-anak dan menjadi salah satu wisata keluarga di Kabupaten Sawit, Boyolali.

Kolam renang anak di sebelah kananKolam renang anak di sebelah kanan. Google Maps. Sumber: Tohar Sayuti

baca juga: pengging pengging

4. Sumber alami segar

Sama seperti beberapa Umbul yang telah dibahas sebelumnya, Umbul Tirtomulyo memiliki kondisi air yang sama jernihnya. Pokoknya seger banget, bisa banget foto-foto di bawah air.

Lokasi Umbul Tirtomulyo

  • Lokasi Umbul Tirtomulyo dekat dengan Taman Bale Ranjtah
  • Alamat lengkap Umbul Tirtomulyo adalah Desa Kemasan, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Rute menuju Umbul Tirtomulyo saat berangkat dari pusat kota Boyolali adalah dengan mengarahkan kendaraan anda hingga sampai di Jl. Perintis Kemerdekaan, kemudian melanjutkan perjalanan hingga sampai di Jl. Sudimoro—Pengging.

Atau Anda bisa mengikuti rute menuju Taman Bale Rantjah karena jaraknya sangat kecil yaitu sekitar 2 menit berjalan kaki. Sedangkan dari Umbul Pengging sekitar 10 menit dengan mobil.

bersih dan menyegarkanbersih dan menyegarkan. Google Maps. Sumber: Arif S

baca juga: pengging sewu pengging

Jam buka Umbul Tirtomulyo

  • Jam buka Umbul Tirtomulyo adalah dari pukul 08:00 hingga 18:00
  • Umbul Tirtomulyo buka setiap hari Senin s/d Minggu

Tiket masuk Umbul Tirtomulyo

Tiket masuk Umbul Tirtomulyo sangat murah yaitu sekitar Rp 5.000 saja.

Fasilitas Umbul Tirtomulyo

Meski tidak begitu luas, Umbul Tirtomulyo dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata yang dapat memudahkan mobilitas pengunjung selama berlibur di sini.

kolam alami eksentrikkolam alami yang unik. Google Maps. Sumber: Adi Prasetyo

lihat juga: penutupan umbul

Berikut beberapa fasilitas yang dimiliki Umbul Tirtomulyo:

  • parkir kendaraan,
  • Toilet,
  • ruang loker,
  • Paviliun,
  • Kursi,
  • Kantin,
  • kolam renang anak.

Source: www.nativeindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button