Kisah dibalik Hari Sejarah Nasional Setiap tanggal 14 Desember - WisataHits
Jawa Tengah

Kisah dibalik Hari Sejarah Nasional Setiap tanggal 14 Desember

TEMPO.CO, jakarta – Setiap tanggal 14 Desember diperingati sebagai Hari Sejarah Nasional. Hari Sejarah Nasional pertama kali dirayakan pada tahun 2014 dan diprakarsai oleh berbagai kelompok masyarakat. halaman peluncuran Direktorat Jenderal Kebudayaan IndonesiaDisebutkan bahwa penetapan 14 Desember sebagai Hari Sejarah Nasional mengacu pada tanggal dimulainya Seminar Sejarah Nasional di Yogyakarta pada tahun 1957.

Sejarah awal Hari Sejarah Nasional diawali dengan serangkaian persoalan sejarah Indonesia yang mendapat perhatian besar. Permasalahan tersebut antara lain munculnya gerakan Indonesianisasi di berbagai bidang. Selain itu, buku-buku berbahasa Belanda diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan berdampak pada penulisan sejarah Indonesia.

Sejarah Indonesia mulai ditulis berdasarkan kepentingan dan kebutuhan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, sudut pandang kebangsaan digunakan dalam penulisan sejarah Indonesia. Selain itu, saat ini Indonesia tidak lagi menjadi objek sejarah tetapi menjadi subjek.

Di halaman Museum Kebangkitan Nasional, menyatakan bahwa pengolahan sejarah kebangsaan pada awalnya banyak menghasilkan bahan diskusi. Bahkan, Seminar Sejarah Nasional pertama diadakan pada tahun 1957. Seminar diselenggarakan dengan tujuan untuk menghimpun berbagai pendapat dan juga saran-saran yang bermanfaat sebagai bahan kompilasi ilmiah sejarah nasional.

Pada akhirnya, para penggiat dan pemerhati sejarah mendorong diadakannya Kongres Sejarah Nasional Pertama pada tahun 1957. Selanjutnya, pada kongres kedua, namanya diubah menjadi Seminari Nasional Sejarah.

EIBEN HEIZIER

Baca Juga : 85 Link Twibbon Hari Sejarah Nasional Silahkan Download dan Tonton

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button