Umat ​​Hindu Jawa Timur diharapkan menjadi ikon kerukunan umat beragama - WisataHits
Jawa Tengah

Umat ​​Hindu Jawa Timur diharapkan menjadi ikon kerukunan umat beragama

KOMPAS.com – Umat Hindu di Jawa Timur diharapkan menjadi ikon kerukunan umat beragama untuk menciptakan kerukunan dalam masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Dirjen Bimas Hindu I Nengah Duija kepada Bpk Kompas.com dalam keterangan tertulis, Senin (17/10/2022).

Duija mengatakan harapan juga ditanamkan saat pestanya hadir Watchrama (dialog) Ditjen Bimas Hindu bersama pimpinan lembaga keagamaan Hindu se-Jawa Timur di gedung STAH Shantika Dharma, Malang pada 13 Oktober 2022.

Baca Juga: Penggalian di Situs Samberan, Bukti Toleransi Masyarakat Hindu-Budha Di Sekitar Borobudur

Ia berharap umat Hindu di Jawa Timur menjadi ikon kerukunan masyarakat dan menghargai kerukunan dan kerukunan umat Hindu, khususnya di Jawa Timur.

“Umat Hindu Jawa Timur diharapkan menjadi ikon kerukunan umat beragama,” kata Duija.

Selain itu, Duija percaya bahwa lembaga keagamaan Hindu berperan penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui penggunaan candi.

“Kelenteng tidak hanya sebagai tempat sembahyang, tetapi juga dapat dimaksimalkan melalui kegiatan ekonomi kreatif (wisata religi, UMKM, dan pura ramah anak),” kata Duija.

Ia berharap Pembina Masyarakat Jatim, PHDI dan lembaga keagamaan Hindu Jatim selalu bersinergi melalui kuliah ini. Mereka mendapat perhatian khusus dari Ditjen Bimas Hindu dalam mengembangkan pedoman pembangunan umat Hindu di Jawa Timur dalam bentuk penguatan kemandirian rakyat.

“Komitmen Ditjen Bimas Hindu adalah untuk selalu merogoh kantong masyarakat untuk mendengar kontribusi yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan untuk pembangunan nusantara Hindu lebih lanjut,” kata Duija.

Baca Juga: Kisah Ni Ketut Mayoni, Pendeta Hindu di Lombok Tengah yang Menyelesaikan Magister Pendidikan Agama Islam

Direktur Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Shantika Dharma Malang, Dr. Ketut Sudiarta menilai, momen gladi bersih merupakan kesempatan untuk memberikan masukan dari lembaga kepada Ditjen Bimas Hindu untuk menyampaikan aspirasi memajukan umat Hindu Jawa Timur.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: regional.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button