Taman Wisata Candi Borobudur akan menjadi lokasi Indonesian Speaking Festival 2022 - WisataHits
Jawa Tengah

Taman Wisata Candi Borobudur akan menjadi lokasi Indonesian Speaking Festival 2022

Sonora.ID – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar Indonesian Speaking Festival sebagai sarana melestarikan budaya berkelanjutan dan warisan budaya sebagai sumber ilmu pengetahuan.

Dalam upaya memajukan ekosistem budaya, Festival Bahasa Indonesia 2022 akan diselenggarakan di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada 7-11 September 2022, dengan partisipasi sekitar 900 pelaku budaya dan pameran lebih dari 100 karya. .

Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid menjelaskan festival ini merupakan acara dua tahunan untuk memfasilitasi pelaku budaya dan memperluas akses masyarakat terhadap warisan budaya Indonesia.

“Dengan perkembangan teknologi khususnya di bidang media, kami ingin mendorong pemanfaatan teknologi agar masyarakat dapat memiliki akses yang lebih baik terhadap warisan budaya kita dan memanfaatkan warisan budaya ini sebagai sumber pengetahuan,” ujar Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid. di Jakarta (31.8.).

Dirjen Hilmar berharap festival ini dapat merangsang kreativitas seniman, khususnya seniman muda, sehingga ekosistem kreasi konten di Indonesia semakin berkembang dan semakin banyak konten yang menampilkan budaya Indonesia.

Penyelenggaraan Indonesia Speaking 2022 semakin istimewa karena bertepatan dengan Kepresidenan Indonesia G20, menjadikan kegiatan ini sebagai agenda kegiatan budaya G20. Dengan motto “Experience the Past, Grow the Future”, Festival Bertutur Indonesia 2022 akan memperkenalkan 20 warisan budaya sebagai bahan pilihan para pelaku budaya dalam karyanya.

Cagar budaya tersebut adalah Sangiran, Liang Bua, Leang-Leang, Gugus Misool (Raja Ampat), Sangkulirang, Lore Lindu, Kutai, Tarumanegara, Kompleks Candi Dieng, Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Pawon, Candi Prambanan, Candi Gunung Kawi, Muara Takus, Muaro Jambi, Candi Jago, Candi Singosari, Trowulan dan Candi Bahal.

“Indonesia Bertutur 2022 bertujuan untuk menawarkan cara berpikir dan bertindak yang terbuka dengan tetap mengedepankan pencapaian tujuan menciptakan karya seni yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat,” kata Melati Suryodarmo, Direktur Artistik Indonesia Bertutur 2022.

Kurang dari seminggu lagi, persiapan Indonesia Speaking 2022 telah memasuki tahap akhir. Sutradara Film, Musik, dan Media (PMM) Ahmad Mahendra berjanji festival ini akan menawarkan pengalaman berbeda bagi para pemain dan pengunjung.

“Saya berharap Indonesia Bertutur dapat menjadi sumber pendidikan, inspirasi dan pengalaman baru bagi masyarakat khususnya bagi generasi muda untuk melihat bagaimana teknologi dan budaya tidak dapat dipisahkan dan harus berjalan beriringan dalam berbagai jenis eksplorasi, agar tetap relevan. cara penyampaiannya sesuai waktu,” kata Mahendra.

Menyelenggarakan Indonesia Speaking dapat menjadi sumber pendidikan, pengalaman dan inspirasi bagi masyarakat khususnya generasi muda untuk ikut serta melestarikan warisan seni dan budaya Indonesia. Pengunjung diharapkan mendapatkan berbagai pengalaman menarik berbahasa Indonesia secara gratis.

Dalam kesempatan tersebut, ikon Indonesia Speaks 2022 Laura Basuki menyampaikan apresiasinya terhadap festival ini karena dapat menjadi ruang kreatif bagi para pelaku budaya di Indonesia. Dengan demikian, akses masyarakat terhadap warisan budaya dapat meningkatkan kecintaan terhadap budaya itu sendiri.

“Saya berterima kasih kepada Kemendikbudristek yang telah mempercayakan saya sebagai ikon Indonesia Speak. Saya berharap festival ini bisa berlangsung secara rutin sehingga membantu menjaga kelestarian budaya,” kata Laura.

Laura berhak dianggap sebagai wajah festival karena penampilan yang dicapai aktris berbakat ini. Dedikasinya terhadap dunia peran dan kepedulian Laura terhadap kelestarian budaya Indonesia menjadikannya orang yang tepat untuk menjadi ikon bahasa Indonesia.

Selama karirnya, Laura Basuki adalah Aktris Terbaik dalam film Tiga Hati, Dua Dunia, Satu Cinta di Festival Film Indonesia 2010 dan film Susi Susanti: Cinta Semua di Festival Film Indonesia 2020. Asisten Terbaik di Sebelum, Sekarang dan Kemudian (Nana) di Festival Film Berlinale 2022.

Salah satu program yang masih dalam rangkaian Indonesia Speaking adalah Expanded Media Exhibition bertajuk Visaraloka, yang akan diselenggarakan pada 7-13 September 2022 di empat galeri seni di sekitar Candi Borobudur, yaitu Museum Haji Widayat, Galeri Seni Kontemporer Apel Watoe, Rumah Seni Eloporogo dan Rumah Seni Limanjawi.

Ada beberapa program yang akan ditampilkan dalam acara Indonesia Speaking 2022. Pertama, Kiranamaya akan menampilkan berbagai video mapping dan aransemen instalasi light art dari karya seniman dalam dan luar negeri dengan menggunakan teknologi cahaya, interaktif dan arsitektural. Pengunjung Borobudur ditawari pengalaman cahaya khusus di malam hari, seperti festival cahaya.

Kedua, Layarambha yang menyajikan berbagai film reel-to-reel dan film pendek dari berbagai jenis film dance dan dari berbagai negara termasuk Indonesia. Ketiga, Anarta, di mana pengunjung dapat melihat seni pertunjukan kontemporer dari berbagai pertunjukan kontemporer dalam musik, tari dan teater, terutama yang melakukan proses eksperimen panjang dan menggunakan teknologi modern dalam karya-karyanya.

Keempat, Visaraloka dimana Indonesia Speaks menawarkan ekosistem bagi seniman multimedia dan interdisipliner yang menggunakan teknologi berbeda. Bertujuan untuk memberikan potensi penggunaan kreatif dari semua media dalam visi artistik yang inovatif. Kelima, Virama, sambil menunggu penampilan di panggung utama, pengunjung bisa melihat musik, tarian, dongeng dan menikmati berbagai hidangan yang dijual oleh usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

TERBARU

31 Agustus 2022 16:30 WIB

31 Agustus 2022 16:10 WIB

31 Agustus 2022 pukul 16.00 WIB

31 Agustus 2022 pukul 16.00 WIB

Source: www.sonora.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button