Ulu Kasok, Mini Raja Ampat Super Exotic à la Kampar - WisataHits
wisatahits

Ulu Kasok, Mini Raja Ampat Super Exotic à la Kampar

Ulu Kasok, Mini Raja Ampat Super Exotic à la Kampar
Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 06.00–18.00 WIB, Alamat: Pulau Gadang, Tanjung Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau; Kasus: Verifikasi lokasi

Kabupaten Kampar memiliki puluhan tempat wisata yang megah, mempesona, megah dan eksotis termasuk Ulu Kasok. Obyek wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan dalam setahun, jumlah pengunjung mencapai puluhan ribu wisatawan. Kawasan yang terletak di Kampar, Provinsi Riau ini selalu menarik untuk dijelajahi dan dikunjungi kembali pesona alamnya.

Tempat wisata ini awalnya adalah sebuah desa dengan penduduk setempat yang bermata pencaharian sebagai petani, karena terdapat sebuah danau yang mengelilingi kawasan tersebut. Namun, karena lokasi tersebut akan digunakan untuk kepentingan yang lebih besar, yaitu untuk dijadikan pembangkit listrik tenaga air, masyarakat yang tinggal di sana mengungsi dan desa tersebut terendam.

Saat ini tempat ini sudah menjadi destinasi wisata yang tidak bisa diremehkan. Panorama alam yang indah dan terdapat beberapa pulau kecil yang dikelilingi danau membuat tempat ini sedikit mirip Raja Ampat. Perbedaan mendasar tempat ini dengan Raja Ampat adalah air. Jika Raja Ampat dikelilingi air laut, lain halnya kali ini yang dikelilingi danau.

Daya tarik yang dimiliki Ulu Kasok

Objek wisata Ulu KasokFoto oleh Azzri Aja di Google Maps

Ulu Kasok Kampar memiliki berbagai atraksi yang bisa membuat wisatawan penasaran. Daerah tersebut cukup viral dan menjadi perbincangan masyarakat lokal maupun mancanegara. Di era digital dan sosial media sekarang ini, hal inilah yang banyak membantu dalam menyampaikan informasi yang ada.

Selain itu, para wisatawan yang pernah ke sana juga membantu penyebaran informasi lebih cepat. Ini juga membantu meningkatkan popularitas dan viralitas tempat wisata yang luar biasa ini. Apalagi jika ditambah dengan berbagai atraksi seperti yang kami jelaskan di bawah ini!

✦ Puncak Ulu Kasok

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Puncak Ulu Kasok memang membutuhkan sedikit perjuangan dan latihan fisik seperti olah raga. Untuk sampai ke sana dengan berjalan kaki, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Namun, bagi wisatawan yang tidak bisa berjalan jauh, tersedia moto-taxi driver di lokasi.

Saat berada di atas, semua keindahan tempat ini akan terlihat dengan sempurna. Pemandangan pulau-pulau kecil dengan berbagai bentuk dan dikelilingi danau hijau serta langit biru membuat setiap mata tak jenuh. Selain itu, udara bersih bebas polusi dan semilir angin sepoi-sepoi menghilangkan penat dan penat dalam perjalanan menuju puncak.

✦ Berbagai pulau kecil yang dihias dengan indah

Daya tarik selanjutnya adalah pulau-pulau yang menghiasi danau. Dari kejauhan, pulau ini tampak hijau karena dilindungi oleh berbagai jenis pohon yang rindang. Bentuknya yang tidak rata menambah nilai eksotik dan mampu memanjakan mata siapapun yang memandangnya. Di antara sekian banyak pulau di Ulu Kasok, ada satu yang menarik perhatian karena bentuk bintangnya.

Jika ingin berkunjung pun bisa, termasuk menggunakan fasilitas perahu milik warga. Jarak antara satu pulau dengan pulau lainnya tidak terlalu jauh, namun tetap harus menggunakan kendaraan air seperti perahu atau speedboat. Harganya tinggi, tetapi Anda dapat menghemat uang saat datang dengan grup.

✦ Tersedia banyak spot foto

Bagi setiap wisatawan, menghabiskan liburan pasti memiliki kenangan. Banyak spot foto yang menarik di tempat ini. Tempat favorit dan populer yang memiliki keindahan sempurna adalah ketika Anda berada di Puncak Ulu Kasok. Anda bisa menemukan berbagai macam spot foto yang cantik dan menarik di sana, seperti moon sign, flying boat, love sign, dll.

Apalagi latar belakang danau hijau dengan berbagai pulau dan atap langit biru membuat dokumentasi yang diambil elegan dan sempurna. Bahkan beberapa spot yang disediakan di Ulu Kasok juga mengacu pada pemandangan alam pulau tersebut. Jepretan tentu siap menghiasi jejaring sosial dan menjadi kenangan terindah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Ulu Kasok KamparFoto oleh André Mantovani di Google Maps

Jika anda tertarik dan ingin mengunjungi objek wisata ini, silahkan menuju ke Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Koto Kampar, Riau. Jarak pusat kota Pekanbaru dengan tempat wisata ini lebih dari 85 km. Lumayan jauh, bahkan butuh waktu sekitar 2,5 untuk sampai ke sana.

Namun, perjalanan tidak akan terasa lama karena jalan tol relatif mulus dan tidak berlubang. Selain itu, di sepanjang jalan Anda akan melihat keindahan ibu kota provinsi Riau dan nuansa alamnya. Bagi wisatawan yang belum pernah berkunjung, menggunakan peta Google juga bisa menjadi alternatif, karena tempat wisata ini bisa diakses melalui aplikasi.

Harga tiket masuk dan jam buka

Padahal tempat wisata di Ulu Kasok ini sangat berkualitas, bahkan terkenal hingga mancanegara, namun harga tiket masuknya sangat murah. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 10.000 per orang. Selain itu, ada biaya parkir bagi yang membawa kendaraan bermotor. Cukup mahal dibandingkan objek wisata lainnya, untuk sepeda motor hanya Rp 5.000, sedangkan untuk mobil hanya Rp 10.000.

Saat menuju ke lokasi utama yakni puncak Ulu Kasok terdapat persewaan ojek seharga Rp. , memakan waktu hingga 30 menit. Di tempat lain juga ada tarif terpisah, dan tarif ini, harga bisa berubah suatu saat nanti.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan Ulu Kasok KamparFoto oleh RYouji Light di Google Maps

Di sinilah hal terpenting lainnya yang perlu Anda ketahui jika akan melakukan perjalanan adalah aktivitas apa yang bisa dilakukan. Alasannya, agar keinginan ke sana lebih kuat dan persiapan lebih matang. Jangan sampai di perjalanan atau liburan, informasi yang didapatkan kurang lengkap sehingga persiapan yang dilakukan tidak maksimal. Berikut beberapa informasi aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Ulu Kasok!

1. Tamasya yang seru dan menantang

Wisata alam dengan wilayah yang sangat luas memungkinkan pengelola menjadi sangat kreatif. Dengan luas lahan tersebut, mereka memberikan tempat kebanggaan bagi wisatawan, baik untuk anak-anak, remaja maupun dewasa. Untuk remaja atau dewasa yang ingin memompa adrenalin, ada flying fox tipe outgoing. Jenis tantangan yang memacu adrenalin, mereka meluncur dari satu tempat ke tempat lain menggunakan tali yang kencang.

Wisatawan yang menggunakan fasilitas tersebut tidak perlu khawatir karena ada petugas di sana untuk memastikan keamanan tetap terjaga. Selain itu ada juga permainan yang lebih mendebarkan dan memacu adrenalin serta olahraga hati yaitu ayunan yang berada di pinggir bukit dan mengarah ke danau. Ulu Kasok juga menawarkan tempat bermain anak, seperti kereta mini, rumah balon, dll.

2. Latih kesabaran saat mancing di Ulu Kasok

Bagi wisatawan yang memiliki hobi memancing, kemampuan Anda akan diuji dan dibuktikan di sini. Karena di tempat wisata ini terbentang danau yang luas dan bisa digunakan untuk memancing. Agar tempat pemancingan semakin leluasa dan tidak terbatas, Anda bisa menggunakan jasa perahu nelayan yang ada untuk berlabuh di tempat-tempat tertentu. Jika ingin mancing di pulau yang berbeda juga bisa, karena pemilik perahu siap menemani kemanapun anda ingin pergi.

3. Mengunjungi Pulau Qeis Trend Camp

Saat liburan panjang, berlibur ke Ulu Kasok Kampar merupakan pilihan yang bijak. Selain menikmati keindahannya, Anda dan keluarga bisa mengunjungi dan mengelilingi Pulau Qeis Trend Camp. Di sana Anda bisa bermalam dengan mendirikan tenda untuk berkemah. Berbagai aktivitas bisa dilakukan saat bermalam di tempat ini, seperti melihat bulan dan bintang, menyalakan api unggun sambil minum kopi, dll.

Selain itu, hal penting lainnya adalah mampu mendidik anak untuk lebih mencintai alam dan mendidik mereka untuk mandiri. Dengan berkemah sederhana, edukasi yang diberikan tentu lebih mudah diterima. Pagi, siang atau malam, bersantai di atas hamparan pohon adalah pengalaman lain yang menyenangkan dan mengasyikkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pabrik Ulu Kasok KamparFoto Zeno di Google Maps

Fasilitas pendukung di Ulu Kasok adalah tempat parkir yang luas, kapasitasnya dapat menampung puluhan bahkan ratusan mobil dan ratusan sepeda motor. Selain itu, toilet juga terdapat di lokasi-lokasi prima atau di sekitar tempat parkir. Bagi wisatawan muslim yang ingin beribadah, tersedia mushola.

Jika rombongan wisatawan ingin menggunakan tempat tersebut untuk pertemuan atau kegiatan lainnya, tempat ini sudah memiliki ruangan yang siap digunakan kapan saja. Fasilitas lain yang bisa didapatkan adalah tempat penginapan yang letaknya tidak jauh dari tempat wisata utama. Instalasi ini sangat bermanfaat bagi wisatawan yang datang dari jauh atau yang tidak puas menikmati panorama alam yang megah yang hadir dengan sendirinya.

Menemukan tempat wisata berkualitas dengan harga murah bukanlah hal yang mudah. Untungnya, Ulu Kasok di Kabupaten Kampar memahami kebutuhan wisata Anda untuk mengisi liburan Anda. Agar lebih seru, jangan lupa ajak saudara atau keluarga kecil Anda saat berkunjung. Selain itu, membangun hubungan romantis dengan pasangan merupakan hal yang perlu dilakukan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button