Jangan takut resesi, mending coba ide bisnis 2023 ini dengan modal kecil tanpa keluar rumah - WisataHits
Jawa Timur

Jangan takut resesi, mending coba ide bisnis 2023 ini dengan modal kecil tanpa keluar rumah

Jangan takut resesi, mending coba ide bisnis 2023 ini dengan modal kecil tanpa keluar rumah

SurabayaNetwork.id – Di awal tahun baru 2023 harus diisi dengan harapan dan optimisme. Namun ternyata, tidak sedikit juga yang merasa takut dan khawatir atas pertanyaan tentang resesi yang membayangi tahun ini.

Jika rasa takut dan khawatir ini menghampiri Anda, singkirkan. Karena rasa takut tidak melindungi siapa pun dari resesi. Yang akan menyelamatkan adalah usaha dan semangat untuk bertahan dengannya.

Daripada khawatir, lebih baik fokus pada apa yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah mencoba ide bisnis ini untuk tahun 2023 dengan modal kecil. Anda dapat mewujudkan ide-ide ini hanya dengan ponsel dan akses internet, Anda bahkan tidak perlu keluar rumah untuk mengoperasikannya.

Baca Juga: Kebun Pak Inggih Gresik, Wisata Tempat Sepi Ini Bikin Kesendirianmu Lebih Bermakna Harga Tiket Komplit

Apa ide bisnis ini? Yuk, simak daftarnya di bawah ini.

1. Jasa Penulisan Artikel

Tentu saja, jika Anda bisa membaca artikel ini, Anda juga bisa menulis. Menulis adalah salah satu keterampilan dasar manusia, termasuk Anda tentunya. Tapi tahukah Anda bahwa teks Anda bisa dijual?

Untuk menjual tulisan, Anda perlu mempelajari banyak hal tentang dunia menulis, seperti cara membaca.

Ada beberapa cara untuk menjual salinan, termasuk:

– Pesan layanan ghostwriting. Ghostwriters atau shadowwriters sering dibutuhkan oleh penulis yang memiliki banyak ide tetapi sedikit waktu untuk menuangkannya ke dalam tulisan. Untuk mengubah ide menulis menjadi buku, dia biasanya mencari pengarang untuk orang lain untuk membantunya. Jadi nanti semua buku ditulis oleh pengarang untuk orang lain, tapi nama penulis buku itu adalah orang yang menugaskan jasanya.

– Layanan artikel SEO. Dalam dunia SEO (search engine optimization), kualitas sebuah website ditentukan oleh kuantitas dan kualitas artikelnya. Oleh karena itu, para pemilik web (baik perorangan maupun perusahaan) biasanya mencari pihak yang dapat membantu mereka membuat artikel sesuai standar yang mereka butuhkan.

– Layanan buzzer media sosial. Berbicara mengenai istilah “buzzer”, jangan terburu-buru bereaksi negatif, karena beberapa buzzer sering menimbulkan emosi dan memecah belah masyarakat. Buzzer atau drone tidak hanya dibutuhkan dan digunakan dalam politik, tetapi juga dalam bisnis. Cukup banyak perusahaan yang menyewa buzzer untuk meningkatkan jangkauan produk mereka di media sosial. Hanya dengan membuat update status atau tweet yang biasanya disertai dengan hashtag, buzzer bisa mendapatkan gaji tetap dari klien bisnisnya.

– Mengonversi media menjadi layanan teks. Anda mungkin tahu bahwa ada pihak yang bersedia membayar seseorang untuk mengonversi media menjadi teks. Media tersebut dapat berupa audio, visual, audio-visual, dan sebagainya. Jika berupa audio, Anda akan diminta untuk menuliskan semua kalimat yang diucapkan dalam rekaman tersebut dalam sebuah artikel. Jika videonya visual, Anda mungkin diminta untuk menjelaskan dalam kalimat tertulis apa yang terjadi dalam video tersebut, dan seterusnya.

2. Layanan Foto dan Video

Saat ini, hampir semua ponsel memiliki perangkat kamera untuk mengambil foto dan merekam video. Dengan modal ini, Anda bisa belajar fotografi dan videografi dasar melalui ponsel. Pengetahuannya banyak dibagikan di internet seperti YouTube.

Pelajari cara mengatur kamera, memilih sudut, mengatur pencahayaan, fitur apa saja yang bisa membuat foto atau video lebih estetik, dan teknik lainnya. Cari tahu juga tentang alat atau aplikasi edit foto dan video yang banyak tersedia gratis di internet.

Setelah itu Anda bisa menjualnya seperti ini:

– Jual di pasar. Ada banyak marketplace untuk menjual foto dan video yang menyasar pasar internasional seperti ShutterStock, Etsy, Fiverr, dan lain sebagainya. Pendaftaran gratis, Anda hanya perlu membayar komisi jika produk Anda laku.

– Menjadi pembuat konten foto dan video. Saat ini sudah banyak perusahaan dan bisnis yang masuk ke media sosial dan untuk meningkatkan traffic media sosial dan tentunya penjualan, mereka perlu aktif dan konsisten membuat konten. Dalam hal ini, banyak perusahaan kemudian menyewa pembuat konten untuk membagikan foto atau video di media sosial mereka.

– Penjualan layanan foto dan acara video. Wedding planner dan event organizer seringkali meminta kerjasama dengan pihak lain untuk mendokumentasikan acara mereka. Hal itu dilakukan agar mereka bisa fokus untuk kelancaran acara, sehingga urusan dokumentasi baik foto maupun video dikolaborasikan dengan pihak lain.

– Jasa edit foto dan video. Jika Anda sudah familiar dengan alat atau aplikasi editing, Anda bisa menjual jasa editing ke orang lain. Layanan seperti penghapusan latar belakang, pemulihan foto, dan lainnya sangat mungkin memenangkan klien atau klien.

3. Jasa Pembuatan Toko Online

Banyak retailer atau pengusaha yang bahkan tidak mengetahui kelebihan toko online. Anda dapat menawarkan layanan kepada mereka untuk melakukannya. Beberapa yang mungkin ditawarkan adalah sebagai berikut:

– Akun Pasar. Tentunya dengan memiliki akun di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan lainnya dapat meningkatkan jangkauan pasar dan target penjualan mereka. Mereka dapat membantu pedagang dan pengusaha untuk memiliki akun bisnis mereka di pasar.

– Akun Google Profil Bisnis. Sebelumnya dikenal dengan nama Google Bisnisku, akun ini bertujuan untuk memudahkan komunitas pengguna internet menemukan tempat usaha atau kantor. Anda dapat menjelaskan beberapa manfaat akun GMB kepada calon pelanggan, seperti: B. koneksi ke Google Map, kemampuan untuk meningkatkan kepercayaan melalui peringkat bintang dan sebagainya.

– Akun media sosial. Jika ada pedagang atau pengusaha yang belum memiliki akun media sosial untuk usahanya, Anda bisa menawarkan jasa untuk membuatnya. Akun bisnis di Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dan TikTok dapat membantu mereka meningkatkan penjualan. Anda juga dapat meningkatkan penjualan dengan menawarkan layanan manajemen media sosial bulanan.

– Situs toko online. Layanan ini membutuhkan lebih banyak keahlian tetapi bukan tidak mungkin untuk dipelajari. Di internet, seperti B. Di Youtube banyak sekali tutorial cara mudah membuat website. Jika Anda sudah berhasil membuat dan mengelola website Anda sendiri, ini bisa menjadi portofolio yang bisa Anda tawarkan kepada calon klien untuk dibuatkan website serupa.

Baca Juga: Menyusuri Pantai Pantai Malang Selatan: Pemandangan Menakjubkan!

4. Menjadi afiliasi

Affiliate marketing adalah salah satu teknik penjualan yang paling populer akhir-akhir ini. Penjualan ini berbasis komisi, jadi Anda mendapatkan uang setelah berhasil menjual produk.

Afiliasi juga bisa disebut sebagai broker. Anda tidak perlu menimbun produk, tidak perlu pergi ke kantor, Anda hanya perlu membuat promosi dan teks iklan yang menarik di Internet, penjualan akan datang, dan Anda bisa mendapatkan komisi.

5. Bisnis Dropship

Konsep dropshipping mirip dengan affiliate, hanya bedanya produk affiliate biasanya berupa layanan atau produk digital, dropshipping memiliki produk fisik. Bisnis dropship juga tidak membutuhkan persediaan barang karena supplier langsung mengirimkannya ke pembeli.

Anda mendapatkan keuntungan dari kisaran harga yang dirancang oleh pemasok, atau Anda dapat meningkatkannya dengan menetapkan harga jual Anda sendiri yang lebih mahal dari harga jual pemasok. Pastikan Anda memilih supplier yang handal dan terpercaya agar bisnis dropshipping Anda bisa langgeng.

Itulah beberapa ide bisnis modal kecil di tahun 2023 yang bisa Anda coba tanpa keluar rumah. Mudah-mudahan bisa mendongkrak pendapatan di masa yang disebut resesi. ***

Dapatkan update berita pilihan, berita terbaru dan artikel dari SurabayaNetwork.id setiap hari. Ayo gabung channel Telegram Surabaya Network sambil klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button