Ubah Bekas Tambang Menjadi Destinasi Wisata, Menparekraf Apresiasi Masyarakat Desa Perlang Babel - WisataHits
wisatahits

Ubah Bekas Tambang Menjadi Destinasi Wisata, Menparekraf Apresiasi Masyarakat Desa Perlang Babel

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi kreativitas masyarakat desa wisata Perlang di Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung, memanfaatkan bekas galian tambang timah desanya menjadi desa wisata.

“Kita perlu memastikan pascatambang atau pascatambang bukan hanya bencana.

Tapi jika dikelola dengan bijak, itu akan menjadi berkah,”

kata Menparekraf Sandiaga Uno saat berkunjung ke desa wisata Perlang, Kamis (8/10/2022).

Ubah Bekas Tambang Menjadi Destinasi Wisata, Menparekraf Apresiasi Masyarakat Desa Perlang BabelMenparekraf mengapresiasi masyarakat desa Perlang Babel, foto: Kemenparekraf

Desa Wisata Perlang merupakan salah satu dari 50 desa wisata yang terpilih dalam ajang Indonesian Tourism Village Award (ADWI) 2022.

Desa yang terletak di Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah ini berjarak 73 kilometer dari Bandara Depati Amir, Pangkalpinang.

Desa ini dulunya dikenal sebagai tempat penambangan timah yang meninggalkan lubang besar. Lubang besar ini kemudian berubah menjadi sebuah danau yang disebut Danau Pading.

Selain Danau Pading, Desa Wisata Perlang juga memiliki berbagai destinasi wisata indah lainnya seperti Bukit Pading, Air Terjun Sadap, dan Gusung Perlang.

Selain itu, juga terdapat keragaman seni tradisional dan budaya seperti tari sirih sekapur, tari campak dan barongsai.

Menurut Menparekraf, keberhasilan masyarakat desa wisata Perlang dalam mentransformasikan Danau Pading yang merupakan bekas galian tambang menjadi destinasi wisata berarti telah berhasil membangkitkan perekonomian, membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. masyarakat. .

“Danau Pading adalah tulang punggung desa wisata Perlang dan bisa masuk 50 besar desa wisata terbaik (ADWI 2022)”,

dia berkata.

Untuk itu, Sandiaga juga mendorong masyarakat desa wisata Perlang untuk terus menggali potensi wisata dan ekonomi kreatif daerah.

“Oleh karena itu, pendapatan masyarakat juga meningkat jika kita fokus pada kualitas dan keberlanjutan serta memiliki dampak ekonomi yang langsung dirasakan oleh masyarakat,”

kata Sandiaga.

Dalam kunjungan tersebut, Sandiaga juga menandatangani daftar 50 Desa Wisata Terbaik ADWI Tahun 2022 dan penanaman bibit pohon najis bersama Pj Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button