Pesona Pantai Kartini, Wisata Bahari yang Menakjubkan di Jepara - WisataHits
wisatahits

Pesona Pantai Kartini, Wisata Bahari yang Menakjubkan di Jepara

Pantai Kartini, salah satu tempat wisata bahari yang menakjubkan di Jepara. Pantai dilengkapi menjadiberbagai wahana permainan menarik plus hadirnya Kura Kura Ocean Park.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 07.00–19.00 WIB, Alamat: Desa Bulu, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Jepara adalah daerah yang terkenal dengan ukirannya. Namun, tidak hanya patung, ternyata kawasan ini juga menyimpan pantai yang indah, yaitu Pantai Kartini. Nama Pantai Kartini berasal dari nama pahlawan wanita pejuang emansipasi wanita Indonesia yaitu Raden Adjeng Kartini.

RA Kartini lahir di Jepara, berkat jasanya, perempuan Indonesia kini memiliki ijazah yang sama dengan laki-laki. Tak heran jika namanya menjadi inspirasi tempat wisata yang indah. Pantai laut yang tenang ini terletak di sisi utara pulau Jawa. Tempat ini menyuguhkan panorama alam yang memukau yang mampu membuat wisatawan jatuh hati.

Selain pantai, wisatawan juga dapat menemukan titik pengamatan yang menjorok ke laut yang menghiasi kawasan wisata ini. Wisatawan akan dibuat takjub dengan berbagai jenis keindahan alam dan wahana yang ada di objek wisata ini.

objek wisata pantai kartini

Aktivitas di Pantai KartiniKredit gambar: Google Maps Sadad Ahmad

1. Pantai Eksotis

Pantai dengan air yang jernih, bersih dan hamparan pasir putih akan memanjakan mata para wisatawan yang berkunjung. Pada waktu-waktu tertentu, wisatawan dapat menyaksikan perpaduan keindahan alam pertemuan laut dan matahari saat matahari terbenam atau matahari terbenam.

2. Mandi

Di sisi barat pantai Kartini terdapat pemandian umum. Orang-orang sekitar percaya bahwa jika seseorang mandi di bak mandi, segala macam penyakit yang diderita orang tersebut akan hilang.

Penyakit tersebut antara lain seperti rematik, paru-paru dan berbagai penyakit kulit lainnya. Hal ini menginspirasi wisatawan yang berkunjung untuk percaya dan mencoba.

3. Gazebo di area pantai

Yang menarik perhatian pantai ini adalah tempat pengamatan yang berjejer di pantai. Gazebo atau aula yang masih asli berjejer terpisah dan dihubungkan oleh jembatan lengkung semi permanen yang mempercantik kawasan wisata ini.

Duduk santai di gazebo saat matahari terbenam bisa menjadi ide yang menarik untuk dilakukan. Apalagi jika Anda makan siang di rumah atau membelinya di sekitar pantai.

4. Taman Laut Penyu

Ada sebuah bangunan yang didesain berbentuk kura-kura raksasa dengan interior yang terbagi menjadi dua lantai. Kendaraan ini menawarkan fasilitas rekreasi sekaligus fasilitas pendidikan. Korsel ini sangat ideal untuk anak-anak. selain jalan-jalan, anak-anak bisa menjelajahi ekosistem laut dengan cara yang menyenangkan.

Di lantai satu, wisatawan akan menemukan taman laut berupa akuarium besar dengan koridor bawah laut. Saat wisatawan berjalan menyusuri jalan setapak, wisatawan akan menyaksikan kehidupan bawah laut yang menakjubkan dengan berbagai macam biota laut.

Di tempat ini wisatawan akan disambut oleh ikan kerapu, ikan buntal, ikan pari, hiu, penyu, ikan malaikat, Menunjuk ke belakang ke berbagai terumbu karang. Selain akuarium besar, ada 12 akuarium yang dipasang di dinding dengan 4 akuarium portabel yang berisi berbagai jenis ikan air asin dan air tawar kecil.

Di lantai pertama ini, ada kolam sentuh yang berisi ikan air tawar dan penyu sehingga wisatawan bisa bersentuhan dan mengobrol dengan penyu. Ada ikan spa bagi wisatawan untuk merefleksikan diri dengan merendam kaki di kolam berisi ikan Garra Rufa dari Turki. Di tempat Panel informasi ini tersedia layar sentuh mempelajari.

Sementara itu, di lantai dua, ada tempat pendidikan untuk anak-anak. Banyak hal menarik yang bisa ditemukan di tempat ini antara lain kipas tanpa baling-baling, simulator pesawat terbang, sensor tepuk dan gerak serta fasilitas lainnya. Yang paling menarik dan selalu ramai dikunjungi turis adalah IMAX laut dalam 3D.

5. Pulau Panjang

Di sekitar kawasan wisata ini terdapat objek wisata lain yang bisa dikunjungi, antara lain Pulau Panjang. Pulau ini berperan sebagai cagar alam flora dan fauna yang dilindungi oleh pemerintah.

Pemandangan pulau ini juga sangat menawan berpadu dengan pasir putih yang indah. Untuk menuju ke sana, Anda harus menyeberangi lautan menggunakan perahu motor yang disewa oleh pengelola pantai.

6. Berbagai jenis wahana

Selain penyu Taman laut, Pantai ini dilengkapi dengan berbagai wahana menarik lainnya yang bisa digunakan anak-anak untuk bermain. Wahana yang tersedia di area ini seperti jejak mini, pesawat TNI AU, rumah kecil dan lain-lain.

Alamat dan Rute Menuju Tempat Wisata Pantai Kartini

Alamat Pantai KartiniKredit gambar: Google Maps Jatiindo International

Pantai Kartini terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah tepatnya di Desa Bulu, Kabupaten Jepara. Kawasan wisata ini buka setiap hari. Selama jam buka, area ini dapat diakses 24 jam sehari. Objek wisata ini dapat diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jalan menuju pantai Kartini cukup bagus untuk membuat perjalanan nyaman. Ada beberapa rute yang bisa dipilih wisatawan. Jika Anda berangkat dari pusat kota Jepara, pergilah ke arah barat sejauh kurang lebih 3 km.

Sedangkan dari Semarang, jalur menuju Pantai Kartini dengan kendaraan pribadi adalah Semarang – Demak – Jepara. Sepanjang perjalanan, terdapat indikasi untuk memudahkan akses menuju lokasi objek wisata.

Setelah sampai di kota Jepara ambil arah barat dengan jarak tempuh sekitar 3 Km. Jika dari luar kota wisatawan bisa menggunakan kereta api menuju stasiun Tawang atau menggunakan pesawat terbang untuk mendarat di bandara Ahmad Yani. Kemudian melanjutkan perjalanan dari Semarang ke Jepara menggunakan trip atau taksi.

Pilihan lain, wisatawan bisa menggunakan angkutan umum, berangkat dengan bus dari terminal Terboyo di kota Semarang dan berhenti di terminal Jepara. Dari Terminal Jepara, Anda bisa berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 15 menit atau naik becak.

Harga Tiket Masuk Pantai Kartini Jepara

harga tiket pantai kartiniKredit gambar: Google Maps Astika Kiki Nabilla

Biaya masuk kawasan wisata ini dibagi menjadi dua kategori yaitu weekdays dan weekdays akhir pekan. Pada hari biasa, wisatawan akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 akhir pekan wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp 7.500,-.

Bagi wisatawan yang ingin masuk ke Kura-Kura Ocean Park akan dikenakan biaya Rp 12.500 di hari biasa, sedangkan di akhir pekan dikenakan biaya Rp 17.500. Bagi yang ingin mengunjungi Pulau Panjang, Anda bisa menyewa perahu motor seharga Rp 50.000 untuk Rp 70.000 per orang.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir. Biaya penitipan sepeda motor Rp 2.000,- sedangkan untuk mobil Rp 5.000,- dan untuk bus Rp 10.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Kartini

Aktivitas di Pantai KartiniKredit Gambar: Google Maps Cute Wild

1. Bersantai dan berjemur

Aktivitas keren yang bisa dilakukan di tempat ini adalah duduk santai atau berjemur di tepi pantai. Sambil bersantai dan berjemur, Anda bisa menikmati panorama indah dan gulungan ombak yang memberikan ketenangan bagi wisatawan untuk bersantai.

Di penghujung sore, wisatawan bisa mengagumi keindahan langit jingga saat matahari terbenam. Selain berada di pinggir pantai, wisatawan bisa bersantai di gazebo sambil bercengkrama dengan orang-orang yang diundang ke tempat ini.

2. Berenang dan rekreasi di pantai

Aktivitas utama yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi pantai ini adalah berenang. Selain berenang, masih banyak hal menarik lainnya yang berhubungan dengan air, seperti bermain permainan air. Wisatawan bisa leluasa bersantai di tempat ini.

3. Mengunjungi wahana di sekitar pantai

Tempat wisata ini dilengkapi dengan promenade pantai seperti Rumah Ombak, Kincir Ria, Rumah Bajak Laut, dll. Selain wahana pantai, terdapat berbagai jenis wahana rekreasi dan edukasi yang membuat wisatawan ingin berlama-lama di sini.

4. Kunjungi Pulau Panjang

Bagi wisatawan yang kurang puas berwisata ke satu tempat, bisa mengunjungi objek wisata lain di sekitar pantai populer ini, yaitu Pulau Panjang. Untuk menuju ke sana, Anda bisa naik perahu motor yang disediakan oleh pengelola dengan membayar biaya sewa.

5. Mandi di bak mandi

Wisatawan bisa mandi di pemandian kawasan pesisir, yang menurut warga setempat bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

6. Berburu Kuliner Pantai

Setelah seharian beraktivitas di tempat wisata ini, berburu kuliner menjadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan rasa lapar sambil beristirahat. Di area pantai terdapat warung makan yang menyajikan makanan laut atau berbagai menu lainnya. Wisatawan juga bisa menikmati es krim kelapa muda.

7. Perburuan Suvenir

Wisatawan dapat membeli oleh-oleh dari toko-toko suvenir yang tersedia di kawasan pantai ini untuk oleh-oleh atau dibagikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman dekat.

Penginapan murah di sekitar pantai Kartini

Akomodasi di Pantai KartiniKredit gambar: Google Maps Samudra Hotel & Resto

1. Akomodasi Mulyo Kartini

Mulyo Kartini Inn adalah hostel yang terletak sekitar 0,44 km dari pantai Kartini. Hostel ini tepatnya berada di pusat kota Jepara. Selain dekat dengan Pantai Kartini, Mulyo Kartini Inn juga dekat dengan Terminal Jepara yang berjarak kurang lebih 1,63 km.

2. Samudra Hotel & Restoran

Samudra Hotel & Resto adalah sebuah hostel yang terletak sekitar 0,55 km dari pantai Kartini. Hostel ini tepatnya berada di pusat kota Jepara. Hostel ini memiliki berbagai fasilitas.

Fasilitas utama yang disediakan antara lain penyejuk ruangan (AC), resepsionis 24 jam, Wi-Fi dan tempat parkir. Selain itu, masih banyak fasilitas lain yang tersedia di sini.

3. Vila di tepi laut

Vila di tepi laut adalah sebuah hostel yang terletak sekitar 2,11 km dari pantai Kartini. Jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi wisata.

Hostel ini memiliki berbagai fasilitas yang memadai. Fasilitas utama yang disediakan antara lain restoran, penyejuk ruangan (AC), Wi-Fi dan tempat parkir yang nyaman.

Fasilitas wisata yang tersedia di Pantai Kartini Jepara

Fasilitas Pantai Kartini JeparaKredit gambar: Google Maps Pak Noor Kudus

Bisa dikatakan fasilitas di kawasan wisata ini cukup lengkap. Fasilitas yang tersedia antara lain restoran, kamar mandi, gazebo, hostel dan hotel di kawasan wisata ini, dll.

Selain itu disini juga tersedia jasa sewa permainan anak mulai dari sepatu roda hingga skuter. Untuk memanfaatkan jasa sewa tempat wisata tersebut, akan ada biaya tambahan yang tentunya terjangkau.

Berikut beberapa fakta menarik tentang wisata Pantai Kartini yang terletak di Kabupaten Jepara. Jika Anda berada di sekitar Jepara, tidak ada salahnya jika Anda mampir ke pantai yang indah ini. Selain murah, pemandangan laut di sini tidak kalah dengan pemandangan laut di pulau Bali.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button