Tur kemandirian komunitas Yamaha secara bersamaan - WisataHits
Yogyakarta

Tur kemandirian komunitas Yamaha secara bersamaan

iklan

Tur kemandirian komunitas Yamaha secara bersamaan

Sejumlah anggota komunitas Yamaha melakukan tur dalam rangka memperingati HUT RI ke-77. FOTO: KHUSUS

Sejumlah komunitas Yamaha di berbagai daerah melakukan tur. Di Kalimantan mereka melintasi batas negara.

Ditulis oleh: IKLAN
Rabu 24 Agustus 2022

coldimkece.id Dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 pada 17 Agustus 2022, sejumlah komunitas Yamaha di berbagai daerah menggelar tur. Mereka konvoi dengan sepeda motor Yamaha untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan wisata. Selain menyalurkan hobi, kegiatan ini dirancang untuk menumbuhkan semangat persatuan di tengah perbedaan budaya.

Beberapa gereja Yamaha yang tur adalah gereja di Medan dan Palembang. menyandang gelar melihat-lihatMereka mengunjungi monumen bersejarah di pulau Sumatera yang mendokumentasikan semangat perjuangan rakyat untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Komunitas Yamaha di Jakarta, Bandung, Purwokerto, Semarang, Yogyakarta dan Kediri menggelar tur bertajuk Tur gratis. Mereka berziarah ke Makam Pahlawan, termasuk makam proklamator kemerdekaan Soekarno di kota Blitar.

Anggota Yamaha Vixion Club Indonesia dan salah satu penggagas tur, Prima Yandi menjelaskan, ziarah ke Taman Makam Pahlawan merupakan bentuk rasa syukur generasi bangsa atas jasa para Founding Fathers yang membebaskan Indonesia. “Bepergian Perpaduan ini juga dimaksudkan untuk menjaga rasa kebersamaan antar anggota masyarakat lainnya,” jelas Prima Yandi.

Tur memperingati HUT RI juga dilakukan sejumlah masyarakat Bali. mengusung tema Tur merah putih, mereka mengunjungi tempat-tempat wisata terkenal di pulau dewata. Menariknya, para peserta tour ini mengenakan pakaian berwarna merah putih sebagai representasi dari warna bendera Indonesia.

Di pulau Kalimantan, beberapa anggota komunitas Yamaha asal Indonesia menggelar tur bertajuk Max Owner (IMO). Ekspedisi Perbatasan Nasional. Mereka pergi ke kota Aruk yang merupakan daerah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia. Rute dari Balikpapan menuju Tanjung, Banjarmasin, Palangkaraya, Sampit, Tandjoengwaringin, Pontianak, Singkawang dan Aruk. Secara total, mereka menempuh jarak 2.000 kilometer selama tujuh hari.

Anggota komunitas Yamaha di Kalimantan tidak hanya bepergian. Mereka juga mengadakan kegiatan sosial seperti penanaman pohon bakau di Pusat Rehabilitasi Hutan Mangrove di Kabupaten Sambas. Di Aruk, mereka membagikan tong sampah dan sembako kepada sejumlah warga secara gratis. Selain itu, mereka mempromosikan tempat wisata dan budaya di Kalimantan melalui media sosial komunitas.

Tur jarak jauh juga dijalankan oleh Komunitas Maxi Yamaha di Sulawesi. Mereka melakukan perjalanan melalui provinsi-provinsi dari Sulawesi Selatan ke Sulawesi Utara. Tepatnya, mereka melaju dari Makassar (ibukota Sulawesi Selatan) ke Tanah Toraja, Mamuju, Palu (Sulawesi Tengah), Marissa, Gorontalo lalu berakhir di Manado (Sulawesi Utara).

Tur Sulawesi diikuti oleh 70 pengguna XMAX. Mereka tergabung dalam Komunitas Big Max Indonesia (BMI) dari beberapa kota di tanah air. Perjalanan akan berlangsung selama enam hari, mulai 13 hingga 19 Agustus 2022, menempuh jarak 2.166 kilometer.

Seperti di Kalimantan, peserta tour juga melakukan kegiatan sosial di Sulawesi. Mereka mengunjungi sekolah, menginformasikan siswa tentang hidup sehat dalam gaya hidup baru dan memberikan tips untuk berkendara yang aman. Mereka juga mengunjungi tempat-tempat wisata. Hal ini dilakukan untuk menghidupkan kembali pariwisata yang sempat lesu akibat pandemi Covid-19.

Ketua BMI Sulsel Muhammad Fendy mengatakan ada beberapa destinasi wisata antarprovinsi. Antara lain, mempererat hubungan dengan pengguna XMAX lain dari daerah lain dan menyalurkan hobi berkendara.

“Selain itu, di Hari Kemerdekaan ini, kami ingin memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Sulawesi melalui kegiatan sosial yang bekerjasama dengan instansi pemerintah terkait,” kata Fendy.

Source: kaltimkece.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button