Tur Jakarta dan sekitarnya, lihat ribuan burung raptor Siberia yang bermigrasi di Puncak Sempur - WisataHits
Jawa Barat

Tur Jakarta dan sekitarnya, lihat ribuan burung raptor Siberia yang bermigrasi di Puncak Sempur

TRIBUNTANGERANG.COM, KARAWANG —– Ribuan burung pemangsa yang bermigrasi dari Siberia, China hingga Jepang terlihat terbang di angkasa sekitar Pegunungan Sanggabunana, atau lebih tepatnya di Puncak Sempur, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Momen tersebut diabadikan oleh fotografer Sanggabuana Wildlife Ranger dari Jumat (7/10/2022) hingga Minggu (16/10/2022).

Fotografer satwa liar Bernard T. Wahyu Wiryanta yang juga menjabat sebagai dewan pembina Yayasan Konservasi Sanggabuana (SCF), mencatat ada tiga jenis burung migran yang melewati Pegunungan Sanggabuana.

Mereka adalah sikep madu Asia (Pernis ptilorhynchus), alap alap Cina (Accipiter soloensis), dan Nipon alap alap (Accipiter gularis).

“Pertama datang 2 ekor burung elang madu oriental dari hutan sekitar Puncak Sempur. Kemudian 6 lagi muncul di bukit Tembok Ari dekat Puncak Sempur dan berputar-putar di atas mereka dan ternyata di atas sudah banyak burung pemangsa. Burung pemangsa sedang menunggu. Kemudian delapan Sikep Madu Asia bergabung dengan rombongan besar tadi dan berjalan ke selatan menuju Purwakarta. Rute migrasi burung ini akan mengarah ke Bali,” kata Bernard dalam keterangan tertulis.

Bernard mencatat, pergerakan burung yang melintasi Sanggabuana tahun lalu hanya dua jenis burung raptor.

Namun meningkat menjadi 3 jenis pada awal September 2022.

“Tahun lalu, jenis burung migran yang berkunjung ke Pegunungan Sanggabuana adalah Alap-Alap China dan Alap-Alap Jepang. Sekarang, meski kedatangannya tertunda sebulan, spesiesnya bertambah dengan kehadiran Sikep madu Asia,” lanjutnya.

Baca Juga: Lomba Merpati Kolong Semakin Populer di Kalangan Pecinta Merpati di Tangerang Selatan

Dalam pendataan dan Edukasi Sispala, Kamis pagi (13/10/2022), Uce Sukendar, Direktur Departemen Konservasi dan Konservasi Satwa (DPPS) Yayasan Konservasi Sanggabuana (SCF), kembali memantau migrasi burung pemangsa ini. di Puncak Sempur.

Alhasil, pada pukul 09:39 WIB, kelompok raptor ini mulai memantau dari arah barat pegunungan Sanggabuana menuju Purwakarta. Pada siang hari, 11 kelompok burung raptor dengan total sekitar 80 individu terlihat melintas.

Uce mengatakan, gerombolan burung migran itu melintas sejak 7 Oktober 2022. Bahkan ada yang menginap di kawasan Pegunungan Sanggabuana. Menurutnya, tidak kurang dari 100 ekor burung pemangsa dari ketiga spesies tersebut melintas setiap harinya.

“Saya mengamati ini baru di sekitar Puncak Sempur, belum di daerah lain di Pegunungan Sanggabuana yang memiliki puluhan puncak dan luasnya lebih dari 43.000 hektar,” kata Uce dalam keterangannya.

Ribuan burung pemangsa yang bermigrasi dari Siberia, China hingga Jepang terlihat membumbung tinggi di angkasa sekitar Pegunungan Sanggabunana, atau lebih tepatnya di Puncak Sempur, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.Ribuan burung pemangsa yang bermigrasi dari Siberia, China hingga Jepang terlihat membumbung tinggi di angkasa sekitar Pegunungan Sanggabunana, atau lebih tepatnya di Puncak Sempur, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. (Spesial/Penjaga Satwa Sanggabuana)

Menurut Uce, burung migran terbanyak yang melewati Sanggabuana tercatat pada Minggu (16/10/2022). Dia mengamati Haru sendirian sebelumnya, sehingga hasilnya tidak optimal.

“Tapi minggu lalu saya minta bantuan Sispala Samaru anggota SMA 1 Tegalwaru untuk patroli dan hitung-hitungan,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button