Bebaskan Ratusan Magang ke Jepang, Ini Empat Pesan Utama dari Wakil Menteri - WisataHits
Jawa Barat

Bebaskan Ratusan Magang ke Jepang, Ini Empat Pesan Utama dari Wakil Menteri

Wakil Menteri Tenaga Kerja Afriansyah Noor saat pelepasan peserta program pelatihan ke Jepang dan penyerahan sertifikat kelulusan kepada peserta persiapan kerja di Jepang melalui program Specified Skilled Workers (SSW) di Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/ 09/2019)/2022)

Bogor, Bima.

Wakil Menteri Tenaga Kerja Afriansyah Noor menyampaikan empat pesan penting kepada 200 pemuda Indonesia yang akan berangkat ke Jepang untuk mengikuti program pelatihan selama setahun PT OS Selnajaya.

Pesan tersebut disampaikan Wamenhub saat pelepasan peserta program pelatihan ke Jepang dan penyerahan sertifikat kelulusan kepada peserta persiapan kerja di Jepang melalui program Specified Skilled Workers (SSW) pada Selasa (20/9/2022). ). di Bogor, Jawa Barat.

Acara tersebut tidak hanya melepas 200 peserta pelatihan ke Jepang, tetapi juga menyerahkan sertifikat kelulusan kepada 102 orang peserta program persiapan untuk bekerja di program SSW di Jepang.

Dalam keterangan pertama, Wamenhub menyampaikan bahwa keberhasilan peserta pelatihan merupakan usaha sendiri untuk mengikuti semua proses persiapan dan penempatan, termasuk keberhasilan anggota keluarga masing-masing yang terus memberikan dukungan dan harapan, serta keberhasilan masyarakat Indonesia pada umumnya, baik itu tetangga atau teman, masyarakat yang juga memberikan semangat dan informasi yang benar tentang peluang bekerja sebagai SSW di Jepang.

Pesan kedua, beliau mengingatkan bahwa bekerja di luar negeri sebagai PMI tidak hanya menjadikan peserta pelatihan pahlawan devisa bagi bangsa dan negara, tetapi juga duta bangsa, yang juga menghadirkan kekayaan wisata, budaya dan kuliner dari keragaman yang luar biasa ini kepada masyarakat. publik di luar lingkungan kerja peserta.

“Bekerjalah dengan rasa syukur sehingga dapat mencerminkan citra bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar, bangsa yang santun, bangsa yang taat aturan, dan bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang unggul.” Jaga diri dan juga kehormatan bangsa Indonesia,” ujar Wamenhub.

Untuk pesan ketiga, ia meminta para peserta untuk selalu mengingat tujuan awal bekerja di Jepang. Pasalnya, kesempatan yang diterima merupakan pengalaman yang menawarkan banyak manfaat.

Selain itu, kata dia, manfaat yang dimaksud tidak hanya untuk memberikan penghasilan yang layak dan meningkatkan taraf hidup diri dan keluarganya, tetapi juga untuk memperoleh keterampilan dan pengetahuan, serta membentuk karakter kerja yang disiplin dan produktif.

Sebagai imbalannya, lanjutnya, ia berharap para peserta dapat bekerja dengan sungguh-sungguh dan mematuhi aturan dan hukum yang berlaku di Jepang hingga masa kontrak kerja mereka berakhir.

“Saya juga berharap Anda semua dapat berbagi ilmu dan pengalaman yang Anda peroleh selama proses persiapan dan penempatan sebagai tenaga kerja di Jepang, sehingga semakin banyak warga Indonesia yang terinspirasi dan termotivasi dengan prestasi yang Anda raih,” ujarnya.

Terkait pesan keempat, ia mengingatkan para peserta pelatihan bahwa jika ada masalah di tempat kerja, mereka harus selalu berusaha menjalin komunikasi yang baik dengan atasan di perusahaan dan selalu mengikuti prosedur penyelesaian masalah yang diberikan.

“Jika Anda menemukan hal-hal lain yang dianggap berbahaya untuk kondisi Anda, maka segera laporkan ke pihak berwenang terkait di Jepang,” pungkasnya. [ira.hel]

Source: www.harianbhirawa.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button