Tugu Jogja Mengembalikan Tiket & Aktivitas Mojali - WisataHits
wisatahits

Tugu Jogja Mengembalikan Tiket & Aktivitas Mojali

Tugu Jogja Mengembalikan Tiket & Aktivitas Mojali

Harga tiket masuk Tugu Jogja pulang pergi: Rp 15.000. Jam buka: 08:00 – 16:00. Nomor Telepon: 0274868225. Alamat: Jl. Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55581.

Berjalan di sepanjang jalan lingkar utara Yogyakarta, Anda akan melihat bangunan putih dari jauh. Bentuknya kerucut seperti tumpeng, dengan tinggi sekitar 32 meter. Ini adalah bangunan bersejarah Monumen Jogja Kembali atau biasa dikenal dengan Monjali.

Monjali dibangun untuk memperingati penaklukan kembali Jogja dari Belanda. Itulah mengapa disebut tugu Jogja Lagi. Secara historis, Monjali menyerupai gedung Juang 45 Jakarta.

Baca: TEMPAT WISATA DI JOGJA: 49 Destinasi Anti Mainstream

Harga Tiket Masuk Tugu Jogja Kembali

Untuk berwisata sambil belajar sejarah Indonesia tidak membutuhkan biaya yang mahal. Monjali mematok tarif tiket masuk yang relatif murah.

Harga Tiket Masuk Tugu Jogja Kembali
Tiket masuk per orang Rp 15.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas TAMAN RAINBOW Yogya

Jam buka Monjali

Tempat wisata bersejarah ini buka setiap hari. Jam buka dari pagi hingga sore hari. Sehingga pengunjung dapat puas berkeliling objek wisata.

Jam operasional
Selasa Jumat 08.00 – 16.00 WIB
Sabtu Minggu 08.00 – 16.00 WIB

Jejak perjuangan bangsa Indonesia merebut Jogja

Replika Kapal Phinisi. Foto: Gmap/Dani Sepri

Perjuangan Indonesia merebut kembali Jogja dari Belanda tergambar dalam Monjali. Tak kurang dari 1.000 koleksi diorama menceritakan peristiwa penyerangan umum 1 Maret 1949. Dari diorama ini pengunjung bisa melihat bagaimana Indonesia ingin mengembalikan kemerdekaannya.

Baca: Tiket Masuk Keraton Yogyakarta dan Kawasan Wisata

Melihat berbagai diorama tersebut, pengunjung merinding saat mengenang masa lalu. Karena pengunjung akan diperdengarkan musik – lagu kebangsaan. Sehingga pengunjung dapat merasakan suasana masa kolonial.

Baca: Tiket Masuk Studio Alam Gamplong dan 6 Fakta Menariknya

Berbagai jenis benda bersejarah yang pernah dikenakan oleh para pendekar di masa lalu dipamerkan di sini. Mulai dari pakaian, senjata, dan barang-barang lainnya. Bahkan, gerbong yang ditumpangi Jenderal Soedirman juga dipajang.

Kagumi keunikan bangunan tugu Jogja Lagi

Bangunan unik berbentuk kerucut Museum Jogja LagiTugu Kembali Jogja. Foto: Gmaps/Mendi Romdani

Berdiri di atas lahan seluas 5,6 hektar, Monjali tampak gagah dengan bangunan khasnya. Monjali dirancang dengan empat pintu masuk sesuai dengan arah mata angin. Pintu barat dan timur mengarah ke lantai satu, sedangkan pintu utara dan selatan mengarah ke lantai dua.

Bangunan Monjali sendiri sudah berdiri lama setelah Indonesia merdeka, yaitu pada tanggal 29 Juni 1985. Ada yang unik dari Monjali yaitu adanya garis lurus yang ditarik dari nada-nadanya. Monjali berada dalam satu garis lurus dengan Keraton Yogyakarta, Tugu dan Gunung Merapi.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Candi Borobudur

Monumen Jogja Lagi memiliki tiga lantai. Tidak ada urutan khusus lantai mana yang harus dikunjungi terlebih dahulu. Jadi pengunjung bisa leluasa mulai menjelajah dari lantai manapun.

Lantai pertama Museum Jogja Lagi

Diorama perjuangan rakyat Yogyakarta di Museum Jogja kembali hadirReplika di lantai 1 Foto: Gmaps/Sinta Pujiastuti

Di lantai satu terdapat empat ruang museum. Barang koleksi yang dipamerkan meliputi replika, foto, dokumen, dapur umum yang menggugah, dan berbagai senjata. Pada setiap benda bersejarah dan replika terdapat keterangan yang berisi informasi tentang benda tersebut.

Di setiap diorama yang dipamerkan, pengunjung dapat melihat peristiwa sejarah yang terjadi. Selain itu, ada suara di setiap peristiwa yang menggambarkan adegan di dalam diorama. Ada pula diorama 17 Agustus 1949 saat pengibaran bendera merah putih.

Baca: Tiket Masuk dan Koleksi Museum Benteng VREDEBURG

Di luar, terdapat relief di dinding monumen. Sedikitnya ada 40 relief Perjuangan Fisik dan Diplomatik Bangsa Indonesia. Semuanya merupakan peristiwa dari 17 Agustus 1945 hingga 28 Desember 1949.

Lantai tiga Tugu Kepulangan Jogja

Di lantai tiga terdapat ruang hening, tidak banyak replika atau diorama di dalamnya. Tapi hanya bendera merah putih dan tongkatnya. Pada dindingnya pengunjung dapat melihat relief berbentuk tangan yang memegang bambu runcing.

Saat memasuki ruangan sunyi ini, pengunjung harus mengheningkan cipta selama satu menit. Untuk menghormati para pejuang yang gugur memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Suasana sepi di sini bisa membuat siapa saja menggigil, mengingat jasa jagoannya.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Museum Ullen Sentalu

Karena gema yang ditimbulkan di aula, langkah kaki pengunjung terdengar. Tapi sayangnya di sini tertulis bahwa ruangan tersebut bisa dijadikan area bermain anak. Sehingga terkadang kesan sunyi itu hilang.

Taman Lentera Suasana Malam Tugu Jogja Kembali

Taman Lampion Tugu Jogja kembali hadir di MonjaliTaman lentera di malam hari. Foto: Gmap/Wisnu Agung

Eksterior Monjali dibuat lebih semarak dengan adanya taman lampion di malam hari. Pengunjung bisa berfoto dengan berbagai lampion yang dibentuk dengan cara yang berbeda-beda. Tidak hanya lampion, ada juga aneka mainan anak serta makanan yang dijual.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas di Candi Prambanan

Alamat Tugu Jogja Lagi

Tugu Jogja Lagi terletak di jalan lingkar utara. Terletak di Desa Jongkang, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Pengunjung dapat mengakses lokasi dengan kendaraan pribadi maupun umum. Pengunjung dapat menghubungi Monjali di 0274-868-225.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button