9 Makanan dan Oleh-Oleh Khas Brebes Paling Terkenal yang Diincar Wisatawan - WisataHits
wisatahits

9 Makanan dan Oleh-Oleh Khas Brebes Paling Terkenal yang Diincar Wisatawan

9 Makanan dan Oleh-Oleh Khas Brebes Paling Terkenal yang Diincar Wisatawan

Kenangan khas Brebes – Kota Brebes merupakan salah satu kelurahan yang ada di Jawa Tengah. Kota ini berbatasan langsung dengan beberapa kota terkenal seperti Tegal, Cirebon, Banyumas dan Kuningan. Kota Brebes berada di jalan yang sering dilalui para pelancong yaitu di jalan menuju Pantura.

Jalur yang selalu ramai ini sering menjadi persinggahan bagi para traveller yang hanya ingin beristirahat atau yang ingin mencari warung makan untuk mengisi perut lapar setelah seharian berkendara.

Melewati kawasan ini, Anda tidak hanya bisa menjumpai warung makan atau restoran dengan pilihan menu yang berbeda-beda, tetapi toko oleh-oleh khas Brebes juga bisa Anda temukan dengan mudah.

Ragam jajanan yang disajikan tidak hanya enak tetapi juga bervariasi dan dijual dengan harga yang murah.

Oleh-oleh khas Brebes untuk dibawa pulang

Deretan oleh-oleh khas Brebes di Jawa Tengah ini dikenal sehat dan murah. Selain enak dan nikmat, cemilan yang dihasilkan juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Penasaran dengan olahraga khas Brebes yang bisa anda bawa pulang, silahkan simak ulasan berikut ini :

1. Kerupuk Tulang Ikan Bandeng

Kerupuk Tulang Ikan BandengKerupuk Tulang Ikan Bandeng

Ingatan pertama khas Brebes adalah kerupuk bandeng. Pada umumnya masyarakat memanfaatkan daging ikan bandeng sebagai bahan baku pembuatan makanan.

Jadi berbeda dengan kota Brebes yang menggunakan tulang ikan yang juga merupakan limbah. Siapa sangka tulang ikan bandeng bisa dijadikan sebagai bahan baku makanan.

Tulang bandeng yang keras dibuat menjadi kerupuk yang kaya akan kalsium, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Untuk menghasilkan kerupuk yang renyah dan lezat, Anda perlu menambahkan bumbu atau bumbu pilihan.

Kerupuk tulang bandeng biasanya dibungkus dengan plastik tebal dengan ukuran yang berbeda-beda, sehingga harganya juga sedikit berbeda tergantung ukuran yang Anda pilih.

2. Ikan renyah

Ikan Renyah melalui BukalapakIkan Renyah melalui Bukalapak

Jika Anda berkunjung ke toko oleh-oleh khas Brebes, Anda akan menemukan jajanan ikan yang renyah, karena jajanan mini ini merupakan salah satu kuliner khas kota tersebut.

Seperti namanya, jajanan ini memiliki tekstur yang renyah atau renyah karena diolah dengan cara digoreng hingga kering. Ikan goreng ini menggunakan jenis ikan squeaker yang banyak ditemukan di pantai utara sebagai bahan bakunya karena sesuai dengan namanya yaitu ikan squeaker renyah.

Ikan kenari pilihan yang segar dan segar kemudian diolah dengan cara ini dengan menambahkan berbagai bumbu pilihan sehingga menghasilkan cita rasa yang nikmat.

Kemasan kuliner khas Brebes yang lezat ini menggunakan plastik dan diberi label serta dengan kemasan kekinian untuk menggugah minat pembeli. Harga per bungkusnya cukup terjangkau, jadi Anda tidak perlu khawatir soal harga.

3. Bandeng Abon

Bandeng Abon via Abonabonika.blogspotcomBandeng Abon via Abonabonikan.blogspot.com

Kuliner khas kota Brebes lainnya yaitu bandeng varian baru yaitu bandeng parut. Produksi ikan bandeng yang cukup melimpah di daerah ini membuat banyak produsen pangan bersaing untuk menjadikannya pangan yang lebih bervariasi.

Abon bandeng memiliki tekstur yang mirip dengan abon sapi dan memiliki pengolahan yang sama dengan jenis abon ikan lainnya serta rasanya yang gurih.

Abon bandeng sangat cocok sebagai oleh-oleh untuk orang tersayang di kampung halaman, jadi saat menyeberang jalan menuju Pantura, pastikan untuk mampir ke toko oleh-oleh untuk membeli abon bandeng ini. Abon Bandeng sangat cocok dipadukan dengan nasi panas, sambal dan lalapan.

4. Bandeng

Bandeng via Warungbandengpresto.blogspotcomBandeng via Warungbandengpresto.blogspot.com

Jika sebelumnya oleh-oleh khas Brebes diolah dari ikan bandeng, dari kerupuk tulang bandeng dan abon bandeng, ikan bandeng juga bisa dibawa pulang.

Di sekitar kota Brebes banyak terdapat pedagang ikan bandeng, jadi anda bisa mendapatkannya dengan mudah, tinggal jalan kaki keliling kota ini.

Selain itu, Anda juga bisa membeli ikan bandeng di pasar tradisional. Ikan Bandengan sendiri bisa dibuat menjadi berbagai menu atau lauk yang enak untuk disantap bersama keluarga tercinta di rumah.

Kalau belum paham resep bandeng enaknya bisa coba lihat resepnya di google atau youtube pasti rasanya juara.

5. Bawang merah

Bawang Merah via Mamrurisirampong.wordpresscomBawang Merah via Mamrurisiramppong.wordpress.com

Melewati kota Brebes, jangan heran jika melihat banyak sekali tanaman bawang merah, karena bawang merah merupakan bagian dari tanaman pertanian yang menghidupi penduduk, bahkan menjadi sumber pendapatan utama bagi penduduk Brebes. .

Memang lahan atau tanah dan iklim kota Brebes sangat kondusif untuk dijadikan sebagai tempat tumbuhnya bawang merah. Bawang merah sendiri dapat tumbuh subur di daerah ini.

Tak heran jika kualitas bawang merah di kota Brebes sangat baik, sehingga Anda bisa membeli bawang merah sebagai oleh-oleh untuk orang tersayang di kampung halaman.

Selain bisa memilih bawang merah kualitas super, Anda juga bisa membeli bawang merah dengan harga lebih murah karena bisa membelinya langsung dari petani.

6. Kerupuk Rumput Laut

`Kerupuk Rumput Laut wicaramania.blogspotcom

Kerupuk Rumput Laut wicaramania.blogspot.com

Kerupuk Ika biasanya dibuat dari olahan tepung asam, udang, kulit atau ikan, sehingga berbeda dengan kerupuk khas kota Brebes.

Oleh-oleh khas Brebes ini berupa kerupuk yang terbuat dari rumput laut. Siapa sangka rumput laut yang biasa dijadikan bahan campuran es krim dan bahan pembuatan agar-agar ternyata bisa dijadikan camilan yang renyah dan gurih.

Di Kabupaten Brebes, Anda dapat dengan mudah menemukan budidaya rumput laut Gracilaria yang banyak digunakan oleh produsen kerupuk sebagai bahan baku pembuatan kerupuk rumput laut.

Kandungan vitamin dan mineral yang melimpah pada rumput laut sangat baik untuk kesehatan, sehingga Anda dapat menikmati kerupuk sehat yang lezat tentunya.

Penasaran dengan lezatnya kerupuk rumput laut Brebes, Anda bisa membelinya di toko souvenir atau pusat perbelanjaan yang ada di kota ini dengan harga bervariasi tergantung ukuran yang Anda pilih.

7. Bawang goreng

Bawang goreng melalui Bukalapak.comBawang goreng melalui Bukalapak.com

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, jika kota Brebes merupakan salah satu kota penghasil bawang merah terbesar di Indonesia, olahan bawang merah yaitu bawang goreng bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh.

Selain banyaknya penjual bawang merah, Anda juga bisa dengan mudah menjumpai penjual bawang goreng di jalan-jalan Brebes.

Bawang goreng tersebut dibungkus dengan plastik modern, untuk menarik minat pengunjung agar membelinya. Bawang goreng khas Brebes tidak hanya renyah namun sangat harum dan menjadi hiasan yang cocok untuk berbagai jenis makanan seperti sop, nasi goreng, mie ayam, bakso, gado-gado dan masih banyak makanan lainnya.

Proses pengolahan bawang goreng brebes sama seperti pada umumnya, dimana terlebih dahulu siapkan bawang merah ukuran besar, kemudian kupas dan cuci hingga bersih.

Setelah itu cincang halus bawang bombay dan goreng hingga garing. Selama proses penggorengan, bawang bombay akan mengeluarkan aroma yang sangat harum dan pastinya menggugah selera.

8. Rasa Udang Telur Asin

Rasa Udang Telur AsinRasa Udang Telur Asin

Jika Anda pernah mencicipi telur asin bakar atau telur asin biasa, maka saat berkunjung ke kota Brebes jangan lupa mampir ke toko oleh-oleh untuk membeli telur asin rasa udang.

Rasa yang unik dari telur asin ini memang membuat banyak pengunjung penasaran dan selalu berebut untuk membelinya. Telur asin yang sangat hijau saat diremas ini akan menghasilkan warna yang indah dengan bagian kuningnya mengeluarkan minyak yang meleleh seperti madu.

Untuk membuat telur asin udang khas Brebes ini sebenarnya sama dengan telur asin pada umumnya yaitu menggunakan telur bebek kemudian direndam dalam abu atau garam batu bata selama beberapa hari. .

Kemudian banyak yang penasaran dengan rasa udang yang dihasilkan. Rasa udang diperoleh dari proses pemberian pakan itik atau itik dimana pakan menerima campuran tepung udang.

Selain itu, untuk menambah cita rasa udang, biasanya sebagian orang menambahkan tepung udang ke dalam abu atau batu bata yang digunakan untuk mencelupkan telur asin.

9. Kerupuk Telur Asin Brebes

Kerupuk Telur Asin Brebes via Coil

Kerupuk telur asin menjadi salah satu oleh-oleh khas Brebes yang banyak dicari pembeli. Memang telur asin khas Brebes sudah sangat terkenal, kini telah berinovasi lagi cemilan yang enak dan sehat yaitu kerupuk telur asin.

Kerupuk ini memiliki tampilan yang sangat bagus, berbentuk bulat dengan bagian tengah berwarna kuning seperti telur.

Telur asin yang diiris tipis kemudian dijemur dan digoreng menghasilkan cita rasa yang sangat unik dan menggugah rasa penasaran banyak orang.

Ditambah lagi, karena terbuat dari telur bebek asli, cemilan ini tinggi protein yang sangat baik untuk tubuh. Anda tidak hanya bisa merasakan kelezatan Kerupuk Telur Asin, tetapi Anda juga bisa merasakan manfaat kesehatan untuk tubuh Anda.

Untuk membeli sebungkus Kerupuk Telur Asin, mereka mulai dari Rp 10.000. Seberapa murah bukan? Meski tergolong jajanan murah, kerupuk kriuk telur asin bukanlah jajanan murahan.

***

Melakukan perjalanan pulang pergi ke kampung halaman merupakan perjalanan yang menyenangkan, belum lagi di sepanjang perjalanan anda dapat menikmati keindahan pemandangan alam dan singgah di beberapa kota yang dilintasi untuk berburu oleh-oleh khas, termasuk pembelian oleh-oleh khas Brebes yang bergaransi enak dan sehat.

Selain itu, harganya juga tidak terlalu mahal. Apa yang kamu tunggu? Yuk, sempatkan mampir ke toko oleh-oleh khas Brebes Jawa Tengah ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, selamat berburu souvenir untuk keluarga tercinta. Demikian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Pemandangan & Tengara di Brebes

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button