TRMS SERULINGMAS Tiket & Atraksi - WisataHits
wisatahits

TRMS SERULINGMAS Tiket & Atraksi

Harga Tiket Masuk TRMS Serulingmas : Rp 20.000 – Rp 25.000 Jam Buka : 08:00 – 16:00 WIBNo. Telepon: (0286) 591933/+62 853 3317 0300 Alamat: Kutabanjarnegara, Banjarnegara, Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia, 53418

Hewan harus benar-benar hidup di alam liar. Namun, kebijakan tersebut memungkinkan untuk pemeliharaan satwa yang dikelola dengan baik dan sesuai dengan habitat aslinya. Serta pengelolaan satwa di kebun binatang yang ada di seluruh wilayah. Sebagai TRMS Serulingmas (Taman Rekreasi Satwa Serulingmas)kebun binatang di Banjarnegara.

TRMS Serulingmas tidak hanya memiliki kebun binatang, tetapi juga taman bermain dan kolam renang. Ada juga panggung hiburan yang disiarkan pagelaran musik secara langsung hari apa saja. Uniknya lagi, pengunjung bisa mengamati binatang di malam hari. Tentu perasaan akan semakin berbeda jika mengunjungi satwa di siang hari.

Harga Tiket Masuk TRMS Serulingmas

Tiket masuk yang valid masih sangat terjangkau. Tiket masuk ini berbeda-beda tergantung hari kunjungan. Dan tiket ini juga sudah termasuk tiket terusan dengan kolam renang.

Biaya masuk
Tiket masuk dari Senin sampai Jumat Rp 20.000
Tiket masuk hari Sabtu sampai Minggu dan hari libur nasional Rp 25.000

Baca: Tiket Masuk CANDI ARJUNA dan Aneka Pesonanya

Syarat dan informasi mengunjungi TRMS:

  • Anak-anak di bawah 12 tahun dapat berkunjung.
  • Anak-anak dengan tinggi 100cm ke atas berlaku harga tiket normal.

jam operasional TRMS

Tempat wisata ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Untuk wisata malam, Anda harus menghubungi TRMS terlebih dahulu.

Jam operasional
Senin Sabtu 08.00 – 16.00 WIB
Minggu 07.00 – 16.00 WIB

Mengunjungi berbagai satwa di TRMS Serunglingmas

harimau salah satu koleksi kebun binatang TRMSSeekor Harimau Bersantai Di Tepi Kolam Renang. Foto: Gmap/Sigit Purnomo

TRMS Serulingmas adalah kebun binatang yang populer bagi pengunjung Banjarnegara. Apalagi saat musim perayaan tiba, jumlah pengunjung bisa berlipat ganda. Kebun binatang yang resmi beroperasi pada 24 Agustus 1997 ini memiliki banyak koleksi satwa. Sebagian besar koleksi tersebut berasal dari sumbangan berbagai pihak yang peduli terhadap alam.

Saat memasuki gerbang kebun binatang, pengunjung akan melihat burung elang. Ada dua burung ini, yang berada di dalam sangkar. Itu terlihat elegan dan bermartabat dengan warna abu-abu dan putihnya yang khas. Di sebelahnya ada seekor elang yang begitu gagah sehingga sayangnya jarang ditemukan di alam liar.

Ternyata, rombongan burung ini menjadi pembuka perjalanan ke kebun binatang. Memasuki lebih jauh ke dalam kebun binatang, pengunjung akan menjumpai kandang harimau yang dikelilingi baskom. Salah satu binatang ini adalah harimau putih. Namun, kandang harimau putih dan harimau belang telah disulap menjadi satu.

Baca: Tiket Masuk Taman Surya Yudha dan Kegiatannya

Bersantai di area kebun binatang

ornamen di area sekitar kebun binatangOrnamen dekoratif di TRMS. Foto: Gmap/Idah Ceris

Kebun binatang ini tidak hanya menyediakan kandang yang penuh dengan binatang. Pengunjung juga bisa bersantai di bangku-bangku yang disediakan. Makan siang atau menonton pengunjung lain lewat. Atau bisa juga berfoto dengan latar belakang berbagai kandang hewan.

Beberapa pohon tampak tumbuh tinggi dan menaungi area di bawahnya. Penjaja makanan pun tampak memeriahkan suasana. Pengunjung bisa mendatangi beberapa pedagang tersebut, salah satunya adalah pedagang dawet ayu. Minuman khas Banjarnegara dengan dawet dan santan yang dimaniskan dengan sentuhan gula merah.

Baca: Tiket Masuk Dataran Tinggi Dieng dan Kawasan Wisata

Kegembiraan berinteraksi dengan hewan

Tidak hanya melihat satwa di dalam kandang, pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan satwa tersebut. Pengunjung dapat memberi makan hewan jinak dengan memasuki kandangnya. Seperti kelinci, pemberian makanan khusus dari petugas kebun binatang. Ini akan sangat menyenangkan dan sangat mendidik bagi anak-anak.

Selain itu, pengunjung juga bisa berinteraksi dengan satwa liar, termasuk ular piton. Pengunjung bisa memakai ular piton sambil berfoto dengan hewan liar ini. Tenang, karena di sini pengunjung akan ditemani oleh penangan profesional. Jadi Anda tidak perlu khawatir meski berfoto dengan hewan liar.

Baca: Tiket Masuk dan Pesona Kawah Sikidang Dieng

Kunjungan malam ke TRMS Serulingmas

Taman Rekreasi Satwa Serulingmas BanjarnegaraTaman Rekreasi Satwa Serulingmas Banjarnegara. Foto: Gmap/faradaym

Salah satu keistimewaan TRMS Serulingmas adalah pengunjung bisa berwisata di malam hari sambil berinteraksi dengan satwa. Namun saat ini, fasilitas ini masih sangat terbatas untuk rombongan minimal 20 orang. Dan pengunjung harus memesan empat hari sebelum tanggal kunjungan. Karena perjalanan terorganisir ini juga termasuk makan malam.

Suasana sepi dan tenang di malam hari juga menjadi tantangan tersendiri. Beberapa hewan sepertinya tidur di malam hari, seperti orangutan. Ada yang masih aktif, tapi tidak seagresif siang hari. Namun, ada pula yang lebih aktif di malam hari, seperti burung merak dan burung unta.

Untuk memanfaatkan kunjungan malam hari ini, pengunjung harus lampu depan sebagai penjelasan. Yang lebih seru lagi, pengunjung juga bisa memberi makan harimau dengan menggunakan penjepit makanan. Pengunjung akan diajak memasuki ruangan khusus yang berisi harimau agar lebih dekat untuk mencari makan. Saat memberi makan, lampu depan harus dimatikan agar harimau tidak kaget, dan begitulah perasaannya.

Baca: 4 Tempat Wisata Terbaik di Banjarnegara

Pemakaman Kebun Binatang

Meski sebagai tempat hiburan, siapa sangka di sini juga ada kuburan. Makam ini milik Ki Ageng Selomanik, mantan panglima perang dan sahabat Pangeran Diponegoro. Ia juga seorang pendakwah Islam di Banjarnegara. Yang mana, makam ini sudah ada bahkan sebelum berdirinya kebun binatang.

Makam ini berusia sekitar 30 dekade. Atas jasa Ki Ageng Selomanik, makam ini tidak dipindahkan. Namun diberi tempat khusus di kebun binatang ini. Sebagai tanda penghormatan atas jasa-jasanya.

Fasilitas Kebun Binatang TRMS Serulingmas

Fasilitas kolam renang di TRMSKolam renang adalah fasilitas TRMS. Foto: Gmap/Shelio Na

TRMS menyediakan fasilitas berupa kolam renang, area bermain anak dan gazebo untuk berteduh. Ada juga adegan hiburan yang biasanya disiarkan pagelaran musik secara langsung. Serta toilet dan mushola untuk kenyamanan pengunjung.

Lokasi Kebun Binatang TRMS

Kebun binatang ini terletak di Desa Kutabanjarnegara, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi TRMS di nomor telepon 02286591933.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button