Dusun Semilir Eco Park, tempat rekreasi populer dan kekinian di Semarang - WisataHits
wisatahits

Dusun Semilir Eco Park, tempat rekreasi populer dan kekinian di Semarang

Harga tiket: Rp35.000, Jam operasional: 09.00-21.00 WIB, Alamat: Jl.Soekarno Hatta,Ngemple,Bawen,Kec. Ngemplak, Kab. Semarang, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Dusun Semilir Eco Park Semarang memiliki desain yang sangat bagus dan juga menarik serta lengkap. Jadi, semuanya bisa kamu nikmati di sini, seperti kebun binatang mini, ruang terbuka yang bisa digunakan untuk berkemah, banyak taman bermain, dan ada juga makanan yang bisa diburu.

Apalagi banyak spot foto yang bisa dipilih, yang akan menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Adapun tempat untuk mendidik itu dapat menambah pengetahuan Anda.

Oleh karena itu, saat ini wisata Taman Ekologi Dusun Semilir banyak diminati oleh para pengunjung khususnya kaum milenial, karena tempatnya yang nyaman dan juga asri, serta menyuguhkan tempat yang bisa memberikan pengalaman baru.

Atraksi Taman Ekologi Dusun Semilir

Wahana Keren Dusun Semilir Eco ParkKredit gambar: Twitter Petualangan Super

1. Teros atau Jembatan Gunung Senggol

Jembatan ini cukup unik, ditambah lagi dengan pemandangan alam sekitar yang indah, seperti warung makan yang ada di sekitar wisata. Anda juga bisa melakukannya untuk mencicipi makanan khas daerah Jawa Tengah, termasuk Semarang. Agar Anda tidak menyesal telah berlibur panjang tanpa mencicipi makanannya.

2. Ada taman bermain

Tempat ini khusus didedikasikan untuk anak-anak. Sehingga mereka lebih nyaman berlibur di sirkuit. Seperti menyediakan berbagai permainan modern atau bahkan tradisional untuk Anda dan si kecil bermain sambil belajar.

3. Kolam renang yang menawan

Kolam di Semilir Eco Park benar-benar unik karena ada beberapa anak tangga yang bisa dilalui untuk sampai ke patung yang berbentuk setengah tubuh manusia. Patung ini dibuat dari tumpukan beberapa kayu yang ditata secara estetis untuk menghasilkan sebuah karya seni yang indah. dan dapat digunakan sebagai ruang foto bagi wisatawan dari dalam dan luar negeri.

4. kerajinan Indonesia

Tempat ini disebut demikian karena memiliki ruang yang didedikasikan untuk menjual berbagai macam oleh-oleh atau cinderamata dari daerah Indonesia seperti patung, tas, keramik dan batik dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, jika Anda berkunjung ke sini, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh karena Anda bisa mendapatkan berbagai oleh-oleh namun hanya di satu tempat.

5. Desa hewan peliharaan tersedia

Daya tarikKredit gambar: Twitter Waktu tinggal

Hal selanjutnya yang tak kalah menarik adalah kawasan perkampungan hewan peliharaan ini. Di sini Anda akan melihat berbagai jenis hewan yang beraneka ragam dan dari lokal maupun mancanegara dengan luas yang sangat luas sekitar 20.000 meter persegi. Jadi, selain liburan, kamu juga akan mendapatkan tambahan ilmu yang bermanfaat.

6. Panggung Festival

Menariknya, langkah ini memiliki ukuran yang sangat besar. Padahal bisa menampung banyak pengunjung yang datang hingga sekitar 5.000 orang. Biasanya, panggung ini diisi dengan acara-acara tertentu seperti festival, pertunjukan musik, dan bahkan kegiatan khusus lainnya.

7. Memiliki danau yang indah

Yang lebih menarik lagi, Taman Ekologi Dusun Semilir memiliki danau air biru yang sangat indah. Apalagi dilengkapi juga dengan perahu, air mancur dan gazebo di pinggir danau.

Alamat dan rute menuju lokasi

Taman Ekologi Dusun Semilir alamatKredit gambar: Google Maps Naufal Asyrof

Anda bisa menemukan lokasi wisata Taman Ekologi Dusun Semilir dengan mengunjungi Jawa Tengah khususnya kawasan Semarang di kabupaten Bawen. Jika Anda berasal dari luar kota atau bahkan luar negeri, Anda pasti akan mengalami kebingungan untuk sampai ke tempat tujuan.

Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan alat arah canggih saat ini, seperti Google Maps. Sementara itu, jika Anda dari daerah tersebut tentunya tidak akan bingung lagi, namun jika Anda lupa, Anda bisa menggunakan rambu yang ada di pinggir jalan.

Rute yang harus Anda tempuh untuk sampai ke tempat tujuan cukup mudah, terutama karena letaknya yang dekat dengan jalan utama yaitu jalan Semarang-Yogyakarta atau Surakarta. Oleh karena itu akan mudah diakses.

Jika Anda datang dari arah Surakarta, waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam 15 menit. Dengan jarak tempuh sekitar 77 km dari daerah asal. Waktu ini semakin pendek dan semakin pendek saat melewati jalan tol.

Jika Anda berangkat dari kota Semarang, jaraknya cukup dekat dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Apalagi jarak tempuhnya juga lebih cepat dibandingkan dari arah Surakarta yang hanya sekitar 37 km, cukup dekat bukan.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Masuk Dusun Semilir Ecological ParkKredit gambar: Google Maps Fildzah Murniati

Untuk memasuki objek wisata Dusun Semilir Eco Park, Anda hanya perlu membayar biaya yang sangat terjangkau yaitu Rs 35.000 dari hari Senin hingga Jumat. Sedangkan pada akhir pekan dari Sabtu hingga Minggu, Anda harus mengeluarkan uang yang berbeda dan lebih tinggi dari hari biasanya, yaitu sekitar 55.000 rupee.

Namun harga tersebut belum termasuk biaya parkir dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jadi sebelum harga berubah, buruan datang kesini.

Sedangkan biaya parkirnya sendiri cukup merogoh kocek sebesar Rs 4000 untuk sepeda motor dan Rs 5000 untuk biaya parkir dan harga yang dikenakan untuk bus juga cukup murah yaitu tidak sampai sekitar 20.000.

Hari operasional dusun ini adalah Senin hingga Minggu mulai pukul 09.00 hingga 19.00. Dengan tujuan agar Anda bisa memaksimalkan kunjungan. Untuk sarana transportasinya sendiri bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor serta angkutan umum seperti bus.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Taman Ekologi Dusun Semilir

Kegiatan Taman Ekologi Dusun SemilirKredit Gambar: Google Maps dwi agustin

1. Liburan Eropa

Dinamakan demikian karena mengusung tema bernuansa seperti di negara-negara Eropa yaitu Paris, Maroko hingga Mykonos. Ditandai dengan cat putih dan jendela dengan warna berbeda. Sehingga sangat indah dan bisa dijadikan sebagai tempat pengambilan foto untuk diunggah ke jejaring sosial.

Pot bunga serta kursi dan meja beraneka warna miliknya dapat menambah estetika tempat tersebut dan berfungsi sebagai tempat duduk sambil berbincang atau menyantap beberapa sajian kuliner yang telah dibelinya.

2. Mainkan flamingo raksasa

Yang lebih menarik lagi dari objek wisata Dusun Semilir Eco Park adalah adanya flamminggu raksasa sehingga bisa ditumpangi untuk melihat pemandangan indah dan asri dari sejumlah pepohonan yang tumbuh di sekitarnya.

Dan ada juga patung besar di tengah kolam dan dilengkapi dengan alas batu sehingga bisa dijangkau untuk menuju patung.

Jika Anda ingin berfoto selfie dan mengambil tema hutan, Anda juga bisa melakukannya di sini. karena disini juga ada tempat yang keadaannya seperti hutan dan ditumbuhi berbagai macam tumbuhan dan ada jalan kecil sehingga bisa dilewati.

3. Bepergian dengan trem

Trem ini dibuat saat berkunjung ke alun-alun Eropa dengan tujuan agar bisa digunakan di sekitar alun-alun Eropa sambil menikmati pemandangan alam sekitar yang indah. Agar tidak lelah berjalan kaki, apalagi tempat ini cukup luas.

Pada hari biasa tram ini dapat menampung kuota 3 orang, namun karena saat ini sedang pandemi, sangat disarankan untuk menggunakan kuota terbatas hanya dua orang untuk menjaga jarak dengan tetap memperhatikan protokol.

Jika Anda berencana untuk naik trem ini, kami sarankan Anda datang lebih awal agar tidak mengantre panjang.

4. Mainkan slide warna-warni

Aktivitas Seru di Taman Ekologi Dusun SemilirKredit Gambar: Instagram panoramaetnikindonesia

Aktivitas selanjutnya yang bisa Anda lakukan di Taman Ekologi Dusun Semilir adalah menaiki seluncuran dengan ketinggian tertentu sekitar 30 meter yang cocok untuk orang dewasa. Dan warna slidenya juga sangat unik, karena menyerupai warna pelangi yaitu merah, kuning, hijau, dan biru.

Untuk melakukan peluncuran ini, Anda bisa menggunakan bantuan ban agar lebih aman. Apalagi saat berseluncur, Anda juga bisa berfoto selfie dengan background warna slide.

5. Bermain di Jembatan Gunung Teros

Jembatan Senggol adalah ikon paling menarik yang ditemukan di objek wisata yang sukses ini. Karena memiliki desain yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri serta dilapisi dengan kayu epik yang membentuk atap.

Tempat ini sangat menarik sehingga bisa Anda manfaatkan untuk berfoto sambil menikmati beberapa menu makanan yang menjadi pilihan untuk disantap.

6. Naik gondola menyusuri sungai

Saat berada di alun-alun Eropa, tidak cukup menggunakan tram. Namun ada sarana transportasi lain yang bisa Anda gunakan, yaitu gondola. Angkutan ini biasanya digunakan untuk mengelilingi alun-alun kota terutama daerah sungai dengan total muatan hanya 2 orang. Padahal dulu bisa menampung hingga 3 orang.

Di tempat Eropa ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat menakjubkan dari berbagai warna hasil pembangunan rumahnya. Dan ada jembatan indah yang hampir mirip dengan pemandangan di luar negeri. Sehingga dapat memberikan kesan bahwa Anda sedang berada di Eropa.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman Ekologi Dusun SemilirKredit Gambar: Instagram citazhari

Fasilitas pertama dari Dusun Semilir Eco Park adalah tersedianya tempat parkir yang sangat luas yang dapat menampung sejumlah kendaraan, baik pribadi maupun umum. Ada juga kamar mandi yang merupakan elemen penting yang harus ada dalam daya tarik untuk kenyamanan pengunjung baik itu digunakan untuk mandi atau membilas.

Selain itu, ada juga banyak permainan yang harus kamu coba, seperti perosotan, tram, gondola, flamingo dan masih banyak lagi wahana lainnya. Setelah selesai bermain banyak wahana pasti akan merasa lelah. Oleh karena itu, beberapa gazebo juga disediakan di tepian sungai untuk relaksasi.

Tempat wisata ini juga menawarkan banyak tempat untuk menjual makanan sehingga Anda dapat menikmatinya sambil beristirahat. Serta beberapa toko yang menjual berbagai souvenir yang bisa anda gunakan untuk membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang seperti miniatur, gantungan kunci, kaos atau lainnya.

Itulah beberapa ulasan mengenai Dusun Semilir Eco Park yang bisa Anda pilih sebagai destinasi liburan Anda. Apalagi harga tiket masuk yang dikeluarkan cukup murah, sehingga bisa dibeli oleh siapa saja dengan fasilitas yang ditawarkan juga sangat menarik.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button