Trenggalek meraih penghargaan Smart City Innovation Award pada Forum ISNA 2022 - WisataHits
Yogyakarta

Trenggalek meraih penghargaan Smart City Innovation Award pada Forum ISNA 2022

dapat memacu semangat pembangunan “smart city” untuk mendorong kemajuan pembangunan di Kabupaten Trenggalek

Kabupaten Trenggalek (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, meraih penghargaan dalam kategori Inovasi. merek cerdas Terbaik di forum Anugerah Bangsa Indonesia Cerdas (ISNA) 2022 karena dinilai mampu mengimplementasikan inovasi smart city dengan fokus pemulihan pasca pandemi.

“Perolehan penghargaan ‘Smart Branding’ ini cukup prestisius mengingat ada beberapa kabupaten lain yang bersaing memperebutkan penghargaan ini selain Kabupaten Trenggalek,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Trenggalek Edif Hayunan Siswanto dalam Deklarasinya di Trenggalek, Jumat.

Menurutnya, penghargaan tersebut diraih berkat sinergi dan kerjasama sejumlah program pembangunan ekonomi yang dilaksanakan Pemkab Trenggalek.

Salah satunya adalah Program Seratus Desa Wisata (Sadewa) yang berfokus pada perluasan sektor ekonomi masyarakat dari desa wisata.

Untuk menggenjot perekonomian, pemerintah daerah menargetkan akan terbentuk 100 desa percontohan dan wisata alam baru dalam tiga tahun.

Baca Juga: Pemerintah Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik Salurkan Bantuan Bencana di Trenggalek

Baca Juga: Situs Gondang Trenggalek Dianggap Peninggalan Mataram Kuno

“Kemudian ada program daerah ‘Prigi Front Beach City’ dan juga ‘Panggul Little Jogja’ serta beberapa program lainnya. Semoga penghargaan ini dapat memacu semangat pembangunan ‘smart city’ untuk mendorong kemajuan pembangunan di Kabupaten Trenggalek,” imbuhnya.

Sejauh ini, pemerintah Kabupaten Trenggalek masuk dalam 50 besar kabupaten atau kota di Indonesia yang mendapat dukungan dalam pengembangan “Smart City Master Plan 2022” dari Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui “Move to Smart Cities” program.

Trenggalek dipilih karena telah menerapkan prinsip-prinsip “smart city”, seperti bentuk transformasi birokrasi dengan adanya kafe publik digital, Trenggalek “smart bank”, Petung Dadi Versi 2.0, Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Online dan lain-lain. .

“Trenggalek diangkat karena sebagian basic atau sebagian penerapan Smart City sudah ada di Trenggalek, jadi tinggal dipertajam saja. Kami terpilih untuk mewujudkan Indonesia Smart City,” tutupnya.

Baca juga: Trenggalek bangun tenda darurat untuk pengungsi korban longsor

Baca Juga: Pemkab Trenggalek Bentuk Tim Percepatan Penurunan Kasus Stunting

Reporter: Destyan H. Sujarwoko
Penerbit: Agus Salim
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button