Tren Glamping, Daftar Wisata Inovasi Camping di Tanah Air - WisataHits
Jawa Timur

Tren Glamping, Daftar Wisata Inovasi Camping di Tanah Air

TEMPO.CO, jakarta – Ekspresi glamping sedang meningkat akhir-akhir ini. Tren berkemah yang memadukan pengalaman menginap di tenda dan fasilitas mewah ini merupakan inovasi baru di bidang akomodasi dan pariwisata dalam beberapa tahun terakhir.

Glamping berasal dari dua kata yaitu glamor dan camping. Merujuk pada definisi dalam kamus Oxford, glamping diartikan sebagai suatu bentuk berkemah yang mencakup akomodasi yang lebih mewah dan fasilitas yang berbeda dari metode berkemah tradisional.

Perbedaan mencolok terletak pada fasilitas yang tersedia. Menurut glampingassociation.co.uk, akomodasi glamping umumnya berbentuk tenda mulai dari lonceng, kubah geodesik, yurt, sheer pod, kabin, tenda safari, karavan antik, pondok gembala, dan rumah pohon.

Di sisi lain, dalam glamping, penghuni difasilitasi dengan akomodasi yang lengkap, mulai dari pengaturan tidur, kamar mandi, memasak hingga pemanas ruangan.

Penataan tempat tidur ini dimulai dari kasur yang disediakan oleh pihak konservasi. Di mana biasanya hanya satu kantong tidur yang digunakan saat berkemah, glamping memungkinkan pengunjung untuk menikmati kelembutan tempat tidur. Perlengkapan kamar mandi adalah satu hal yang diunggulkan oleh para konservasionis glamping. Saat memutuskan untuk menghabiskan waktu glamping, pengunjung tidak perlu khawatir mencari toilet di mana.

Keuntungan dari glamping

Dikutip dari laman tempo.co berjudul “Tren Destinasi Wisata Glamping, Apa Artinya?” Selain fasilitas layaknya hotel, ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan seseorang saat menghabiskan waktu liburan glamping. Di antara yang lain:

  1. Merasa bahagia tanpa lelah

Dengan semua akomodasi mewah, memilih glamping bisa menjadi cara berlibur di alam tanpa lelah. Lain halnya dengan camping, pengunjung tidak perlu berkemas setelah liburan

  1. Dekat dengan alam

Liburan di alam dianggap cocok bagi sebagian orang untuk meningkatkan relaksasi dan memberikan ketenangan. Opsi glamping mendukung dan memfasilitasi hal ini, sehingga glamping tidak pernah kehilangan momentum. Sifat berkemah harus dekat dengan alam.

  1. meningkatkan suasana hati

Diyakini bahwa menghabiskan waktu dan lebih dekat dengan alam meningkatkan suasana hati. Dikutip dari situs nathab.com, Dokter William Bird, penasihat kesehatan untuk Natural England, mengatakan, berdasarkan pengamatannya, orang menjadi lebih sehat dan lebih mudah beradaptasi ketika mereka pergi ke pedesaan, taman atau kebun.

Daftar destinasi glamping

Disarikan dari website traveloka.com, berikut ini rekomendasi untuk Anda menikmati spot-spot glamping terbaik di Indonesia:

  1. The Highland Park Resort Bogor

Situs ini terletak di Jalan Raya Ciapus Curug Nangka, Ciapus, Bogor, Jawa Barat. Bogor merupakan salah satu destinasi yang menawarkan banyak pilihan untuk glamping, dan Highland Park Resort Bogor menawarkan suasana sejuk khas Bogor. Tempat glamping populer di Indonesia ini memiliki tenda glamping yang sangat Instagramable dan modern.

Tempat ini menawarkan berbagai macam tenda glamping, dari ‘Camp Apache’ yang memiliki desain seperti tenda India, hingga ‘Camp Superior’ yang lebih luas dan dapat menampung lebih dari dua orang tamu.

  1. Leuweung Geledegan Ecolodge

Leuweung Geledegan Ecolodge dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik antara lain kolam renang desain infinity pool dengan pemandangan yang menakjubkan, arena outbond dan taman bermain anak-anak. Tenda modern dan mewah yang ditawarkan oleh situs glamping di Indonesia ini hadir dalam berbagai ukuran, dengan yang terluas dapat menampung hingga 6 orang, menjadikannya pilihan yang tepat untuk lokasi glamping untuk bersantai bersama keluarga dan orang dekat untuk bertemu teman.

Bagi Anda yang berminat bisa mengunjunginya di lokasi: Jalan Tamansari No 17, Ciapus, Bogor, Jawa Barat.

  1. Booba glamping

Berbeda dengan lokasi glamping sebelumnya di Indonesia, Booba Glamping menawarkan konsep bubble dome tent yang memungkinkan pengunjung glamping menikmati kanopi langit bertabur bintang.

Tidak hanya itu, tempat ini juga memiliki fasilitas private pool yang menambah keunikan dan kenyamanan tempat glamping ini. Lokasinya di Jl Alternatif Gunung Mas No. 18, Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750, Cisarua, Puncak, Jawa Barat

  1. Bravo Petualangan Berkemah Glamor

Terletak di Desa Bantar Selang, Kecamatan Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat. Bravo Adventure Glamorous Camping adalah rekomendasi tempat glamping selanjutnya di Indonesia, cocok jika Anda ingin pergi glamping bersama keluarga atau teman terdekat.

Tempat glamping di Indonesia ini tidak hanya dekat dengan alam, tetapi juga menawarkan berbagai aktivitas seru untuk mengisi liburan Anda, termasuk Arung Jeram Sungai Citarik yang menantang.

  1. Tenda Glamping Maribaya

Rekomendasi selanjutnya datang dari daerah Lembang, Bandung. Tenda Glamping Maribaya menawarkan pengalaman berkemah yang mewah seperti di hotel bintang lima. Fasilitas di lokasi glamping ini sangat lengkap, antara lain pemandian air panas dan area barbekyu.

Selain itu, Tenda Glamping Maribaya juga dekat dengan berbagai tempat rekreasi populer di Lembang. Lokasi glamping ini terletak di Jalan Maribaya 105/212, Lembang, Bandung, Jawa Barat

  1. Trizara Resort

Masih terletak di Lembang, Trizara Resorts menawarkan akomodasi glamping yang berlokasi strategis dekat dengan berbagai destinasi rekreasi populer di Lembang.

Selain tenda glamping yang luas, nyaman dan dilengkapi dengan teras tempat Anda bisa bersantai dan menikmati pemandangan, berbagai fasilitas juga tersedia di lokasi glamping ini. Mulai dari taman, area barbekyu, persewaan sepeda hingga area piknik.

  1. Resor glamping ek

Di Jawa Timur ada rekomendasi tempat glamping yang tak kalah menarik yaitu Oak Tree Glamping Resort. Pilihan situs glamping di Indonesia ini menawarkan tenda mewah yang sangat nyaman dan dirancang untuk memberikan Anda semua kenyamanan hotel bintang lima.

Selain tenda glamping yang dilengkapi dengan TV dan perabotan lengkap, Oak Tree Glamping Resort juga menawarkan fasilitas seperti hotel seperti kolam renang, restoran, kafe, dan area BBQ. Lokasinya terletak di Jalan Tawang Argo No. 01, Batu, Malang, Jawa Timur.

DANAR TRIVASYA FIKRI

Baca: Tren Destinasi Glamping, Apa Artinya?

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button