Top 3 techno news kemarin: Bisnis Kelontong Mahasiswa UGM, Misi IPB dari Jokowi - WisataHits
Jawa Barat

Top 3 techno news kemarin: Bisnis Kelontong Mahasiswa UGM, Misi IPB dari Jokowi

TEMPO.CO, jakarta – Top 3 Techno News Kemarin, Jumat, 2 September 2022 diawali dengan artikel dari UGM Yogyakarta. Lulusan Fakultas Hukum Granita Elsara ini sukses menjalankan toko kelontong yang dirintis sejak tahun 2017, meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya.

Kemudian ia pindah ke kampus Institut Pertanian Bogor sebagai kampus terpopuler kedua. Presiden Joko Widodo mempercayakan IPB dengan tugas terkait inovasi pangan, adaptasi pendidikan, penelitian penyakit yang disebabkan oleh hewan atau zoonosis.

Sementara itu, berita terpopuler ketiga datang dari tambang bawah tanah Freeport di Tembagapura, Papua. Perusahaan bekerja sama dengan Telkomsel untuk mengimplementasikan teknologi penambangan pintar bawah tanah 5G pertama di Asia Tenggara. Presiden Joko Widodo juga hadir untuk memulai penerapan teknologi tersebut.

Berikut adalah 3 berita tekno terpopuler dari kemarin, Jumat 2 September 2022,

1. Alumni Granita UGM telah membuka toko kelontong sejak kuliah dan menghasilkan penjualan Rs 380 juta per bulan

Lulusan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM), Granita Elsara sukses menjalankan toko kelontong yang dirintis sejak tahun 2017. Toko kelontong Granita berhasil menghasilkan keuntungan puluhan juta setiap bulannya. “Pendapatan sendiri biasanya mencapai 380 juta per bulan,” kata Granita, Jumat, 2 September 2022, di situs resmi UGM.

Granita yang baru saja lulus pada 25 Agustus 2022 ini sudah membuka toko kelontong sejak kuliah. Ia membuka tokonya di Kaliurang Barat, Yogyakarta. Ide mendirikan toko kelontong berawal dari keprihatinannya terhadap mahalnya harga barang di sekitar tempat wisata di Kaliurang, DIY.

Granit Elsara. Dermaga. UGM

“Saya tinggal di daerah Kaliurang Barat dimana kebutuhan pokok dan makanan ringan dijual mahal. Akhirnya saya berpikir untuk membuka toko kelontong untuk menstabilkan harga,” katanya.

2. Jokowi Beri IPB 5 Tugas, Apa Saja?

Presiden Joko Widodo menugaskan tugas tersebut ke Institut Pertanian Bogor (IPB). Tugas tersebut menyangkut inovasi pangan, adaptasi pedagogis, penelitian penyakit hewan atau zoonosis di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Dalam Pidato Dies Natalis IPB yang disiarkan secara virtual pada Kamis 1 September 2022 di Gedung Graha Widya Wisuda Kampus Dramaga Kabupaten Bogor, Presiden Jokowi mendorong IPB menjadi perguruan tinggi yang cepat tanggap terhadap tantangan permasalahan Gizi yang sedang dialami oleh berbagai kalangan. negara-negara di dunia.

IPB diharapkan dapat menciptakan ekosistem yang kondusif bagi tumbuhnya kreativitas dan inovasi untuk mendorong percepatan hilirisasi industri dan melahirkan lebih banyak techopreneur dan sociopreneur.

3. Teknologi 5G akan datang ke tambang bawah tanah Freeport, dan ini akan digunakan

Telkomsel dan PT Freeport Indonesia (PTFI) telah bermitra untuk mengimplementasikan teknologi 5G Underground Smart Mining pertama di Asia Tenggara untuk mendukung operasional industri pertambangan di Indonesia. Teknologi ini akan secara akurat mendukung otomatisasi dan kendali jarak jauh untuk meningkatkan keselamatan pekerja dan produktivitas pertambangan PTPFI.

Penerapan teknologi ini secara resmi diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis, 1 September 2022 di Tembagapura, Papua. Telkomsel telah mengerahkan 6 unit BTS 5G meliputi lokasi penambangan PTFI di wilayah Tembagapura, termasuk area tambang bawah tanah.

Penerapan teknologi 5G Underground Smart Mining di PT Freeport Indonesia bekerjasama dengan Telkomsel, Kamis, 1 September 2022. Dengan kedalaman hingga 1.500 meter di bawah tanah, penerapan teknologi ini dikatakan pertama di Asia Tenggara. (PTFI TELKOMSEL)

Dalam keterangannya, Tony Wenas, Presiden Direktur PTFPI, menyatakan bahwa pengembangan tambang lebih dari 1.500 meter di bawah permukaan menimbulkan risiko keselamatan yang serius bagi karyawan dan aset perusahaan lainnya. Teknik sipil semacam itu membutuhkan perencanaan yang matang, penggunaan teknologi kelas dunia dan pengembangan sumber daya manusia yang terampil.

Source: tekno.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button