Tlogo Muncar, air terjun cantik dengan panorama alam yang indah di Sleman - WisataHits
wisatahits

Tlogo Muncar, air terjun cantik dengan panorama alam yang indah di Sleman

Tlogo Muncar, air terjun cantik dengan panorama alam yang indah di Sleman
Harga tiket: Rp 8.000 Jam operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Tlogo Putri, Hargobinangun, Kec. Pachem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Daerah Istimewa Yogyakarta seistimewa namanya, memiliki banyak destinasi wisata menarik yang cocok untuk refreshing dan menghilangkan penat. Seperti Tlogo Muncar di kabupaten Sleman yang memiliki suasana yang sangat sejuk. Air terjun ini berada di lereng Gunung Merapi sehingga tidak heran jika menawarkan panorama alam yang begitu indah.

Mata air yang berasal dari Bukit Lawangan ini sangat jernih dan terasa begitu sejuk saat menyentuh kulit, membuat siapapun ingin bermain dan menikmatinya. Tempat ini sering dijadikan tempat berkumpulnya mahasiswa. Tertarik menghabiskan liburan di air terjun cantik ini? Mari kita lihat apa yang dapat Anda temukan di sini.

Promo Hotel Sleman

Daya tarik yang dimiliki Tlogo Muncar

Daya Tarik Tlogo MuncarFoto oleh Ricky Santana di Google Maps

✦ Panorama alam yang indah

Berada di ketinggian 878 mdpl, di lereng Gunung Merapi, air terjun yang bersumber di Bukit Lawangan ini menawarkan panorama alam yang sangat indah. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin menyegarkan diri dari penatnya aktivitas sehari-hari.

Suasananya juga cenderung tenang dan sepi, mungkin karena tempatnya memang berada di desa yang cukup dalam, sehingga jauh dari hiruk pikuk masyarakat. Kondisi alam dan suasananya tentu akan sangat nyaman untuk membantu menghilangkan stres. Anda dapat beristirahat dari pekerjaan, kebisingan kota, dan kemacetan lalu lintas.

✦ Aliran air yang jernih dan indah

Tlogo Muncar memiliki air terjun yang indah dengan ketinggian sekitar 30 hingga 40 meter. Aliran airnya sangat jernih, berasal dari Bukit Lawangan yang letaknya tidak jauh dari kawasan air terjun. Namun akibat erupsi Gunung Merapi yang dahsyat pada tahun 2010 lalu, debit air terjun tersebut menjadi sangat rendah.

Pada musim kemarau pun debit air bisa berkurang, sehingga biasanya wisatawan lebih banyak berkunjung ke sini saat musim hujan. Karena debit airnya tidak begitu besar, bermain di air terjun ini cukup aman. Anda bahkan bisa menikmati berenang yang asik di bawah aliran air terjun.

Jogja Day Tour: Sunrise Lava Tour Merapi, Goa Pindul & Sungai Oya

✦ Ada banyak monyet liar

Karena suasana sekitar yang masih sangat alami dan air terjun ini berada di lereng Gunung Merapi, tidak heran jika sesekali Anda melihat banyak monyet liar. Tidak jarang monyet-monyet ini muncul dan berkeliaran di sekitar air terjun. Mereka paling sering muncul saat cuaca cerah.

Namun Anda tidak perlu khawatir dengan keberadaan monyet liar di kawasan air terjun. Karena monyet-monyet ini tidak berbahaya karena sudah terbiasa dengan kehadiran wisatawan. Selama tidak mengganggu mereka, kemunculan kera liar di sekitar Tlogo Muncar justru akan menjadi pemandangan sekali seumur hidup.

✦ Legenda Dewi Condrokirono

Air terjun ini selalu ramai bukan hanya karena keindahannya. Namun ada sebuah legenda yang hidup di sekitar masyarakat yang menjadi daya tarik tersendiri. Konon, seorang putri cantik bernama Dewi Condrokirono dari kerajaan Majapahit sering mandi di sini. Sehingga ada kepercayaan bahwa orang yang mandi di air terjun akan awet muda.

Paket Wisata Jogja 3 Hari 2 Malam (The Lost World Castle, Tebing Breksi dan Tempat Lainnya)

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Tlogo MuncarFoto oleh Joshua DS di Google Maps

Tlogo Muncar terletak di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Kawasan Hutan, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat tersebut berjarak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Jogja. Jadi Anda membutuhkan waktu sekitar 60 menit untuk mencapai air terjun.

Berkeliling air terjun tidak sulit karena tempatnya cukup strategis dan akses jalan sudah bagus. Namun sesampainya di tempat parkir, terlebih dahulu Anda harus menyusuri jalan setapak sekitar 600 meter. Sepanjang jalan, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam sekitarnya yang menyegarkan dengan banyaknya pepohonan.

Harga tiket masuk dan jam buka

Bagi yang ingin berlibur ke Tlogo Muncar, budget yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Pasalnya, untuk memasuki kawasan air terjun, Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 8.000 per orang. Harga tiket masuk yang murah tentunya membuat Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk berlibur.

Jika membawa kendaraan sendiri, Anda juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Air terjun ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 08:00 WIB hingga 16:00 WIB. Jadi pastikan untuk datang dan berkunjung di antara jam-jam tersebut.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan Seru Tlogo MuncarFoto oleh Nikmatur Rofiqoh di Google Maps

1. Trekking ke air terjun

Untuk menuju air terjun Tlogo Muncar, pengunjung terlebih dahulu harus berjalan kaki sekitar 600 meter dari tempat parkir. Ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan, karena sepanjang jalan Anda akan melewati jalan desa yang dipenuhi sawah melalui hutan yang menyegarkan mata.

2. Bermain air di Tlogo Muncar

Memiliki aliran air yang jernih dan menyegarkan, tentunya Anda tidak boleh melewatkan bermain air di bawah air terjun yang indah ini. Selain itu, aliran airnya biasanya tidak terlalu banyak, sehingga cukup aman untuk merasakan percikan air terjun langsung di bawahnya. Jangan lupa membawa baju ganti untuk merasakan segarnya mandi di air yang jernih.

Mandi di air yang jernih dan segar tentunya akan sangat menyenangkan, apalagi dibarengi dengan pemandangan alam sekitarnya yang begitu indah. Sembari bermain air, Anda akan dimanjakan dengan panorama alam yang dipenuhi pepohonan hijau. Sehingga sejauh mata memandang akan sangat menyejukkan jiwa.

3. Kamp

Tak heran jika Tlogo Muncar sering dijadikan sebagai tempat student friendly. Memang pada wisata kali ini disediakan tempat camping. Biasanya bumi perkemahan ini juga digunakan oleh para pendaki Gunung Merapi. Jadi Anda juga bisa mempertimbangkan berkemah untuk menikmati serunya menghabiskan malam di udara terbuka.

Karena tidak ada persewaan tenda dan sejenisnya di sini, Anda harus mengemas perlengkapan camping sendiri dari rumah. Di pusat kota jogja juga banyak yang menawarkan persewaan peralatan camping, jadi bagi anda yang berasal dari luar kota tidak perlu khawatir.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Memasang Tlogo MuncarFoto oleh DG Patar di Google Maps

Fasilitas yang tersedia di wisata air terjun ini belum bisa dikatakan lengkap dan memadai, bahkan masih banyak yang harus ditambahkan. Meski begitu, fasilitas yang tersedia saat ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan setiap pengunjung. Area parkir cukup luas untuk menampung berbagai kendaraan penumpang.

Akses jalan untuk trekking menuju air terjun juga sudah disediakan untuk memudahkan pengunjung. Di sekitar air terjun juga terdapat toilet umum, beberapa gazebo untuk pengunjung beristirahat, serta mushola yang disediakan khusus untuk pengunjung muslim.

Jika Anda lapar, Anda juga tidak perlu khawatir. Karena beberapa stand wisata tersedia di Tlogo Muncar. Ada yang menawarkan menu lokal dengan cita rasa yang khas dan ada pula yang menjual makanan dan minuman non alkohol. Semua harga rata-rata terjangkau, sehingga tidak akan menguras kantong Anda.

Perjalanan Anda ke Yogyakarta akan semakin seru jika menyempatkan diri untuk mengunjungi air terjun di kawasan Sleman ini. Aliran airnya yang tidak terlalu besar akan membuat bermain air menjadi lebih menyenangkan dan aman. Dengan panorama alam yang indah, Anda juga bisa hunting foto sekaligus. Ayo di hari yang cerah agar hasil foto lebih menarik.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button