Dukung Pariwisata, Kejurnas Basket 3X3 Dapat Apresiasi Perbasi - WisataHits
Jawa Timur

Dukung Pariwisata, Kejurnas Basket 3X3 Dapat Apresiasi Perbasi

Dukung Pariwisata, Kejurnas Basket 3X3 Dapat Apresiasi Perbasi

KORANBERNAS.ID, SLEMAN – Kejuaraan Nasional Bola Basket (Kejurnas) 3×3 yang digelar pada 27-29 Januari 2023 di Sleman City Hall (SCH) Yogyakarta sukses digelar.














Selain mendapat sambutan positif dari berbagai kalangan, kompetisi ini juga mendapat pengakuan dari Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi), Danny Kosasih.

“Tahun ini sebenarnya kami menggandeng Yogyakarta (sebagai tuan rumah) karena identik dengan pariwisata. Makanya kami adakan di mal untuk membantu pariwisata,” ujarnya kepada wartawan.







Sore itu, Danny dan jajaran Perbasi sengaja datang langsung untuk mengakhiri kejuaraan yang ditandai dengan penyerahan piala kepada para juara. Turut hadir Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Perbasi DIY, KPH Purbodiningrat.

Danny juga berterima kasih kepada panitia dan Yogyakarta yang telah menjadi tuan rumah karena pesertanya cukup banyak.







Mengenai juara yang masih didominasi Jawa, ia mengatakan bukan berarti Jawa lebih baik, melainkan lebih banyak pertandingan bola basket digelar di Pulau Jawa.







Danny juga menyemangati dan mendorong pejabat Pemda Perbasi di seluruh Indonesia untuk lebih menggairahkan persaingan.

“Saya mengusulkan seluruh Indonesia mengadakan kompetisi. Jangan bermimpi menjadi juara ketika tidak ada persaingan,” katanya.

Kejurnas Bola Basket 3×3 Kelompok Usia (KU) 16 – KU 18 dan KU 23 berlangsung seru, selain itu antusiasme para peserta juga terlihat luar biasa.

Hasilnya, di KU 23 Putri, DKI Jakarta meraih juara 3, Jawa Barat juara 2, Jawa Timur juara 1 sedangkan MPV (Pemain Paling Berharga) dimenangkan oleh Monica Selviana dari DIY dengan 44 poin.

KU 16 Putri juara 3 DKI Jakarta disusul juara 2 DIY dan juara 1 Jateng diraih MPV Elvina Greselda dengan perolehan 39 poin.

Untuk KU 16 putra, Juara 3 DKI Jakarta, Juara 2 Jawa Tengah, Juara 1 Jawa Timur dan MPV, Fakhri Putra meraih 51 poin.

Selain itu, Bali meraih juara 3 KU 18 Putri, juara 2 Jawa Tengah, juara 1 Jawa Barat sedangkan Erinindita Prias Madafa meraih MPV dengan 23 poin.


Ketua Perbasi, Danny Kosasih. (shalihul hadi/koranbernas.id)

Kejuaraan basket nasional 3×3 yang mempertandingkan kelompok umur 16, KU 18 dan KU 23 ini mempertandingkan 60 tim dari 18 provinsi. Atlet U-16 kelahiran tahun 2006, U-18 kelahiran tahun 2004 dan U-23 kelahiran tahun 2001 atau usia PON Aceh adalah tahun 2024.

Selain antusiasme peserta yang luar biasa, kejuaraan nasional ini juga dinilai penting karena Pra PON 3X3 akan berlangsung sebelum PON 2024 yang dijadwalkan September 2023.

Ratana Arya Krishnan, Ketua Pelaksana Kejurnas mengatakan, ini ajang untuk mengukur kemampuan atlet muda dan melihat kesiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) 3X3 2024 di Aceh.

Ketua KONI DIY Djoko Pekik Irianto bersyukur DIY terpilih menjadi tuan rumah kejuaraan nasional tersebut.

“Kami sangat senang Yogyakarta menjadi tuan rumah karena letaknya sentral, mudah diakses dan relatif murah,” katanya seraya menambahkan bahwa di provinsi ini banyak destinasi wisata.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button