Situ Bagendit, objek wisata alam yang diselimuti legenda di Garut - WisataHits
wisatahits

Situ Bagendit, objek wisata alam yang diselimuti legenda di Garut

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Sukamukti, Kec. Banyuresmi, Kab. Garut, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Situ Bagendit dikenal sebagai salah satu tempat wisata alam tepi danau terpopuler di Garut, Jawa Barat. Ini memiliki pemandangan air yang jernih dengan pemandangan pegunungan hijau yang menakjubkan. Wisatawan yang berkunjung dapat bersantai sambil menikmati pemandangan indah yang ditawarkan danau ini. Banyak pengunjung yang datang karena ingin melihat sendiri keindahan alam yang disuguhkan.

Panorama alam di sekitar danau menampilkan hamparan yang luas dan air yang jernih, di ujung danau terdapat deretan pegunungan yang disuguhkan khusus untuk wisatawan yang berkunjung ke Garut yang dijuluki sebagai Swiss Van Java. Karena tempatnya yang berdekatan dengan pegunungan, maka suhu udara disini sejuk dan masih cukup asri. Direkomendasikan untuk pengunjung yang ingin liburan keluarga.

Wisatawan yang berlibur di Situ Bagendit juga terlayani dengan berbagai fasilitas yang lengkap. Fasilitas yang ada bertujuan untuk menunjang kegiatan wisata di hari libur, sekaligus menarik lebih banyak pengunjung. Dari fasilitas umum seperti mushola, toilet hingga tempat parkir yang cukup luas. Fasilitas penunjang seperti spot foto untuk wahana air juga tersedia di sini.

Daya Tarik Situ Bagendit

Aktivitas di Bagendit SituKredit gambar: Google Maps Aldo Pangestu

Danau yang airnya jernih ini terletak di Garut, Desa Bagendit, tepatnya. Danau ini selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Banyak juga wisatawan yang datang dari luar daerah Garut hanya untuk melihat keindahan danau ini. Berbagai atraksi Situ Bagendit juga mendukung banyaknya pengunjung yang datang.

1. Menyajikan pemandangan tiga gunung sekaligus

Objek wisata yang indah ini mulai populer pada tahun 1920. Pada tahun itu, danau ini mulai banyak dikunjungi wisatawan, ditandai dengan hadirnya hotel dan berbagai fasilitas yang tersedia. Setelah itu, tepatnya saat Perang Dunia Kedua, objek wisata ini hancur bersama dengan hotel-hotel di sekitar danau. Hingga tahun 1980-an, pemerintah kembali menjadikannya sebagai objek wisata.

Pemandangan yang langsung terlihat saat mengunjungi tempat wisata ini adalah pemandangan tiga gunung yang berjajar rapi di depan pengunjung danau. Ketiga gunung tersebut adalah Gunung Cikuray, Gunung Guntur dan Gunung Haruman. Pemandangan yang dihasilkan dari pegunungan ini sangat indah dilihat dari Situ Bagendit. Tak heran deretan pegunungan ini menjadi salah satu daya tariknya.

Deretan pegunungan yang terlihat dari objek wisata ini memiliki warna biru muda. Tak hanya deretan pegunungan yang terlihat megah, namun juga sebaran awan putih yang menghiasi langit biru turut mendukung keindahan danau ini. Pemandangan tiga gunung dan langit biru adalah kombinasi cerdas yang hanya dimiliki oleh objek wisata ini.

2. Kualitas air bersih

Sesuai dengan nama objek wisata ini, yang terlintas di pikiran tentu saja legenda yang terkait dengan Nyai Endit. Meski dikenal pelit, suguhan yang dihasilkan dari danau ini tak kalah cantiknya. Wisatawan yang berkunjung ke sini bisa melihat kejernihan air di danau ini. Seolah berfungsi seperti cermin yang memantulkan bayangan langit.

Lokasi Situ Bagendit yang berada di dekat pegunungan, tentunya banyak terdapat mata air yang mengalir ke danau tersebut. Menghasilkan air yang jernih dengan rasa yang segar dan tidak berbau. Kehadiran pepohonan di sini juga membantu menciptakan udara segar. Tempat yang sejuk juga berarti jauh dari sampah, tempat wisata ini memiliki air yang bersih dan juga lingkungan yang bersih.

Selama berada di objek wisata ini, wisatawan tidak hanya merasakan kejernihan air yang dibawa dari pegunungan, tetapi juga udara segar dari pepohonan yang berdiri di sekitar tempat wisata. Selain itu, kebersihan tempat wisata sampah juga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke sini. Sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang ingin mengajak keluarga berlibur.

3. Dilengkapi dengan spot foto dan wahana seru

Daya tarik lain dari tempat wisata ini adalah adanya spot foto keren dan wahana mendebarkan yang wajib dicoba. Guna menarik lebih banyak pengunjung untuk datang ke tempat wisata ini, pengelola juga telah menambahkan beberapa fasilitas yang dijamin akan meningkatkan kualitas liburan keluarga. Kehadiran spot foto dan beberapa wahana terbukti mampu menarik pengunjung untuk menghabiskan liburannya di sini.

Ternyata, bukan hanya keindahan pemandangan alam yang datang secara alami. Situ Bagendit juga memiliki berbagai spot foto menarik dan lucu yang bisa dijadikan spot foto oleh wisatawan. Spot foto yang disediakan terkesan kontras dengan keindahan pantai. Cocok untuk para wisatawan yang ingin berfoto-foto yang tidak ingin melewatkan momen liburan mereka di sini.

Tak hanya keindahan danau dan keragaman spot foto yang menjadi incaran pengunjung, keberadaan beberapa wahana yang tersedia di sini juga menjadi daya tarik utama danau ini. Banyak wahana yang tersedia seperti sepeda air, penyewaan perahu rakit dan masih banyak lagi. Pengunjung bisa mencoba menaiki wahana tersebut dan dijamin menjadi liburan yang tak terlupakan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Daya Tarik Situ BagenditKredit gambar: Google Maps Annisa Listiana

Situ Bagendit adalah salah satu danau yang terletak di Garut, Jawa Barat. Lokasi telaga indah ini hanya berjarak 4 km dari pusat kota Garut. Akses menuju danau ini sangat mudah ditambah dengan jalan yang cukup lebar dan bagus. Hal ini dikarenakan danau ini sudah terkenal bahkan banyak pengunjung yang datang dari luar negeri, maka dari itu penting untuk memperhatikan akses jalan menuju kesini.

Waktu tempuh untuk mengunjungi danau cantik ini berkisar 30 menit dari hiruk pikuk kota Garut. Waktu tempuh ini juga tergantung banyaknya wisatawan yang datang, biasanya saat menjelang libur lebaran atau libur promosi kelas, jalan menuju lokasi akan sedikit ramai. Mengingat keindahan yang disuguhkan oleh danau yang megah ini, membuat orang-orang datang ke sini.

Pengunjung yang ingin datang dapat menggunakan kendaraan umum seperti bus atau kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor. Para wisatawan yang datang dapat memarkir kendaraannya di area parkir, sehingga para wisatawan yang berniat mengunjungi danau ini tidak perlu khawatir dengan lahan parkir yang sempit karena pengelola danau telah menyiapkan lahan parkir yang cukup luas.

Rute menuju lokasi berbeda-beda, salah satunya menuju terminal Garut – Banyuresmi. Lokasi ini berjarak kurang lebih 5 km dari terminal. Bagi wisatawan yang ingin menggunakan angkutan umum seperti angkutan umum dapat menuju terminal dan naik angkutan umum utama Garut – Banyuresmi. Kemudian berhenti di pintu masuk objek wisata tujuan.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Bagendit SituKredit gambar: Google Maps Andini Sopian

Tak hanya terkenal dengan danaunya yang jernih berpadu dengan pemandangan pegunungan. Situ Bagendit juga terkenal dengan biaya masuknya yang terjangkau. Mungkin ini juga yang menjadi daya tarik dari tempat wisata alam yang megah ini. Panorama yang disuguhkan sangat memanjakan mata dan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengunjungi objek wisata ini juga terbilang terjangkau.

Bagi pengunjung yang ingin liburan keluarga di sini harus menyiapkan dana sebesar Rp 20.000 per orang sebagai tiket masuk. Sedangkan bagi wisatawan yang membawa sepeda motor dapat menyiapkan dana sebesar Rp 2.000, bagi wisatawan yang membawa mobil dapat menyiapkan dana sebesar Rp 5.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Bagendit

Aktivitas di tempat di BagenditKredit gambar: Google Maps Sidiq Faizal Hakim

1. Nikmati pemandangan pegunungan

Situ Bagendit terkenal dengan panorama pegunungannya yang indah. Dari warna biru muda pegunungan yang berpadu dengan lukisan langit yang dihiasi awan putih. Wisatawan dapat melihat danau yang memiliki puncak gunung ini. Sangat kontras dalam segala hal. Tak heran jika objek wisata ini memiliki banyak pengunjung.

Wisatawan bisa menikmati pemandangan atau piknik kecil bersama keluarga tercinta sambil mengagumi pemandangan pegunungan. Selain itu, wisatawan juga bisa menyantap makanan yang disajikan oleh warung makan yang tersedia di sini. Bahkan ada restoran terapung yang tersedia, tentunya wisatawan bisa mencobanya. Dijamin jadi liburan seru yang tidak akan terlupakan.

2. Nikmati secangkir kopi di udara segar

Meski lokasi wisata Situ Bagendit tidak jauh dari kota Garut, namun AC di sana tetap asri karena berada di antara pegunungan. Ada banyak pohon yang tumbuh di sini. Sedangkan udara di sekitar area danau dikenal sejuk oleh para wisatawan yang datang. Selain itu, kualitas air yang jernih juga menjadi faktor yang membuat objek wisata ini menjadi favorit.

Pengunjung bisa bersantai atau menikmati menyeduh kopi sambil merasakan sejuknya suasana di sini. Pengunjung juga dapat mencicipi berbagai makanan khas daerah Garut, untuk menambah pengalaman bersantap telah disediakan beberapa tempat yang dapat digunakan pengunjung untuk duduk atau menikmati secangkir kopi panas.

3. Ambil foto yang bagus dan rasakan wahananya

Spot foto yang ditawarkan di sini tak kalah indah dengan pemandangan danau yang tersaji di atas sana. Rentang pegunungan yang megah menyatu untuk menghasilkan sudut yang tepat untuk foto. Sangat cocok untuk pengunjung yang menyukai aktivitas foto. Banyak wisatawan yang datang tanpa melewatkan kesempatan untuk berfoto di danau cantik ini.

Tak hanya spot foto, di sini juga terdapat berbagai wahana yang bisa dicoba wisatawan bersama keluarga. Seperti sepeda air, sewa perahu rakit dan berbagai wahana air yang akan mengajak wisatawan ke tengah danau. Lihat ikan-ikan kecil berenang di air danau yang jernih dan bersih. Tak sedikit pengunjung yang mengabadikan momen ini dalam jepretan kamera.

Fasilitas yang tersedia di Situ Bagendit

Fasilitas di BagenditKredit gambar: Google Maps Citra Dwi Ayuni

Lokasi wisata yang memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai pasti akan berdampak baik terhadap penilaian pengunjung dan meningkatkan kunjungan wisatawan. Apalagi fasilitas lengkap yang tersedia juga berdampak baik bagi pengunjung yang betah berlama-lama di suatu tempat wisata. Tanpa fasilitas yang lengkap, sebuah tempat wisata tentu akan sepi pengunjung.

Fasilitas yang disediakan pengelola Bagendit Situ sudah lengkap dan memadai. Pengunjung dapat menikmati indahnya panorama danau dengan difasilitasi oleh fasilitas yang tersedia. Seperti halnya pengunjung dapat merasakan serunya bermain permainan air atau tempat parkir yang cukup luas, pengunjung tidak perlu khawatir kehabisan tempat parkir.

Ini adalah hal-hal yang berhubungan dengan Situ Bagendit. Danau ini masih tergolong asri, tugas kita selanjutnya adalah menjaga kebersihan danau yang indah ini dengan membuang sampah pada tempatnya. Tidak hanya di sekitar danau, tapi juga dimanapun kita berada. Membuang sampah pada tempatnya akan memberikan dampak yang sangat baik bagi bumi yang kita huni.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button