Tips aman berkendara untuk membuka tempat wisata alam - WisataHits
Jawa Barat

Tips aman berkendara untuk membuka tempat wisata alam

oleh: galih Gaya Hidup Kamis, 24 November 2022 11.00

Mancode – Bagi warga Jakarta, salah satu tempat yang cocok untuk outdoor healing adalah kawasan Puncak, Bogor yang berjarak sekitar 90 km dan sekitar 2 jam perjalanan dengan mobil dari ibu kota.

Medan jalan yang cukup ekstrim, berkelok-kelok, tanjakan terjal dan jalan sempit tentunya membutuhkan bantuan kendaraan yang mumpuni dan keterampilan berkendara yang handal.

Untuk itu, Hankook Tire memberikan beberapa tips bagi pengendara yang ingin berwisata ke destinasi outdoor.

Membuat perkiraan jarak

Mengetahui jarak tempuh, Anda bisa mempersiapkan kebutuhan bahan bakar, kondisi ban, tool kit dan perlengkapan darurat lainnya. Ban secara khusus membutuhkan karakteristik ban dengan desain tapak yang lebih kasar dan lebih elastis agar berkendara lebih aman dan nyaman melewati berbagai jenis medan. Ban harus memiliki kemampuan pengereman yang baik di kondisi jalan basah maupun kering.

menjaga konsentrasi

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setyadi menyatakan 61% kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia. Oleh karena itu, hindari penggunaan ponsel, multitasking dengan aktivitas lain, dan rasa kantuk saat mengemudi, serta pastikan istirahat yang cukup dan hindari konsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan lemas saat mengemudi.

Tentukan beban kendaraan

Untuk kendaraan jenis MPV atau SUV disarankan maksimal membawa 8 orang termasuk pengemudi dengan berat maksimal 3.500 kg. Kombinasi kode angka dan huruf dapat dilihat pada ban yang menunjukkan indeks beban per ban mobil. Kendaraan yang kelebihan beban sering mengakibatkan ban meledak dan rem blong karena tekanan yang bekerja pada ban lebih besar, sehingga menimbulkan gesekan yang melebihi kapasitas ban.

Periksa kendaraan di depan jalan

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setyadi juga menyebutkan 9% penyebab kecelakaan dipicu oleh faktor teknis kendaraan. Periksa mesin kendaraan, kondisi air radiator, dan tekanan ban. Tekanan ban yang ideal adalah sekitar 32 hingga 35 psi (per inci persegi). Waktu untuk memompa ban mobil sebaiknya dilakukan pada saat ban dalam keadaan dingin. Karena jika dilakukan pada saat ban dalam keadaan panas maka tekanan udara akan meningkat dan terjadi pemuaian yang menyebabkan ban kehilangan udara. Periksa juga apakah ada benda atau kerikil yang menempel di ban agar kendaraan tidak selip saat dikendarai.

Sementara itu National Sales Manager Mobil Penumpang Radial PT. Apriyanto Yuwono, Hankook Tire Sales Indonesia, menjelaskan ban merupakan bagian penting dalam perjalanan.

“Ban bertindak sebagai tenaga penggerak, membawa beban dan membantu stabilitas saat melintasi medan yang berbeda. Ban kempes atau flat tyre merupakan salah satu pemicu kecelakaan yang sering terjadi di Indonesia. Jadi, pastikan Anda memilih ban yang tepat dan memeriksa kendaraan secara menyeluruh sebelum berangkat,” ujar Apri.

Hankook Tire memiliki tipe Dynapro AT2 Xtreme yang cocok untuk berkendara di luar ruangan. Ban all-terrain atau segala medan ini dapat memenuhi pengalaman berkendara yang maksimal baik di jalan off-road maupun jalan raya.

Ban ini memiliki desain tapak lebar yang memberikan traksi off-road namun tetap senyap saat dikendarai. Selain itu dilengkapi dengan berbagai fungsi proteksi pada ban, yang dapat melindungi ban dari berbagai benturan benda.

“Hankook Dynapro AT2 Xtreme ditujukan untuk mobil penumpang dengan traksi off-road di medan jalan berat dan produk ini menawarkan kenyamanan dan keamanan saat bepergian di luar ruangan,” tambah Apri.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button