Wisata Pantai Greweng Pantai Gunung Kidul dengan Gua Eksotis - WisataHits
wisatahits

Wisata Pantai Greweng Pantai Gunung Kidul dengan Gua Eksotis

Atraksi, aktivitas, lokasi, dan harga tiket Pantai Greeneng salah satu objek wisata bahari favorit di Girisubo, Gunung Kidul fitri, Yogyakarta. Pantai yang indah ini memiliki gua yang unik, tebing karang yang terjal, pasir yang lembut dan merupakan tempat berkemah yang populer.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Pendowo, Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Ada banyak pantai di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta yang masih terlihat alami dan sedikit orang yang menyentuhnya. Dengan cara ini, tempat-tempat ini sering disebut pantai “perawan” karena masih alami. Salah satunya adalah Pantai Greweng di kawasan Girisobu.

Banyak sekali fitur alam yang bisa dinikmati oleh masyarakat yang berkunjung ke objek wisata ini. Dengan alam yang masih terjaga dan bersih dari berbagai hal yang mengurangi keindahan, pengunjung akan merasakan sensasi yang berbeda. Seolah-olah mereka berada di tempat yang mempesona seperti sepotong surga di bumi.

Pasir di pantai ini terlihat putih bersih, yang menambah daya tarik tempat ini. Selain itu, ada juga sebuah gua tidak jauh di daerah pasir. Formasi tempat ini juga relatif tertutup karena deretan karang yang seolah menutupi pantai. Meski begitu, tempat ini tetap memiliki beragam pesona yang patut dicoba saat berkunjung ke kawasan Pantai Selatan.

Atraksi Pantai Greweng

Aktivitas Pantai GrewengKredit gambar: Google Maps Muhammad Kemal Al Ashri

1. Deretan karang menutupinya

Mungkin inilah yang menjadi fokus utama pengunjung saat pertama kali singgah di Pantai Greweng. Ada juga banyak ciri khas batuan karang wilayah selatan Yogyakarta. Uniknya, kawasan ini seolah tertutup oleh karang-karang tersebut dan terlihat seperti tempat tersembunyi.

Terlepas dari segalanya, masih ada ruang di antara dua barisan karang yang hampir menyatu menutupi tempat ini. Kesenjangannya cukup lebar sehingga pengunjung tidak perlu khawatir. Wisatawan masih bisa menikmati keindahan laut di Jawa Selatan. Ombaknya juga mendekat meski tidak terlalu ramai dan besar seperti tempat lain.

Di puncak perbukitan karst terlihat hijau karena ditumbuhi vegetasi alami. Hal ini juga menambah daya tarik karena jika dilihat terlihat lebih indah dan eksotis. Tak jarang orang rela datang ke sini dari berbagai tempat asal untuk melihat langsung dan mengabadikannya melalui potret yang dibuat.

2. Gua yang eksotis dan unik

Di tempat ini juga terdapat beberapa gua yang terbentuk dari bebatuan yang mengelilinginya. Beberapa gua ini terlihat unik dan rapi untuk dijelajahi pengunjung lebih jauh. Meski tidak terlalu dalam dan relatif hanya memiliki kedalaman yang dangkal, namun keberadaannya tetap bisa dijadikan spot foto yang mulus.

Karena itulah beberapa wisatawan Pantai Greweng ini sengaja menyediakan perlengkapan yang cukup untuk melakukan kegiatan fotografi. Gua terlihat menjanjikan untuk menjadi objek yang tepat.

3. Kondisi alam yang menenangkan

Tempat wisata yang belum banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara ini masih memiliki kondisi alam tersendiri dan terkesan belum terjamah oleh manusia. Itulah mengapa nama objek wisata tersebut adalah “Virgin Beach”. Seolah-olah pantai ini masih suci dan belum pernah diubah oleh tangan manusia.

Dengan fakta ini, suasana di sana terasa menenangkan. Pengunjung bisa merasakan hembusan angin yang menerpa kulit tubuh dan menghamburkan pasir di atasnya. Memberikan kesan lebih tenang dan menyegarkan pikiran bagi siapa saja yang sedang beristirahat atau jalan-jalan sebentar.

Panorama alam yang disuguhkan juga menjadi daya tarik lain dari tempat tersebut. Hal ini dikarenakan pantai ini terlihat kecil namun memiliki area berpasir yang cukup luas. Area pasir putihnya memang luas karena menjorok ke dalam.

Lautnya yang biru sangat indah seolah berpadu apik dengan cakrawala yang menaungi. Walaupun tidak banyak sudut pandang yang bisa didapatkan oleh wisatawan, namun pemandangan di sana tetap indah dan sayang jika tidak dicoba untuk dieksplor lebih jauh.

Pantai Greweng sepertinya menjadi destinasi yang cocok bagi mereka yang mencari tempat untuk menenangkan diri atau menjernihkan pikiran dari berbagai hal yang melelahkan. Tidak jarang orang datang ke sini karena ingin mencari suasana baru kawasan Gunung Kidul yang memang kaya akan wisata tepi laut.

Formasi pantainya juga landai, sehingga tidak menyulitkan wisatawan yang ingin berjalan-jalan di sana. Pengunjung dapat melakukannya tanpa alas kaki karena perasaan kulit yang menyentuh pasir lembut secara langsung menjadi sesuatu yang menakjubkan.

Yang membuat kunjungan semakin menarik adalah jalur yang harus Anda ikuti untuk sampai ke lokasinya. Pepohonan yang tumbuh di bawah rindang ditemani bebatuan memang pemandangan yang sering kita lihat. Meski terdengar sederhana, wisatawan akan merasa kerja keras mereka terbayar begitu mereka tiba.

Alamat, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Pantai Greweng

Alamat Pantai GrewengKredit gambar: Google Maps Trisno Ary Budi

Lokasi pantai ini berada di sisi timur dua pantai indah lainnya, yaitu Pantai Jungwok dan Wediombo. Ketiga pantai tersebut memang tidak terlalu jauh dan cukup dekat. Sehingga pengunjung juga sering mengeksplor semua objek tersebut, karena sudah basah kuyup di dalamnya, merasa rugi jika tidak sekaligus mencobanya.

Terletak di Dusun Jepitu, Desa Pendowo tepatnya, Pantai Greweng tidak sulit ditemukan. Dari arah Wonosari, Yogyakarta, menuju ke timur menuju pasar. Setelah melewatinya, ada pertigaan dan ambil arah yang benar yang ditunjukkan oleh rambu jalan menuju Pantai Baron.

Lewati jalan setapak sekitar 10 kilometer menuju pertigaan yang mengarah ke pantai Wediombo. Lurus terus sampai Anda melewati Pasar Jepitu dan Anda akan menemukan pertigaan lain. Ambil arah kanan dan sampailah di tempat parkir wisata pantai Wediombo. Kendaraan harus diparkir di sana.

Pengunjung harus berjalan mengikuti rambu yang mengarah ke pantai. Arahnya sama kalau mau ke Jungwok. Setelah berjalan beberapa saat Anda akan menemukan pertigaan lain, tetapi kecil. Ambil arah kiri untuk hal yang sama. Total waktu tempuh dari tempat parkir ini kurang lebih 20 menit.

Hal yang membuat berkunjung ke tempat ini yaitu pengunjung membeli tiket masuk dalam satu paket dengan beberapa pantai di sebelahnya seperti pantai Wediombo. Cukup membayar 5.000 rupee, maka Anda dapat dengan bebas menikmati seluruh area. Namun, jika Anda ingin berkemah di sana, Anda juga harus menambah biaya, tetapi hanya untuk biaya parkir.

Biaya parkir di Pantai Greweng hanya 3.000 untuk mobil dan 2.000 untuk pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua. Namun, jika ingin mendirikan tenda untuk camping, tarifnya akan naik. Pengunjung dengan kendaraan bermotor harus membayar harga yang sama dengan tiket masuk. Sedangkan mereka yang membawa mobil membayar dua kali lipat.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Greweng

Aktivitas Seru di Pantai GrewengKredit gambar: Google Maps Muhammad Kemal Al Ashri

1. Memancing dari tebing

Meski berada di tepi laut, pengunjung bisa memancing di sekitarnya. Keberadaan batu karang yang menjulang tinggi di sekitar tempat ini sangat cocok sebagai tempat memancing para wisatawan. Kegiatan tersebut akan terasa berbeda karena berlangsung di kawasan pantai.

Perlu dicatat bahwa tidak banyak fasilitas yang tersedia di lokasi. Inilah mengapa pengunjung Pantai Greweng sangat perlu membawa banyak perlengkapan jika ingin melakukan aktivitas ini sendirian. Meski hasilnya tidak memuaskan, setidaknya bisa menyenangkan untuk dilakukan dengan hubungan tamu.

2. Berkemah di pantai

Sama seperti pantai terdekat, pengunjung juga bisa berkemah semalaman. Karena tidak banyak akomodasi, ini juga merupakan alternatif yang sangat menyenangkan untuk dilakukan.

3. Nikmati indahnya matahari terbenam

Pantai Greweng juga merupakan tempat yang bagus untuk dinikmati saat matahari terbenam. Sangat indah karena langit berwarna-warni karena gradien yang rapi dikombinasikan dengan birunya air laut yang memantulkannya dan ditambah dengan dekorasi alam yang menakjubkan.

Penginapan murah terdekat dengan lokasi pantai

Penginapan murah terdekat dengan lokasi pantaiKredit gambar: Google Maps Risa Sugiyanto

1. Pondok dan Restoran Joglo Wediombo

Hostel ini cukup nyaman untuk digunakan sebagai tempat bermalam. Setidaknya ada dua jenis kamar yang bisa disewakan kepada pengunjung setiap malamnya. Harga sewanya juga cukup terjangkau untuk fasilitas yang memuaskan pelanggannya.

Beberapa hal yang bisa didapatkan pengunjung antara lain kasur empuk dengan selimut dan kursi di kamar mereka. Kamar mandinya juga dilengkapi dengan wastafel dan juga ada kipas angin. Restoran di hostel ini juga bisa Anda temukan untuk mengisi perut Anda.

2. Akomodasi dan Restoran ROOSYTA

Tempat ini tidak jauh dari pantai Greweng, bahkan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Para tamu yang datang dapat menikmati berbagai hal yang ditawarkan oleh pengelola hostel ini.

Meski terlihat sangat sederhana, menginap di sana tetap menjadi alternatif yang sangat cocok untuk dipilih. Harga yang harus dibayar jika ingin menyewa sehari semalam juga sangat murah. Itu sebabnya banyak orang juga tertarik ke tempat ini.

3. Pondok Lembah Bukit

Meski tempat ini terlihat sangat sederhana, tidur di sana juga nyaman. Hal ini karena selalu bersih. Selain itu, tarif menginapnya juga murah, bahkan mulai di bawah 100.000. Kamar mandi bekas juga ada di kabin yang ditempati, dan para tamu bisa menikmati berbagai fasilitas lainnya.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Greweng Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Greweng Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Ratna Novia Arendita

Tempat ini masih belum memiliki fasilitas yang lengkap seperti tempat lainnya. Meski begitu, saat pengunjung berjalan kaki untuk menuju ke sana, sudah ada jalan setapak yang kondisinya cukup baik. Selain itu, ada juga beberapa kabin toilet yang bisa digunakan oleh wisatawan yang membutuhkan.

Meski tidak terlalu banyak lampu yang menerangi tempat dan jalan di sekitar pantai, tempat ini tetap asyik untuk dikunjungi. Karena itu, pengunjung harus menyiapkan berbagai kebutuhan, termasuk senter, jika ingin berkemah. Namun ada beberapa warung makan yang siap melayani pengunjung.

Berkunjung ke kawasan Gunung Kidul akan selalu menghadirkan pengalaman liburan yang menyenangkan. Dari sekian banyak pantai yang ada, Pantai Greweng bisa menjadi alternatif yang cocok. Apalagi jika Anda datang bersama teman-teman. Akan sangat menyenangkan untuk menikmati tempat ini seolah-olah itu milik pribadi. Objek ini juga terbuka lebar selama sehari penuh.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button