Rawa Pening, wisata danau yang menawan di Ambarawa Semarang - WisataHits
wisatahits

Rawa Pening, wisata danau yang menawan di Ambarawa Semarang

Danau Rawa Pening memiliki keindahan alam Tidak eksotik menarik untuk dijelajahi di Ambarawa, Semarang. Danau ini dengan pemandangan gunung juga dibebankan legenda yang menarik untuk dijelajahi.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 08.00-21.00 WIB, Alamat: Jl.Lingkaran Selatan KM.3, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Rawa Pening, salah satu tempat di Smerang yang sangat menarik untuk dikunjungi. Nama danau eksotis ini berasal dari dua kata, yaitu rawa dan kincir. Kata pusing diambil dari kata jernih karena tempat ini memiliki air yang jernih. Danau yang terbentuk secara alami di kaki Gunung Ungaran ini memiliki pesona yang luar biasa.

Danau yang luas dengan air yang jernih akan menyambut wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Hal yang menarik dari destinasi wisata ini adalah panorama pegunungan yang indah dan megah yang mengelilinginya. Hamparan persawahan yang menghijau juga melengkapi keindahan rawa ini.

Danau Rawa Pening terletak di Ambarawa antara kota Salatiga dan kota Semarang, menawarkan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang eksotis pada waktu-waktu tertentu. Wisatawan akan menemukan berbagai hal menarik dan takjub dengan keindahan alam yang ada di destinasi wisata ini.

Tempat Wisata Rawa Pening Semarang

Atraksi Rawa VertigoKredit Gambar: Facebook Daniel Cheong Photography

Rawa Pening adalah sebuah danau yang eksotis. Selain pemandangan alam yang indah, rawa ini juga memiliki legenda yang menarik untuk diketahui.

1. Panorama rawa-rawa yang luar biasa

Tempat wisata yang terletak di sekitar pegunungan yang menghadap ke persawahan yang hijau memberikan suasana alam yang menarik. Danau ini dihiasi dengan banyak eceng gondok dan banyak ikan hidup di rawa ini.

Saat cuaca cerah, wisatawan bisa melihat terjalnya Gunung Merbabu dan Gunung Ungaran tidak jauh dari lokasi. Di kawasan ini, wisatawan bisa menyaksikan aktivitas para nelayan dan deretan keramba tempat ikan dibesarkan. Masyarakat sekitar memanfaatkan rawa ini sebagai tempat memancing.

Selain pemandangannya yang menarik, rawa ini memiliki legenda yang menarik. Rawa Pusing akan menjadi sebuah desa yang disebut Desa Malwapati. Desa tersebut mengalami banjir yang begitu parah sehingga menyebabkan wilayah desa terendam. Konon air yang meluap ini berasal dari sebatang tongkat.

Tongkat yang ditancapkan adalah tongkat jelmaan ular naga. Penjelmaan ular naga tersebut diberi nama Baru Klinting, Baru klinting lahir dari istri Ki Hajar Salonkotoro yang terkenal dengan kesaktiannya. Baru Klinting merasa sakit hati karena ketika sedang mencari makan, warga desa sepertinya tidak menyukainya karena baunya yang tidak sedap. Akhirnya, ia mengadakan sayembara untuk mencabut tongkat tersebut.

2. Vertigo oleh Savana Rawa

Saat musim kemarau, rawa ini akan menghadirkan sesuatu yang berbeda, yaitu terbentuknya kawasan wisata baru yang menyandang nama Sabana Rawa Pening. Padang sabana ini menjadi daya tarik baru di tempat wisata ini.

Wisatawan harus berjalan kaki dengan jarak sekitar 100 meter untuk bisa sampai ke tempat ini. Namun perlu diketahui bahwa saat musim hujan tiba, kawasan ini akan terendam air. Jadi jika Anda ingin melihat sabana, Anda harus datang saat musim kemarau.

3. Bukit Cinta

Tempat Wisata Rawa Pening SemarangKredit Gambar: Instagram Semarang

Di kawasan ini terdapat Bukit Cinta yang merupakan bukit kecil yang sebelumnya digunakan oleh pemerintah kolonial Belanda sebagai gardu induk untuk memantau pertumbuhan eceng gondok di Danau Rawa Pening. Bukit Cinta berada di tepi danau ini.

Pada zaman dahulu, tempat ini digunakan sebagai tempat pertemuan oleh pasangan muda. Maka tempat ini disebut Bukit Cinta. Bukit yang berada di ketinggian 1500 mdpl ini memamerkan pesona keindahan perbukitan Ambarawa. Suasana sejuk dan damai bukit ini memberikan kenyamanan bagi semua wisatawan yang datang.

Selain itu, ada juga love lock spot di Love Hill dengan background danau. Ada banyak tempat eksotis di tempat ini. Selain view, ada Joglo, showroom ikan, perahu motor dan toko oleh-oleh khas desa Kebondowo. Dari Bukit Cinta, pengunjung bisa berjalan kaki ke tepi Rawa Pening untuk menikmati panorama.

4. Desa Terapung

Jika Anda mengunjungi wisata danau ini, Anda akan menemukan Kampung Rawa. Ada juga restoran terapung di area ini. Ruang makan terapung ini mampu menampung 300 kursi turis. Wisatawan akan ditarik dengan rakit untuk sampai di lokasi utama.

Bahan makanan yang digunakan di restoran ini adalah hasil budidaya penduduk setempat sehingga kondisinya segar dan enak. Menikmati hidangan yang dikelilingi pemandangan rawa-rawa yang indah tentu bisa menjadi pilihan yang menarik.

5. Dekat dengan tempat wisata lainnya

Bagi wisatawan yang tidak puas hanya mengunjungi satu objek, tidak jauh dari danau ini terdapat objek wisata menarik lainnya. Tempat wisata lain di sekitar danau ini antara lain Museum Kereta Api Ambarawa, Candi Gedong Songo, Gua Maria, Taman SalokaDan seterusnya.

Alamat dan rute menuju Danau Rawa Pening

Alamat Danau Rawa PeningKredit gambar: Facebook Pegipegi

Danau indah ini terletak di Kabupaten Semarang, lebih tepatnya di Jalan Lingkar Selatan Kilometer 3 Ambarawa. Destinasi ini buka setiap hari. Untuk jam kerja, kawasan ini mulai beroperasi dari pukul 08:00 hingga 21:00 WIB. Akses menuju tempat ini cukup mudah karena lokasinya berada dipinggir jalan.

Jalan ini merupakan jalan yang ditempuh saat menuju Semarang – Yogyakarta. Lokasi ini dapat diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi untuk menuju tempat wisata ini.

Rute yang harus ditempuh wisatawan untuk sampai di Rawa Pening melewati jalan lingkar selatan kota Ambarawa. Jika Anda dari Semarang menuju Kota Solo menggunakan kendaraan pribadi, belok kanan ke pertigaan di kota Ambarawa. Kemudian, dari pertigaan, pilih jalan lingkar selatan.

Sedangkan untuk jalur lain yang bisa dilalui dari kota Semarang menuju tempat ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan jarak tempuh sekitar 34 km. Dari arah Semarang, wisatawan bisa menuju Ungaran. Kemudian pilih rute ke Jogja. Lokasinya tidak jauh setelah wisatawan belok kanan.

Sedangkan dari arah Salatiga, untuk menuju wisata Rawa Pening menggunakan kendaraan roda dua membutuhkan waktu sekitar 25 menit. Jika menggunakan kendaraan roda empat, perjalanan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 40 menit.

Wisatawan tidak perlu khawatir bosan karena di sepanjang perjalanan terdapat Gunung Ungaran dan Merbabu serta areal persawahan yang luas.

Harga tiket masuk Rawa Pening Ambarawa

Harga Tiket Rawa PeningKredit gambar: Twitter petualangan gunung

Biaya masuk ke tempat wisata ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu pada hari biasa dan pada hari libur. Pada hari biasa, wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang. Selama ini, pada hari libur, wisatawan harus membayar tarif Rp 3.500 per orang.

Lokasi wisata ini menawarkan jasa sewa perahu motor untuk digunakan di sekitar kawasan rawa. Biaya sewa perahu motor berkapasitas 6 orang sekitar Rp 80.000,-.

Wisatawan juga bisa menyewa perahu seharga Rp 30.000 selama 30 menit. Untuk menikmati wahana rekreasi anak-anak dan dewasa, termasuk becak air, Anda akan dikenakan biaya Rp 15.000 selama 15 menit.

Sedangkan biaya wahana ATV adalah Rp 30.000 selama 15 menit dan masih banyak wahana lainnya dengan harga yang bervariasi.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Danau Rawa Pening

Aktivitas di Danau Rawa PeningKredit Gambar: Instagram Misbahol Munir

1. Coba jalan-jalan di sekitar rawa dan di sekitar area rawa

Objek wisata ini dilengkapi dengan wahana yang bisa digunakan untuk bermain sehingga wisatawan ingin menghabiskan waktu lebih lama. Selain itu, wisatawan dapat berkeliling di kawasan rawa ini dengan menggunakan perahu.

2. Kunjungi tempat wisata lain di dekat Rawa Pening

Bagi wisatawan yang kurang puas berwisata ke tempat yang sama, Anda bisa mengunjungi objek wisata lain di sekitar wisata ini. Tempat wisata lain yang dekat dengan kawasan ini antara lain Museum Kereta Api Ambarawa, Wisata Terapung Kampung Raya, Umbul Ponggok, Candi Gedong Songo, dll.

3. Nikmati pemandangan di sekitar rawa

Perpaduan menakjubkan antara rawa, sawah dan pegunungan di sekitarnya membuat tempat wisata ini sangat mempesona. Selain itu, bila Anda berkunjung di pagi atau sore hari, pemandangan di sini akan semakin indah dengan pancaran warna jingga saat matahari terbit atau saat matahari terbenam.

4. Kunjungi Bukit Cinta

Wisatawan bisa mengunjungi Bukit Cinta yang dekat dengan objek wisata Rawa Pening. Untuk menuju ke sana, Anda perlu menyiapkan tenaga untuk berjalan mendaki bukit. Tidak perlu khawatir karena kerja keras Anda akan terbayar begitu Anda mencapai bukit. Keindahan pemandangan rawa dan sekitarnya terlihat jelas dari atas bukit cinta ini.

5. Berburu Kuliner di Restoran Terapung

Setelah seharian beraktivitas di tempat wisata ini, berburu kuliner menjadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan rasa lapar sambil beristirahat. Kekhasan tempat wisata ini adalah adanya restoran terapung di Kampung Rawa.

6. Memancing

Di sini ada banyak ikan yang diperbolehkan untuk ditangkap. Bagi yang hobi memancing, Anda bisa memanfaatkan tempat ini untuk melakukan aktivitas memancing. Anda bisa membawa alat tangkap dari rumah dan membawa pulang ikan yang Anda dapatkan. Jika tidak membawa alat pancing, disini juga ada tempat persewaan.

7. Perburuan Suvenir

Berkunjung ke lokasi wisata tentu kurang lengkap rasanya jika tidak mencari oleh-oleh khas. Untuk itu, Anda bisa membeli oleh-oleh di toko oleh-oleh yang ada di kawasan wisata Rawa Pening. Di sini terdapat banyak oleh-oleh atau kenang-kenangan khas Semarang yang cocok sebagai oleh-oleh untuk orang-orang di rumah.

Fasilitas yang tersedia di Rawa Pening Semarang

Fasilitas Menakjubkan Rawa SemarangKredit Gambar: Google Maps mengajarkan Loyalis

Kawasan wisata ini menawarkan berbagai fasilitas yang bisa dibilang cukup memadai. Fasilitas yang ada antara lain mushola, kamar mandi, rest area, tempat pemancingan dan masih banyak lagi.

Ada wahana yang bisa digunakan wisatawan, antara lain becak mini, perahu karet, ATV, bebek air dan lain-lain. Untuk memanfaatkan layanan sewa wisata, akan dikenakan biaya tambahan.

Selain itu, lokasi ini juga menawarkan fasilitas penyimpanan kendaraan bermotor dan pusat kerajinan. Tentunya dengan fasilitas utama tersebut, wisatawan akan merasa nyaman berwisata ke tempat wisata ini.

Rawa Pening memang menjadi salah satu destinasi paling menawan di kota Semarang. Jadi, ketika Anda berada di Semarang, jangan lewatkan kunjungan ke tempat wisata yang megah ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button