Tim mahasiswa SMK UNS membuat mesin serut bambu sangkar burung - WisataHits
Jawa Timur

Tim mahasiswa SMK UNS membuat mesin serut bambu sangkar burung

TEMPO.CO, solo – Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah mengembangkan alat yang cocok untuk pembuat sangkar burung di Desa Sambi, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Alat berbentuk mesin serut bambu yang dapat membantu mempercepat produksi sangkar burung.

“Mesin ini mudah digunakan, aman bagi operator dan berhasil menambah jumlah batang dalam satu kali operasi pencukuran hingga tiga kali lipat dibandingkan dengan cara manual,” kata Hammar Ilham Akbar, Research Group Leader D-3 Teknik Mesin. program studi di SMK di Solo, Selasa, 1 November 2022.

Menurut Hammar, membuat sangkar burung merupakan bisnis yang menjanjikan di tengah berkembangnya penggemar burung. Namun, kata dia, perajin menghadapi kendala, salah satunya keterbatasan alat produksi.

Dikatakannya, di tengah potensi saat ini dan permintaan pasar yang terus meningkat, proses produksinya masih manual dan sulit memenuhi permintaan. “Kondisi ini yang melatarbelakangi kami mengembangkan pisau cukur bambu untuk mempercepat produksi sangkar burung di Dusun Srimulyo,” ujarnya.

Mesin cukur bambu diproduksi dengan mempertimbangkan alat standar untuk produksi dan keselamatan pengguna. Mesin ini dirancang untuk kapasitas produksi sekitar 200 jahitan per jam dengan kebutuhan daya 750 watt.

Proses mencukur bambu dari penampang persegi panjang menjadi bulat berlangsung langsung saat batang bambu terlepas dari penggulung dan masuk ke silet. Ini karena putaran roller penggerak terhubung langsung ke roda gigi dan pisau cukur terhubung ke roda gila (roda gila).

“Silet berputar enam kali lipat dari putaran drive roller, sehingga batang bambu yang keluar dari silet berbentuk bulat, seperti bentuk lidi di sangkar burung,” kata Hammar.

Dikatakannya, kegiatan tersebut bekerja sama dengan Kelompok Kerajinan Home Industry (IRT) Pembuatan Bambu Batangan di Dusun Srimulyo, Desa Sambi, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen. Tim mahasiswa UNS juga memberikan dukungan pemasangan peralatan, mulai dari praktek langsung di lapangan hingga pelatihan perawatan peralatan.

Baca juga:
Pameran Pertahanan ID Defend: Agenda Hari Pembukaan dan Produk Rumah Tangga

Selalu Memperbarui informasi terkini. mendengarkan berita terkini dan pesan yang dipilih Tempo.co di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. Klik bergabung. Kamu harusUntuk memasang Aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button