Tim Bimasakti UGM Juarai Lomba Balap Mobil di Belanda - WisataHits
Yogyakarta

Tim Bimasakti UGM Juarai Lomba Balap Mobil di Belanda

Harianjogja.com, SLEMAN—Tim Bimasakti Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih kesuksesan kelas dunia dengan menjuarai kompetisi balap mobil di Belanda. Tim Bimasakti UGM meraih Juara 1 pada kategori Presentasi rencana bisnis dan Penghargaan Pejuang Emas dari kompetisi mobil balap Formula Student Netherlands (FSN).

Kompetisi ini berlangsung kemarin dari tanggal 9-14 Juli 2022 di Sirkuit TT Assen di Belanda. FSN adalah kompetisi mobil balap untuk pelajar.

BACA JUGA: Jelajah Pansela Trail, Tim Harian Jogja Kaji Destinasi Wisata dan Potensi Ekonomi Baru

Tantangan yang harus dihadapi tim dalam kompetisi ini antara lain merancang dan mengembangkan mobil balap formula mulai dari desain, rekayasa, hingga peluang bisnis.

Kapten Tim Bimasakti UGM Aditya Maheranta mengatakan sebanyak 44 tim dari 15 negara di dunia mengikuti FSN 2022. Tim Bimasakti juga menempati posisi keenam dalam kompetisi ini Presentasi desain konstruksikelas 11 Presentasi tentang analisis biayadan tempat ketujuh Total kelas kendaraan pembakaran.

“Tim Bimasakti UGM merupakan satu-satunya tim non-Eropa yang lolos pemeriksaan, dengan hanya sembilan mobil kelas Pembakaran yang lolos pemeriksaan,” katanya, Selasa (19/7.2022).

Aditya mengatakan ini merupakan pengalaman baru baginya karena standar kompetisi dan pengujian keamanan kendaraan lebih tinggi di kompetisi ini. Level tinggi ini menjadi tantangan bagi kerja sama tim di hari-hari awal balapan.

Menurut dia, juri menilai sejumlah komponen mobil Bimasakti UGM masih perlu diperbaiki. Juri juga menilai mobil Bimasakti UGM tidak berpeluang lolos pemeriksaan. Dia tidak menyerah, mengatakan tim melakukan perbaikan dan peningkatan di lokasi balapan dengan peralatan dan anggota yang terbatas.

“Akhirnya kami dinyatakan lulus dan diberi kesempatan untuk bertanding di kategori tersebut kegigihanujar mahasiswa teknik mesin UGM ini.

Sementara itu, Fauzun, pembina tim Bimasakti UGM, mengatakan pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dari tahap desain hingga kompetisi. Pencapaian ini tak lepas dari dukungan berbagai pihak.

BACA JUGA: Mengenal Candi Risan Peninggalan Purbakala yang Menandai Perbatasan DIY dan Jawa Tengah

“Keikutsertaan tim Bimasakti yang baru pertama kali mengikuti FSN 2022 dapat meraih berbagai penghargaan, tentunya merupakan hal yang sangat membanggakan dan membuat UGM dan Indonesia bangga di mata dunia,” ujarnya.

Ia berharap kesuksesan ini akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang. “Untuk prestasi yang lebih tinggi,” harapnya.

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button