Tim Amba Gegesiku sukses mempersembahkan PERKARA di Urban Village D'Fest 2022 Telkom University - WisataHits
Jawa Barat

Tim Amba Gegesiku sukses mempersembahkan PERKARA di Urban Village D’Fest 2022 Telkom University

Tim Amba Gegesiku sukses mempersembahkan PERKARA di Urban Village D’Fest 2022 Telkom University

RADARBANDUNG.id, BOJONGSOANG Di awal tahun 2023 ini, acara besar dimeriahkan oleh mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Telekom, yaitu Urban Village D’Fest 2022, Sabtu (1/7).

Urban Village D’Fest merupakan acara besar bagi mahasiswa Komunikasi Universitas Telkom jurusan Komunikasi Pemasaran.

Tim Amba Gegesiku sukses mempersembahkan “PERKARA” di Urban Village D’Fest 2022 Telkom University

Acara ini berlangsung setiap tahun dan menyajikan topik-topik menarik di desa-desa di Jawa Barat. Pada tahun 2022, Urban Village D’Fest mengusung tema “Sustainable Tourism” yang akan menampilkan desa-desa wisata di Jawa Barat.

Salah satu pesertanya adalah Desa Wisata Gegesik Kulon Cirebon yang akan dibawakan oleh tim Amba Gegesiku.

Deputy Project Manager Amba Gegesiku Sadam Rahadian mengatakan, Amba Gegesiku ingin menunjukkan pesona keragaman karya dan budaya yang ada di Desa Gegesik Kulon, Kecamatan Gegesik, Cirebon.

“Secara umum, kami ingin menampilkan pesona ragam karya dan budaya di Desa Gegesik Kulon. Jadi yang ingin kami hadirkan di sini adalah ya, kami ingin menghadirkan keragaman karya dan budaya di desa Gegesik Kulon,” kata Sadam.

Sadam menjelaskan, Amba Gegesiku telah berdiri sejak awal 2022, menjalankan kampanye online dan offline untuk beberapa sekolah di Bandung, Jawa Barat.

“Untuk kampanyenya sendiri kemarin kami punya nama ‘Amba Demonstrasikan Kasus’ yang merupakan bagian dari jalan menuju kampanye. Kasus di sini mewakili Pesona Ragam Karya dan Budaya dimana kita menjangkau sekolah-sekolah offline untuk memberikan informasi tentang desa Gegesik Kulon dan potensinya,” kata Sadam.

Sadam juga melanjutkan terkait acara utama kampanye: “Untuk kampanye utama kami memiliki sesuatu yang disebut ‘Talkshow Penjelajahan Kasus’ di mana para peserta yang mengikuti kegiatan talkshow memiliki kesempatan untuk berbicara langsung dengan kepala desa, kepala pariwisata, kelompok sadar bicara, serta seniman sekaligus guru budaya dari salah satu sekolah di desa Gegesik Kulon.”

Sadam memaparkan karya dan budaya wayang sebagai potensi utama yang diangkat oleh tim Amba Gegesiku pada acara Urban Village D’Fest 2022: “Potensi utama yang kami angkat adalah wayang. Namun, kami juga membawa pesona karya dan budaya lain yang juga ada di desa Gegesik Kulon, seperti ukiran kayu, kaca patri, repak kendang, ke dalam makanan khasnya, yaitu Geplak,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kinanti Rahayuningtyas, anggota departemen acara Amba Gegesiku juga menjelaskan bagaimana mengemas pesona karya dan budaya yang berbeda dalam acara Urban Village D’Fest 2022 ini.

Stan Amba Gegesiku pada acara Kelurahan dibagi menjadi lima area, kata Kinanti. Kinanti merangkum karya-karya yang masuk dalam booth Amba Gegesiku di acara Urban Village D’Fest 2022.

“Ada permainan yang berbasis kesenian khas Gegesik Kulon. Pameran Gegesiku yang berisikan koleksi kesenian yang ada di Gegesik Kulon seperti wayang, topeng, ukiran kayu, kaca patri dan semuanya didatangkan langsung dari Desa Gegesik Kulon. Lalu ada Memories of Amba yang memuat foto kru Amba datang ke desa Gegesik Kulon dan kesan pesan yang diberikan pengunjung booth Amba Gegesiku. Lalu ada Photobooth untuk mendapatkan film dokumenter dan polaroid gratis. Terakhir ada Gegesiku Merch, kumpulan merchandise yang diberikan kepada pengunjung,” jelas Kinanti.

Urban Village D’Fest selalu ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Tidak hanya wawasan, tetapi juga pengalaman yang luar biasa bagi seluruh mahasiswa program studi ilmu komunikasi Universitas Telekom.

Di tahun 2022 ini, Urban Village D’Fest diisi oleh delapan booth desa wisata dengan tema yang berbeda dan satu booth Urban Village OC.

Acara dibuka dengan presentasi dosen, penampilan dari masing-masing anggota tim desa masing-masing dan pemberian penghargaan dengan kategori Logo Terbaik, Jingle Terbaik, Ikhtisar Desa Terbaik, Sosial Media Terbaik, Iklan Layanan Masyarakat Terbaik, Maskot Terbaik, Pameran Terbaik Stand dan Performa Terbaik.

Pada Urban Village D’Fest 2022, Amba Gegesiku berhasil meraih penghargaan yaitu stand exhibition terbaik.

(Ryanto Maulana Iqbal – Telecom University)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button