Temuan baru! Di Soropaten Klaten Ada Batuan, Konon Bangunan Candi - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Temuan baru! Di Soropaten Klaten Ada Batuan, Konon Bangunan Candi – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Petugas dari Desa Soropaten, Kabupaten Karanganom dan Komunitas Pemerhati Cagar Budaya Klaten pada Selasa (25/10/2022) melakukan pemeriksaan di lokasi ditemukannya batu yang diduga merupakan bangunan candi. (Khusus/KPCB Klaten)

Solopos.com, Klaten — Diperkirakan bangunan candi berdiri di atas wilayah desa Soropaten, kabupaten Karanganom. Sisa bangunan candi masih berada di areal persawahan desa setempat.

Hal itu terungkap dari temuan Komunitas Pemerhati Cagar Budaya (KPCB) Klaten saat berkunjung ke Soropaten, Selasa (25/Oktober 2022). Bersama aparat desa setempat, KPCB mengunjungi sejumlah situs yang diyakini memiliki peninggalan cagar budaya.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

Batu yang diyakini sebagai bangunan candi itu ditemukan di area persawahan yang diyakini sebagai Wingit. Di tempat ini terdapat gundukan tanah yang dikelilingi oleh bebatuan candi.

Humas KPCB Klaten Hari Wahyudi mengatakan banyak ditemukan batu candi yang lebih berani di kawasan ini. Fragmen Yasti juga ditemukan.

“Diperkirakan masih ada candi di bawah tanah. Dilihat dari ukuran batunya, candi ini cukup besar,” kata Hari Solopos.comRabu (26/10/2022).

Baca juga: Ada Batu Keramat di Klatenplatz, Dulunya Tempat Sesaji

Candi yang pernah berdiri di kawasan Soropaten ini konon bercorak Buddha. Hal ini didasarkan pada temuan fragmen Yasti yang identik dengan candi Budha. Jejak peninggalan sejarah diyakini sudah ada sejak abad ke-9.

Hari menjelaskan, penemuan batuan yang diduga sebagai struktur candi itu terhitung temuan baru. Sejauh ini belum ada data yang menyebutkan bahwa pernah ada sebuah candi di kawasan Soropaten.

Dalam peta yang dibuat oleh penjajah Belanda, area tempat candi tidak ditandai. Hari berharap batu-batu candi yang ditemukan di kawasan itu tetap dilestarikan.

Baca Juga: Website Mbah Gempur Klaten Meninggalkan Banyak Misteri Yang Belum Terpecahkan

Salah satu warga Soropaten, Sri Nugroho, mengatakan sesepuh desa mengatakan bahwa sebuah pura pernah dibangun di kawasan Soropaten. Namun, lokasi candi ini pernah berdiri belum diketahui secara pasti.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button