Tiket masuk dan aktivitas TELAGA MENJER - WisataHits
wisatahits

Tiket masuk dan aktivitas TELAGA MENJER

Biaya masuk Telaga Menjer : Rp 5.000Jam buka: 24 jamTidak. Panggilan: Alamat: Maron, Garung, Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia, 56353

Wonosobo terkenal sebagai daerah di Jawa Tengah yang menawarkan pemandangan indah. Apalagi kabupaten ini semakin terkenal karena dataran tinggi Dieng yang penuh pesona. Di luar Dieng, ternyata ada satu danau yang dirindukan wisatawan, yakni Danau Menjer.

Keberadaan tempat wisata yang terkesan tersembunyi ini membuat sedikit wisatawan yang datang ke sini. Padahal, alam Telaga Menjer begitu indah sehingga memanjakan mata. Lingkungannya yang masih sangat asri menjadi penyejuk bagi siapa saja yang datang ke sini.

Sejarah Danau Menjer

Danau Menjer terbentuk akibat letusan Gunung Pakuwaja di masa lampau. Sebelum terjadi letusan, danau ini hanyalah sebuah mata air kecil. Yang kemudian akan mengembang saat hujan.

Pada tahun 1980, Telaga dikuras karena ada kecenderungan kebocoran bagian bawah. Kemudian dengan bantuan para ahli Rusia untuk mengatasi masalah ini. Juga, pembangunan pembangkit listrik tenaga air dengan bantuan tenaga ahli Jepang.

Sementara itu, menurut masyarakat, warga Desa Menjer sudah menemukan telaga ini. Oleh karena itu disebut Telaga Menjer, yang sebenarnya terletak di desa Maron.

Harga tiket masuk Danau Menjer

Untuk memasuki objek wisata yang indah ini, berlaku biaya masuk yang cukup murah. Tidak ada perbedaan harga untuk hari kerja atau akhir pekan. Juga termasuk, tidak ada perbedaan untuk harga dewasa dan anak.

Harga tiket masuk Danau Menjer
Tiket masuk Rp5.000

Baca: Tiket Masuk dan Pesona Telaga Warna Dieng

Jam Buka Telaga Menjer

Kawasan wisata ini buka 24 jam sehari. Namun, alangkah baiknya jika pengunjung datang pada pagi hari. Karena pada sore hari biasanya kabut turun sehingga pemandangan tidak jelas.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Pesona alam Wisata Danau Menjer

Keindahan pesona alam Danau MenjerKeindahan pesona alam Danau Menjer. Foto: Google Maps/Dody Hananto

Tempat wisata alam ini berada di ketinggian minimal 1.300 meter di atas permukaan laut. Tak heran jika tempat wisata seluas 70 hektar ini begitu keren. Udara segar adalah tempat yang tepat untuk menyejukkan diri guna menyegarkan kembali semangat.

Danaunya sendiri masih sangat asri, dengan air yang begitu jernih. Saat kedalaman danau mencapai 45 meter, itu memantulkan semua benda di sekitarnya. Seperti cermin alam raksasa yang membentang ke alam.

Baca: Tiket Masuk Dataran Tinggi Dieng dan Kawasan Wisata

Pengunjung juga bisa melihat indahnya hamparan perbukitan hijau yang mengelilinginya. Seperti benteng keindahan danau ini. Ditambah dengan pohon pinus yang tumbuh subur di sekitar danau.

Dimanjakan oleh alam yang mempesona

keindahan perbukitan di sekitar Lac du JerPanorama keindahan alam di sekitar danau. Foto: Gmap/Juli Anto

Selama perjalanan menuju objek wisata, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Yaitu deretan pohon yang begitu indah, seperti menyambut kedatangan wisatawan. Ditambah lagi dengan pemandangan pedesaan yang bisa dilihat dari sini.

Sayangnya, sedikit wisatawan yang mengetahui objek wisata ini. Hal itu terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang. Tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu ramai.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Batu Pandang Ratapan Angin Dieng

Hal ini dimungkinkan karena letak danau yang cukup tersembunyi. Mengelilingi perbukitan yang membuatnya semakin misterius.

Mengelilingi danau dengan perahu

keliling danau dengan perahuMengelilingi danau dengan perahu. Foto: Gmap/Ghina Rosdiani

Di sini ada deretan perahu sewaan untuk pengunjung. Ikuti tour menikmati keindahan alam di atas permukaan air danau. Sambil menikmati angin sejuk yang menenangkan.

Selama kurang lebih 30 menit pengunjung akan mengelilingi danau. Saksikan hamparan tenang air yang siap dibelah oleh perahu. Kemudian melewati semak-semak dan pinus yang begitu indah.

Baca: Tiket Masuk dan Pesona Kawah Sikidang Dieng

Jika beruntung, pengunjung akan menjumpai kawanan monyet yang sedang bermain. Saat ini, pengemudi perahu akan memperlambat laju perahu saat mendekati kawanan monyet. Jadi siapkan kamera Anda untuk mengabadikan tingkah lucu monyet-monyet ini.

Ikan di alam

Selain sebagai objek wisata dan pembangkit listrik tenaga air, Telaga Menjer juga berfungsi sebagai tambak ikan. Masyarakat juga memanfaatkan air danau alami ini untuk budidaya ikan.

Selain itu, pengunjung juga bisa memancing di danau ini. Bagi yang hobi memancing bisa membawa alat tangkapnya untuk berburu ikan di sini.

Meredakan

Sebagai objek wisata, Telaga Menjer tidak menyediakan fasilitas yang memadai. Nyatanya masih terlihat apa adanya dan tidak dikelola dengan baik. Oleh karena itu pengunjung harus menyiapkan perbekalan sendiri saat berkunjung ke sini.

Lokasi Danau Menjer

Kawasan obyek wisata alam ini terletak di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Jaraknya sekitar 12 km dari kota Wonosobo. Untuk menuju ke sana, pengunjung bisa menggunakan kendaraan umum menuju Dieng.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button