Tiket dan Atraksi AIR TERJUN SIKULIKAP - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Atraksi AIR TERJUN SIKULIKAP

Harga tiket masuk air terjun Sikulikap : Rp 5.000 – Rp 60.000

Air Terjun Sikulikap adalah wisata air terjun yang terletak di kabupaten karo, sumatera utara. Berada di bawah kawasan Penatapan Doulu, air terjun dengan ketinggian minimal 30 meter ini sangat megah.

Berwisata ke destinasi alam tersebut, wisatawan bisa mencium aroma hutan pinus di sekitarnya. Lokasi tersebut juga menjadi lokasi pilihan untuk berbagai kegiatan wisata maupun olahraga.

Tiket Masuk Air Terjun Sikulikap

Biaya masuk
Tiket masuk pejalan kaki Rp 5.000
Tiket masuk sepeda motor Rp20.000
Tiket masuk dengan mobil 60.000 rupiah

Baca: Tiket Masuk dan Wahana BUKIT GUNDALING Karo

Jam Buka Air Terjun Sikulikap

Waktu operasional Jam buka
Setiap hari 24 jam

Berbagai aktivitas wisata di Air Terjun Sikulikap

Selain menikmati air terjun, berbagai aktivitas lain juga bisa dilakukan di objek wisata ini. Misalnya kegiatan Di luar berkemah atau mendaki. Padahal keindahan alam di sekitarnya cukup menenangkan bagi wisatawan. Berikut beberapa aktivitas pilihan di kawasan wisata air terjun ini.

Perjalanan santai ke air terjun

Rute trekking menuju air terjun Sikulikap Karo di Sumatera Utara tertata dan terkelola dengan baik - nickyfitrianiJalur pendakian menuju air terjun ditata dengan hati-hati dan dikelola dengan baik – Foto: Instagram/nickyfitriani

Pintu masuk lokasi air terjun berada di dekat pintu gerbang perbatasan Deli Serdang – Kabupaten Karo. Dari kiri gerbang, wisatawan bisa mulai berjalan menyusuri jalur pendakian menuju air terjun. Sedangkan jaraknya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 15 menit jalan kaki.

Jalur pendakian telah ditata dengan hati-hati dari beton dan tanah dengan kontur curam memiliki tangga. Akses telah dikelola dengan baik dengan pagar pengaman di kanan kiri yang mengarah ke jurang. Sepanjang perjalanan, wisatawan dipersilakan untuk menjelajahi petualangan wisata hutan.

Selama perjalanan hijau, pemandangan barisan pohon yang menjulang siap menemani Anda. Di sepanjang perjalanan, wisatawan dapat menemukan berbagai jenis jamur, mulai dari anggrek hutan hingga monyet gantung. Lebih dekat ke air terjun, wisatawan dapat mendengar sedikit gemuruh air yang mengalir.

Baca: Tiket Masuk SAPO JUMA Karo dan Ragam Kecantikan

Menikmati keindahan air terjun

Pintu masuk kawasan wisata air terjun Sikulikap KaroPintu masuk kawasan wisata Cascade – Foto: Instagram/airterjunsiulikap

Dalam bahasa lokal, Air Terjun Sikulikap disebut Sampuren Sikulikap. Aliran airnya jatuh dari tebing berbatu dari ketinggian sekitar 30 meter. Sedangkan curahannya dibingkai oleh tebing dan pepohonan dengan bebatuan di bawahnya.

Daerah sekitarnya adalah ruang hijau yang penuh dengan pepohonan dan tanaman yang rimbun. Sedangkan hutan merupakan bagian dari zona ekosistem Taman Nasional Gunung Leuser yaitu zona Lau Debuk Tanah Karo.

Di bawah air terjun terdapat tempat berteduh bagi wisatawan dengan atap ala budaya Karo. Berada di dekat air terjun, wisatawan bisa merasakan percikan air dan udara lembab. Suhu udara juga lebih sejuk dan memberikan rasa segar.

Baca: Tiket Masuk LAU KAWAR Karo dan Aneka Kegiatan

Rasakan kesegaran air dari mata air alami

pengunjung menikmati kesibukan air terjunCurug ini memiliki pencurahan air dari tebing berbatu dari ketinggian 30 meter – Foto: Instagram/bhagusardiansyah98

Aliran air terjun ini memiliki debit air yang cukup besar. Oleh karena itu, mandi atau berenang langsung di bawah air terjun sangat tidak disarankan.

Wisatawan dapat mencium bau air dingin alami dari tepi sungai. Airnya berasal dari Taman Hutan Raya di Kawasan Hutan Lindung Bukit Barisan.

Baca: Tempat Wisata Terbaik di Karo

Bersantai di area Air Terjun Sejuk

Air Terjun Sikulikap terletak di daerah dataran tinggi yang khas berhawa sejuk. Keindahan air terjun dapat dilihat dari dermaga kecil yang tersedia. Dengan udara yang datang langsung dari Pegunungan Karo.

Destinasi wisata ini berada di tengah hutan Berastagi sehingga memiliki pemandangan yang indah. Terletak di bawah pandangan Doulu, wisatawan dapat menikmati aroma pohon pinus di sekitarnya.

Pilihan sudut foto yang instagramable

Ambil foto rumah pohon di depan Air Terjun SikulikapFoto-foto dari rumah pohon di depan air terjun Sikulikap – Foto: Instagram/ijal_mahendri

Pihak pengelola Cascade memang telah merencanakan beberapa wahana yang bisa dijadikan sebagai background foto. Namun, keindahan air terjun itu bahkan sudah terlihat sebelum sampai di lokasi. Tak heran banyak yang mengabadikan momen dalam perjalanan menuju air terjun.

Di sebelah air terjun terdapat gubuk bergaya etnik Karo yang biasa digunakan sebagai photo booth. Selain itu, ada juga rumah Hobbit dan rumah pohon yang tak kalah menarik. Dengan latar belakang air terjun yang deras, gambar yang diambil terlihat eksotis.

Eskalasi

Aktivitas pendakian di samping air terjunAktivitas olahraga ekstrim panjat tebing di samping air terjun Sikulikap – Foto: Instagram/fredensembiringmilala

Lokasi Air Terjun Sikulikap sudah lama menjadi spot favorit untuk panjat tebing. Destinasi wisata ini memiliki wajah bebatuan dengan tantangan pendakian yang cukup berat. Dengan sudut kemiringan vertikal hingga 90°, wisatawan lokal dan asing menikmati medan yang sulit.

Bahkan beberapa komunitas dan federasi yang menaungi para atlet melakukan latihan rutin di sana. Lokasi utama untuk olahraga ekstrim ini adalah tepat di sebelah sungai air terjun.

Di tempat ini wisatawan bisa berolahraga sekaligus menguji nyali dan adrenalin. Untuk menaklukkan medannya yang ekstrem, wisatawan harus membekali diri dengan peralatan keselamatan, pelatihan, dan disiplin.

Berkemah di sekitar air terjun

Berkemah di hutan sekitar air terjunMendirikan tenda dan bersantai di perkemahan – Foto: Instagram/novelionita

Kawasan wisata air terjun Sikulikap juga menawarkan kawasan khusus sebagai tempat perkemahan. Di kawasan ini, wisatawan bisa mendirikan tenda untuk bermalam dan beristirahat.

Kegiatan camping di kawasan air terjun Sikulikap memang menarik banyak peminat. Selain sifat tinggal di sini, wisatawan dapat merasakan sensasi petualangan Di luar.

Sesi foto sebelum pernikahan

Berada di kawasan hutan pinus, lokasi wisata Air Terjun Sikulikap memiliki efek dramatis. Tak heran jika tempat ini sering menjadi tujuan pemotretan prewedding. Deretan pohon yang menjulang tinggi menjadi pilihan calon pengantin mengambil tema foto alam.

Lokasi dan Akses Wisata Air Terjun Sikulikap

Objek wisata air terjun ini terletak di Desa Doulu Tanah Berastagi, Martelu, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 20357. Lokasi dapat ditempuh sekitar 2-3 jam perjalanan dari kota Medan dengan akses yang mudah.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button