Tiket Masuk CANDI PRAMBANAN dan Aktivitas - WisataHits
wisatahits

Tiket Masuk CANDI PRAMBANAN dan Aktivitas

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan : Rp 25.000 – Rp 85.000 Jam Buka : 06:30 – 17:00 Telp. Raya Solo – Yogyakarta No. 16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55571

Berkunjung ke Jogja belum lengkap rasanya jika belum berkunjung ke tempat bersejarah Candi Prambanan. Salah satu situs warisan dunia dan tujuan wisata yang baik bagi wisatawan yang menyukai sejarah.

Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tepatnya berada di jalan raya Solo-Yogya, sangat mudah diakses dengan kendaraan umum.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Yogyakarta

Berwisata ke Candi Prambanan di Yogyakarta tidak akan mengeluarkan banyak biaya. Karena harga tiket masuknya cukup terjangkau dengan fasilitas yang lengkap. Berikut tarif yang dikenakan oleh TWC (Taman Wisata Candi) yang mengelola situs candi Yogyakarta:

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan
Tiket masuk dewasa (10 tahun ke atas) Rp 50.000
Tiket masuk anak (3-10 tahun) Rp25.000
Tiket masuk untuk rombongan pelajar > 20 orang Rp25.000
Tiket Masuk Dewasa Kanal Prambanan-Borobudur Rp75.000
Tiket masuk kanal Prambanan-Borobudur untuk anak-anak (3-10 tahun) Rp 35.000
Tiket Masuk Dewasa Kanal Prambanan-Ratu Boko Rp85.000
Tiket Masuk Kanal Prambanan-Ratu Boko Anak (3-10 tahun) Rp 40.000
Tiket Masuk Dewasa Kanal Prambanan-Plaosan-Sojiwan Rp75.000
Tiket Masuk Kanal Prambanan-Plaosan-Sojiwan Anak-anak (3-10 tahun) Rp 35.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas CANDI BOROBUDUR

Informasi tentang kondisi akses selama periode pembukaan uji coba:

  • Minimal sudah melakukan vaksin dosis pertama.
  • Anak-anak di bawah 12 tahun dapat berkunjung dengan pendamping atau orang tua yang divaksinasi.
  • Unduh aplikasi Care to Protect di ponsel Anda.
  • Wajib mengikuti protokol kesehatan.
  • Selama masa pandemi, jumlah kunjungan maksimal berada di pelataran candi dan tidak bisa mendaki ke puncak.

Jam Buka Candi Prambanan

Taman wisata pura ini buka mulai pukul 06.30 hingga sore hari setiap hari.

Jam Buka Candi Prambanan
Tiket 06.30 – 17.00 WIB
Kunjungan ke halaman candi 07.00 – 17.30 WIB
Kunjungan ke taman wisata 06.30 – 18.00 WIB

Tempat Wisata Candi Prambanan

Aksara Prambanan RaksasaAksara raksasa Prambanan menjadi salah satu spot foto favorit pengunjung. foto: instagram/prambananpark

Saat memasuki area kompleks, pengunjung akan dibuat takjub dengan bangunan candi yang megah. Dengan total sedikitnya 240 candi dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Seperti rumah makan, tempat ibadah, tempat peristirahatan, lapangan, taman, kios cinderamata, dll.

Aktivitas di Candi Prambanan

Meski tempat wisata ini merupakan situs sejarah, namun pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai atraksi dan aktivitas menarik. Mulai dari air mancur menari, situs candi Prambanan, jalan-jalan foto Instagrammable hingga atraksi seni pertunjukan.

Baca: Tiket Masuk dan Spot Foto Lost World Castle di Sleman

air mancur menari

Di pintu masuk utama, pengunjung akan dihibur dengan air mancur menari. Lokasi pintu masuk ini juga sering digunakan untuk mengadakan acara mengumpulkan. Pengunjung yang antri bisa mengambil foto cantik di kawasan ini.

Situs Candi Prambanan

taman wisata candi prambananTaman Wisata Candi Prambanan. foto:/instagram/prambananpark

Dengan luas minimal 40 hektar, pengunjung bisa menikmati keindahan candi sambil berjalan-jalan. Bangunan candi semakin indah dengan hiasan relief naratif dari kisah-kisah epik Ramayana dan Krishnayana. Pengunjung dapat mempelajari seni sastra dan cerita fenomenal melalui relief cerita.

Plus, bagi yang tidak ingin berjalan kaki, tersedia persewaan mobil golf. Sambil jalan-jalan, Anda bisa menikmati pemandangan kompleks candi tanpa harus berjalan kaki. Sementara itu, harga sewa tetap terjangkau, berlaku selama 15 menit.

Baca: Tiket Masuk BREKSI Cliff Park dan 4 Aktivitas Terbaik

Joglo. Museum Rumah

Terletak tepat di utara kompleks berdiri Museum Rumah Joglo. Di dalam, pengunjung dapat melihat peninggalan situs candi berupa arca, arca, batu-batuan purba.

penampilan menari

Tari Ramayana di Candi PrambananSendratari Ramayana diadakan secara rutin. foto:/instagram/twc_mediaa

Pada saat bulan purnama, setiap bulan akan ada pentas balet Ramayana. Spesial ini biasanya berlangsung dari pukul 20.00 hingga 22.00 WIB. Balet adalah kombinasi dari drama tanpa dialog dan tarian. Adegan balet berada di panggung terbuka dengan latar belakang tiga pura (trimurti).

Pertunjukan ini berlangsung dalam 2 kelas yaitu kelas panggung terbuka dan kelas panggung tertutup. Jika cuaca memungkinkan, akan berlangsung di panggung terbuka dengan latar belakang candi. Pertunjukan ini berlangsung pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu (setiap bulan purnama).

taman hiburan

Setelah Anda selesai berjalan-jalan di sekitar kompleks candi, luangkan waktu untuk bersantai di taman. Wisatawan dapat menikmati keindahan kreasi tanaman kerokot yang berbentuk seperti kura-kura, pot bunga terbalik dan masih banyak lagi. Lokasi taman ini tidak jauh dari rumah makan Prambanan.

Baca: Tiket Masuk Merapi World Landmarks Park dan 8 Aktivitas Seru

Wahana Ayunan Langit Geyong

Ayunan GeyongAyunan De Geyong. foto:/instagram/twc+mediaa

Di sini, wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang kemegahan Candi Prambanan. Untuk merasakan ayunan De Geyong, pengujung harus membayar tarif khusus yang tetap terjangkau. Selama permainan, akhir dapat menyewa seorang fotografer untuk menangkap setiap momen.

Menunggang kuda

Di sekitar kompleks candi juga terdapat wahana berkuda. Untuk merasakan sensasi menunggang kuda, Anda akan dikenakan biaya Rp 50.000 untuk berkeliling kompleks. Jadi jika Anda ingin belajar menunggang kuda, Anda bisa. Selama 30 menit, pengunjung akan mendapatkan pelatihan dari instruktur.

Baca: Pendaftaran dan Kegiatan HEHA SKY VIEW

Interaksi dengan hewan

Di areal kompleks candi juga terdapat berbagai koleksi berbagai hewan. Pengunjung bisa langsung melihat rusa, kambing dan burung hantu. Selain melihat wisatawan bisa berfoto dengan berbagai hewan.

Lapangan Garuda Mandala Tama

tempat foto latar belakang candispot foto dengan background candi. foto: instagram/prambananpark

Lapangan ini terletak di sisi timur selatan. Ruang terbuka hijau ini paling sering digunakan untuk acara sedang makan malam, pernikahanpameran, acara keluar. Lokasinya yang dekat dengan tempat parkir memberikan kenyamanan tersendiri. Selain itu, kawasan ini cocok untuk wisatawan yang datang berkelompok dan memiliki agenda di luar.

Fasilitas lain

Ada banyak area foto menarik di sekitar kompleks ini. Dari font jumbo Prambanan, persewaan sepeda, stadion dari stadion hingga taman bermain.

Kemudian ada lapangan besar yang sering digunakan sebagai ruang pertunjukan. Mulai dari pertunjukan tari, konser musik jazz, pameran budaya hingga acara kenegaraan lainnya.

Alamat Candi Prambanan

Candi ini tepatnya berada di Jl. Raya Solo – Yogyakarta No. 16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571. Untuk petunjuk arah dan peta bisa menggunakan Google Maps. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Otoritas Pengelola Kawasan Wisata Candi Prambanan di media sosial Instagram atau hubungi 024 8646 2345.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button