Tiket masuk, atraksi, lokasi - WisataHits
Jawa Timur

Tiket masuk, atraksi, lokasi

JawaPos.com – Menghilangkan penat dalam urusan pekerjaan dapat dilakukan melalui penyegaran di tempat yang bernuansa alam. Selain itu, ada banyak kawasan desa wisata yang indah di Indonesia dengan keunikannya masing-masing. Itu bisa mengejutkan Anda dengan keindahannya yang indah dan menawan.

Tempat-tempat bernuansa alam cenderung membuat Anda rindu karena sulit ditemukan di ibu kota, Jakarta. Nah, buat kamu yang ingin mengunjungi desa wisata di Indonesia, berikut 5 rekomendasi yang wajib kamu kunjungi.

1. Desa Pujon Kidul, Malang

Desa Pujon Kidul, Malang. (Instagram kopicandipuro)

Desa Pujon Kidul merupakan sebuah desa di Kabupaten Malang dan memiliki keindahan alam. Misalnya sawah dan pegunungan. Di desa wisata ini kamu bisa berfoto selfie instagrammable, menikmati kuliner, menunggang kuda, hiking dan aktivitas seru lainnya.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan di Desa Pujon Kidul, Malang adalah outbond, camping, berkebun dan memetik sayur dan buah. Kemudian membuat aneka olahan susu murni, bermain gamelan, belajar tari tradisional, belajar membuat biogas, beternak dan lainnya.

Di Desa Pujon Kidul, Malang, Anda juga bisa menikmati pemandangan Gunung Kawi, Gunung Arjuno, dan Gunung Kelud yang sangat indah. Sangat cocok untuk anda yang suka berfoto selfie saat matahari terbenam.

Alamat: Desa Wisata, Pujon Kidul, Kecamatan Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Waktu aktif:

Hari jam tangan
Senin minggu 08.00 WIB – 18.00 WIB

Biaya masuk:

tiket Harga
Dewasa (akhir pekan & hari kerja) Rp12.500/orang
Anak-anak (akhir pekan & hari kerja) Rp12.500/orang

2. Desa Kete Kesu Toraja

Desa Kete Kesu Toraja. (Instagram novi_ophi)

Desa wisata terdekat di Indonesia adalah Desa Kete Kesu Toraja. Desa ini diakui sebagai desa yang berbeda dari yang lain karena desa Kete Kesu Toraja memiliki cerita sejarah tentang Tana Toraja dan kesuciannya.

Desa Kete Kesu yang terletak di kawasan pegunungan Tana Toraja, Sulawesi Selatan ini dikelilingi oleh persawahan. Desa wisata di Indonesia ini dianggap sebagai desa tertua di kabupaten Sanggalangi, yaitu berusia sekitar 400 tahun.

Jika Anda mengunjungi desa wisata di Indonesia ini, Anda akan melihat Bukit Buntu Ke’su, sebuah kuburan kuno yang berusia sekitar 700 tahun. Di sini Anda bisa melihat berbagai tengkorak dan tulang belulang nenek moyang, serta manusia biasa.

Alamat: Pantanakan Lolo, Kecamatan Kesu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Waktu aktif:

Hari jam tangan
Senin minggu 24 jam

Biaya masuk:

tiket Harga
Dewasa (akhir pekan & hari kerja) Rp15.000/orang
Anak-anak (akhir pekan & hari kerja) Rp15.000/orang

3. Desa Penglipuran Bali

Desa Penglipuran Bali. (inisial Instagram Villabali)

Desa Penglipuran Bali merupakan desa wisata di Indonesia yang sudah terkenal baik dikalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Daya tarik desa wisata ini terletak pada budaya dan adat Bali yang masih sangat kental.

Keunikan desa wisata ini berawal dari bahan bangunan utama yaitu bambu. Seperti furniture, pagar, pintu, atap dan masih banyak lagi yang menggunakan bambu sebagai bahan bakunya.

Desa Penglipuran Bali juga dikenal sebagai desa yang bersih dan asri. Desa wisata di Indonesia ini juga sering diakui sebagai desa terbersih dari dalam dan luar negeri.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di Penglipuran Bali antara lain mengunjungi hutan bambu, mengunjungi pura, membuat kerajinan tangan, mencicipi minuman Loloh Cemcem dan masakan Tipat Cantok yang khas dari Desa Penglipuran Bali.

Alamat: Jalan Penglipuran, Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

Waktu aktif:

Hari jam tangan
Senin minggu 08.15 WITA – 18.30 WITA

Biaya masuk:

tiket Indonesia Luar negeri
Dewasa (akhir pekan & hari kerja) Rp25.000/orang Rp50.000/orang
Anak-anak (akhir pekan & hari kerja) Rp15.000/orang Rp30.000/orang

4. Desa Sasak Sade Lombok

Desa Sasak Sade, Lombok. (Instagram Brigittaputeri)

Desa wisata di Indonesia yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Desa Sasak Sade. Desa ini terletak di kawasan Nusa Tenggara Barat. Daya tarik desa wisata ini terletak pada adat istiadat, kerajinan tangan dan juga keramahannya.

Anda bisa berbelanja di desa wisata ini untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman. Tempat ini menawarkan produk kerajinan seperti kain tenun, pakaian tradisional Lombok, makanan ringan, hiasan dinding dan banyak lagi.

Di sini Anda juga bisa mengunjungi Taman Pohon Cinta dan Menara Jati. Juga, di menara Anda dapat melihat pemandangan desa.

Alamat: Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

Waktu aktif:

Hari jam tangan
Senin minggu 08.00 WITA – 19.00 WITA

Biaya masuk:

tiket Harga
Dewasa (akhir pekan & hari kerja) Rp15.000/orang
Anak-anak (akhir pekan & hari kerja) Rp15.000/orang

5. Desa Wae Rebo Flores

Desa Wae Rebo, Flores. (Instagram pam_travelfamily)

Desa Wae Rebo Flores merupakan desa wisata di Indonesia yang terkenal dengan negeri di atas awan, kenapa demikian? karena ketinggian Wae Rebo mencapai 1.000 meter di atas permukaan laut yang dikelilingi perbukitan dan persawahan yang indah.

Desa wisata di Indonesia ini memiliki pemandangan alam yang indah yang masih sangat asri dan hijau. Itu bisa membuat Anda terpesona dengan keindahan alamnya.

Keunikan desa wisata lainnya di Indonesia adalah beberapa rumah adat khas desa Wae Rebo Flores. Penduduk desa percaya bahwa rumah adat memiliki makna kemanusiaan dengan alam dan manusia dan kesederhanaan hidup.

Untuk mengunjungi desa Wae Rebo Flores tidak dikenakan biaya masuk, biasanya biaya tersebut sudah menjadi satu dengan guide atau pemandu wisata.

Alamat: Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur

Waktu aktif:

Hari jam tangan
Senin – Jumat & Minggu 06.00 WITA – 18.00 WITA

Penerbit: Dhimas Ginanjar

Reporter: Isna Febby Sakinah

Source: www.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button