Tiket dan Pesona Air Terjun PUTUK TRUNO Pasuruan - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Pesona Air Terjun PUTUK TRUNO Pasuruan

Harga Tiket Masuk Air Terjun Putuk Truno: Rp 15.000 – Rp 20.000 Jam Buka: 08:00 – 16:00 Nomor Telepon: -Alamat: Jl. Putuk Truno, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia, 67157

Wilayah Tretes Pasuruan dikenal sebagai salah satu tujuan wisata paling populer. Menempati kawasan di kaki Gunung Arjuno – Welirang, kawasan ini dikenal sejuk dan memiliki pemandangan alam yang indah. Ada juga banyak tempat wisata berupa air terjun, seperti Air Terjun Kakek Bodo dan Air Terjun Putuk Truno.

Air Terjun Putuk Truno merupakan alternatif wisata air terjun yang tidak terlalu jauh dari hiruk pikuk kota. Selain mudah diakses, air terjun legendaris ini juga menawarkan keindahan alam yang masih alami dan menakjubkan.

Tiket Masuk Air Terjun Putuk Truno Pasuruan

Tiket masuk kawasan wisata ini dibedakan untuk hari biasa dan akhir pekan atau hari libur. Namun, tidak perlu khawatir karena harganya sangat terjangkau.

Biaya masuk
hari biasa Rp 15.000
Hari Libur/Akhir Pekan Rp20.000
Tiket kendaraan
Tiket sepeda motor Rp2.000
tiket mobil Rp 5.000

Baca: Tiket Masuk SKY DOOR Pasuruan dan Wahana Seru

Jam buka

Objek wisata ini dibuka untuk umum setiap hari dari pagi hingga malam. Pada akhir pekan dan hari libur, wisatawan biasanya berduyun-duyun ke objek wisata ini.

Jam operasional
Setiap hari 08.00 – 16.00 WIB

Pesona Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk TrunoAir Terjun Putuk Truno terletak di Kecamatan Prigen, Pasuruan – Foto: Google Maps

Baca: Tiket Masuk dan Wahana di PRIGEN SAFARI PARK

Air Terjun Putuk Truno adalah salah satu dari sekian banyak tempat wisata populer di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Merupakan salah satu dari sekian banyak air terjun yang tersebar di kaki Gunung Arjuno – Welirang. Namun, lokasinya tidak terlalu jauh dari jalan raya dan cukup mudah dijangkau.

Dengan ketinggian 45 meter, air terjun ini menawarkan pemandangan alam yang mempesona. Aliran air yang cepat diselimuti hutan yang belum tersentuh dan udara dataran tinggi yang segar. Selain indah dipandang, Air Terjun Putuk Truno juga dipercaya membawa cinta yang langgeng dan langgeng kepada dua sejoli.

Keindahan yang dapat diakses

Air Terjun Putuk Truno Prigen tingginya mencapai 45 meterKeindahan pelangi yang sering terlihat di sekitar Putuk Truno – Foto: Google Maps/wiedy Aries

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Air Terjun Kakek BODO Pasuruan

Jika biasanya air terjun alami berada di dasar hutan dan sulit diakses, berbeda dengan air terjun Putuk Truno. Meski dikelilingi hutan lebat, tempat wisata ini mudah dijangkau. Pengunjung tidak membutuhkan tenaga ekstra seperti puluhan menit trekking atau stamina fisik untuk menaiki jalur ekstrim.

Untuk menuju gerbang masuk, wisatawan akan menempuh jalan menanjak yang cukup terjal. Jalan ini sebenarnya mudah dilalui oleh kendaraan seperti mobil, bus, sepeda motor dan sepeda.

Namun, karena lebar dan kemiringan jalan cukup menguras tenaga, bus mungkin perlu lebih berhati-hati dan memperhatikan kondisi rem. Kemiringan ini juga menarik untuk menguji ketahanan saat mengayuh sepeda.

Taman Alam

Dikelilingi oleh hutan hijauAir terjun yang dikelilingi lembah dan hutan alam – Foto: Google Maps/Ditta Alfianto

Baca: Tiket Masuk AGROWISATA BHAKTI ALAM Pasuruan dan Wahana

Saat memasuki area jalan yang menanjak, suasana hutan yang asri akan langsung menyapa Anda. Sepanjang jalan, barisan pepohonan yang menjadi bagian dari taman konservasi alam akan menyejukkan mata dan udara. Rasa lelah dan penat akan segera tergantikan dengan suasana hutan yang sejuk yang menyejukkan hati.

Dari tempat parkir, pengunjung harus mengambil trotoar. Bukan jalan licin yang diselimuti tanah merah, melainkan jalan berbatu yang dihiasi tanaman hias di kedua sisinya. Dengan demikian, pengunjung tidak perlu khawatir dengan faktor keamanan dan kenyamanan.

Perlu diketahui bahwa sisi kanan jalan adalah hutan, sedangkan sisi lainnya adalah jurang. Jangan sampai Anda lengah dan terjerumus ke dalam jebakan terhipnotis dengan indahnya panorama hutan dan tebing-tebing yang mengelilingi Anda, ya! Jika kelelahan, istirahatlah di tempat yang disediakan.

Keindahan bersarang

stan fotoPosisi air terjun di tengah tebing menjadikannya harta karun yang terpendam – Foto: Google Maps/Chrysanti Indriani

Baca: Tiket Masuk Kebun Raya Purwodadi dan Berbagai Tamannya

Tidak butuh waktu lama untuk sampai ke lokasi air terjun. Dengan berjalan kaki sekitar 10 menit, pengunjung sudah sampai di Air Terjun Putuk Truno. Air terjun dengan ketinggian sekitar 45 meter ini mengalir dari atas tebing dengan posisi agak tersembunyi. Lokasinya tampak berada di antara kursi kokoh dari dinding tebing melengkung yang dihiasi dengan hutan alam yang lebat.

Dengan arus yang deras, air terjun ini terkesan berbahaya jika Anda mendekatinya. Tapi jangan khawatir, air yang jatuh menghasilkan danau yang dangkal di dasarnya. Dihiasi bebatuan alam, danau ini berisi air yang sangat jernih dan bersih.

Objek wisata ini dikelola dan dipelihara dengan baik sehingga bersih dan nyaman untuk rekreasi. Terdapat gubuk untuk piknik sambil menikmati keindahan air terjun dari kejauhan. Ada juga platform bambu yang menawarkan pemandangan terbaik dari air terjun ini.

Baca: 9 Tempat Wisata Terfavorit di Pasuruan

Legenda cinta abadi

taman di sekitar air terjun putuk truno prigenTuris bermain air terjun dan bersantai – Foto: Google Maps/Tintus Ardi

Keberadaan air terjun ini tidak lepas dari legenda dan mitos secara turun temurun. Pasangan yang mandi di bawah air terjun ini dipercaya menjalin hubungan cinta yang langgeng. Dikatakan karena Putuk Truno adalah tempat dimana cinta Joko Taruno, pangeran Majapahit, dan Putri Sri Gading Lestari, putri penguasa Madura bersatu.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Taman Dayu Pasuruan Water Park

Alkisah, Raja Hayam Wuruk dan seorang selir memiliki seorang putra bernama Joko Taruno. Pangeran Majapahit ini kemudian jatuh cinta dengan seorang gadis bernama Putri Sri Gading Lestari. Ayah sang putri, Raja Arya Wiraraja, tidak merestui hubungan tersebut. Sang putri diasingkan untuk bertapa di Coban Baung, sebuah air terjun di Purwodadi.

Joko Taruno dipenjarakan di Putuk Truno agar memiliki kekuatan untuk membebaskan diri dan kembali bersama sang putri. Dengan kegigihannya, Joko Taruno berhasil menemukan kekasihnya dan membawanya ke Putuk Truno. Legenda inilah yang memunculkan mitos bahwa air terjun Putuk Truno dapat meningkatkan kecintaan para sejoli.

Meredakan

Fasilitas yang tersedia di objek wisata ini cukup lengkap dan memadai. Tempat parkirnya luas, terdapat toilet, cabana dan sejumlah warung makan di sekitar air terjun. Ada juga platform selfie yang menawarkan pemandangan indah dan Instagramable.

Lokasi Air Terjun Putuk Truno Prigen

Air Terjun Putuk Truno terletak di Jalan Putuk Truno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Lokasi dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi roda dua dan empat. Jalan sempit harus diperhatikan bagi yang ingin datang rombongan menggunakan bus besar.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button