Tiket dan Aktivitas Pantai Muara Gembong - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas Pantai Muara Gembong

Tiket dan Aktivitas Pantai Muara Gembong

Harga tiket masuk Pantai Muara Gembong : Gratis. Jam buka: 08:00 – 18:00. Nomor telepon: -. Alamat : Happy Beach, Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, 17730.

Pantai Muara Gembong bisa menjadi alternatif objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga. Pantai ini berada di kecamatan Muara Gembong, Bekasi.

Pada hari libur, tempat wisata ini sering dipadati pengunjung dari Bekasi khususnya dan juga dari Jakarta. Bisa dimaklumi karena pantai ini terletak di dekat kedua kawasan tersebut. Bagi yang ingin merasakan suasana pantai dan sejenak melepaskan diri dari hiruk pikuk kota, pantai ini adalah pilihan yang tepat.

Harga Tiket Masuk Pantai Muara Gembong

Untuk memasuki tempat wisata ini tidak ada tiket masuk, pengunjung cukup membayar biaya parkir kendaraan dan sewa perahu.

Biaya masuk
Tiket masuk Untuk membebaskan

Baca: Tiket Masuk BRIDGE OF LOVE dan Atraksi Bekasi

Jam buka

Jam buka
Senin minggu 08.00 – 18.00

Aktivitas Menarik di Pantai Muara Gembong

Wisatawan bermain di Pantai Muara GembongSuasana di pantai dengan pasir kecoklatan. Foto: Google Maps/septianto Wahyudi

Untuk mencapai pantai ini, pengunjung harus menaiki perahu sekitar 15 menit dari Kampung Beting Muara Gembong. Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhi dan berjalan menyusuri hijaunya hutan bakau dari sisi sungai. Untuk membuat pengunjung serasa tidak berada di Bekasi.

Selain memiliki pemandangan yang indah dan udara yang segar, pengunjung juga dapat beraktivitas dan menemukan hal-hal menarik dan unik. Adapun ragam kegiatan yang dapat dilakukan dan mungkin tidak terdapat di tempat lain yaitu:

Baca: 20+ Tempat Wisata Menarik di Bekasi

ekowisata mangrove

kawasan hutan mangrove di sekitar pantai Muara GembongKawasan hutan mangrove di sekitar pantai Muara Gembong. Foto: Google Maps/

Sejak tahun 2018, kawasan ini dijadikan kawasan ekowisata mangrove. Terdapat gapura setinggi 3,5 meter yang menandakan pintu masuk ke Ekowisata Mangrove. Pengunjung dapat dengan nyaman berjalan melalui hutan bakau melalui jembatan bambu. Dengan lebar 1,5 meter dan panjang 200 meter.

Baca: Tiket Masuk SNOW WORLD Bekasi dan Atraksi Salju

Sepanjang jembatan banyak tempat untuk berfoto atau selfie. Tentu saja, ini menjadi nilai tambah tersendiri untuk menarik banyak pengunjung di masa mendatang. Mangrove sendiri bermanfaat dalam mengurangi abrasi pantai dan sebagai tempat berkembangnya biota laut.

Hutan mangrove di kawasan ini termasuk dalam Kawasan Hutan Lindung Ujung Krawang. Ia memiliki setidaknya 23 spesies mangrove sejati, yang sebagian besar merupakan spesies api-api. (Avicena) dan mangrove (Rhizopora). Pengunjung juga bisa belajar cara menanam dan mengelolanya. Bahkan banyak kelompok masyarakat atau anak sekolah dan pecinta tanaman yang melakukan kegiatan bersama menanam mangrove di sini.

Penangkaran hewan yang dilindungi

habitat kera ekor panjangMuara GEmbong merupakan tempat konservasi satwa salah satunya habitat monyet. Foto: Google Maps/Futuh Sabili

Hutan mangrove tidak hanya menjadi habitat tumbuhan, tetapi juga bagi hewan, terutama burung. Ada sekitar 158 spesies burung di hutan ini. Jika pengunjung menelusuri hutan mangrove lebih jauh, maka akan menemukan beberapa satwa liar atau habitat satwa langka yang dilindungi di sana.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana WATERBOOM LIPPO Cikarang

Selain burung, ada juga lutung jawa, monyet, biawak, monyet ekor panjang di kawasan tersebut. Lutung Jawa termasuk satwa liar yang dilindungi. Dan berpotensi menarik orang untuk datang ke sini, apalagi dengan penangkaran Lutung Jawa.

Namun, populasi monyet lebih besar dari Lutung Jawa. Populasi Lutung Jawa menurun drastis, hal ini disebabkan oleh banyaknya penebangan. Selain itu, para pemburu purba dapat leluasa memburu lutung Jawa di kawasan hutan bakau Muara Gembong.

Wisata tambak dan pemancingan

Pengunjung memamerkan hasil tangkapan merekaPantai Muara Gembong merupakan tempat memancing yang ideal. Berbagai jenis ikan ada di sini. Foto: Google Maps/Joenet Uhuy

Selain menikmati hutan bakau, pengunjung juga bisa melihat budaya tambak. Yakni kegiatan budidaya pesisir yang dilakukan oleh masyarakat sekitar Muara Gembong. Ada berbagai budidaya tambak disini, ikan, udang dan lain-lain.

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi TRANS SNOW WORLD Bekasi

Akuakultur juga merupakan penopang ekonomi lokal. Ada tiga model tambak yang dapat dibentuk yaitu model Kao-kao, Komplangan dan Gei Wai. Pengunjung bisa membeli produk hasil budidaya dari para nelayan ini, dan tentunya dijamin segar dan dengan harga yang lebih ekonomis.

Pesta Laut Tahunan

Kegiatan yang tidak kalah menarik adalah kegiatan tahunan yang dilakukan oleh masyarakat setempat yaitu festival laut tahunan yang oleh masyarakat disebut dengan Nadran, yaitu acara festival laut tahunan yang merupakan wujud rasa syukur masyarakat nelayan setempat.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana MEGATI WATERPARK Cikarang

Nadran juga merupakan bentuk pelestarian budaya tradisional. Hal ini dilakukan dari tahun ke tahun oleh masyarakat nelayan di pesisir Muara Gembong. Sedemikian rupa sehingga menjadi agenda festival budaya sekaligus promosi hasil laut hasil tangkapan masyarakat.

Reda

Pantai Muara Gembong memiliki fasilitas umum seperti tempat parkir yang luas, toilet dan mushola. Selain itu, gazebo juga disediakan. Kios-kios tersebut dapat digunakan pengunjung untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan dan udara segar di sekitar pantai.

Ada juga warung yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman dari penduduk setempat. Masakan yang ditawarkan adalah aneka masakan seafood seperti ikan, udang dan lain-lain dengan harga yang terjangkau.

Rute dan Lokasi Pantai Muara Gembong

Tempat wisata pantai ini berada di Desa Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Jaraknya sekitar 60 kilometer dari pusat kota Bekasi. Dapat ditempuh dalam waktu 2,5 jam perjalanan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button