6 tempat wisata populer dan menarik di Nganjuk - WisataHits
Jawa Timur

6 tempat wisata populer dan menarik di Nganjuk

Nganjuk, Jurnal Jawa Timur – Ada banyak tempat wisata di Kabupaten Nganjuk Jawa Timur yang bisa kamu kunjungi saat liburan akhir pekan ini. Pasalnya, kawasan ini tidak hanya menawarkan pesona keindahan alam tetapi juga tempat wisata yang unik dan menarik.

Di kawasan ini Anda akan menemukan berbagai tempat wisata menarik mulai dari sejarah, tema budaya hingga legenda dan cerita mistis. Sehingga Agar tidak bingung dalam memilih tempat wisata di Nganjuk, Anda bisa menyimak informasi selengkapnya di sini.

Berikut 6 tempat wisata Nganjuk populer dan menarik yang bisa Anda kunjungi dengan suasana yang menyenangkan dan menawan seperti dirangkum Jurnaljatim.com dari berbagai sumber.

Air Terjun Roro Kuning Nganjuk

Wisata Air Terjun Roro Kuning di Kabupaten Nganjuk memang sudah populer dan sangat digemari oleh para wisatawan. Air terjun ini terletak sekitar 27-30 km sebelah selatan kota Nganjuk pada ketinggian 600 m di atas permukaan laut dan memiliki ketinggian antara 10-15 m.

Air Terjun Roro Kuning mengalir dari tiga mata air di sekitar Gunung Wilis mengalir di sepanjang bebatuan padat di antara hutan pinus. Ada juga spot foto yang instagramable di tempat wisata ini. Selain itu juga terdapat kolam renang dengan berbagai wahana bermain anak yang seru dan menyenangkan.

Lokasi Air Terjun Roro Kuning berada di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

air terjun sedudo

Selain Air Terjun Roro Kuning di Kabupaten Nganjuk Jawa Timur juga ada wisata Air Terjun Sedudo. Wisata alam ini cukup populer dan digemari masyarakat. Selalu dipadati wisatawan, terutama pada hari libur nasional.

Air Terjun Sedudo berada di ketinggian sekitar 1438 meter di atas permukaan laut. Anda akan disuguhi pesona alam yang begitu sejuk dan indah. Situs ini juga sering digunakan untuk ritual tahunan setiap bulan Suro.

Ada pagar di sekitar air terjun untuk mencegah pengunjung mandi langsung di bawah air terjun. Spot foto kekinian dengan pemandangan indah memastikan wisatawan betah di sana.

Jika ingin menikmati suasana wisata Air Terjun Sedudo, datang saja langsung ke alamat Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Putri Musim Semi Wilis Nganjuk

Objek wisata Sendang Putri Wilis yang berada di kawasan Kota Angin ini menawarkan daya tarik utama berupa mata air atau genangan air yang bisa digunakan untuk mandi, berenang dan bermain air.

Terletak di daerah dataran tinggi yang bebas dari limbah industri. Aliran air yang mengalir di mata air ini benar-benar sangat bersih dan jernih. Selain itu, udaranya juga terasa sejuk khas daerah pegunungan.

Dari tempat parkir Air Terjun Singokromo, objek wisata Sendang Putri Wilis hanya berjarak sekitar 200 meter. Wisata alam ini juga sangat populer di masyarakat.

Akses ke situs ini cukup mudah. Tempat wisata ini bisa Anda temukan di alamat Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Gua Margo Tresno Nganjuk

Tempat wisata populer lainnya di Kabupaten Nganjuk adalah Goa Margo Tresno yang terletak di Dusun Cabean, Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Sebelum mencapai Gua Margo Tresno, Anda akan dibuat takjub dengan kondisi air yang jernih di tempat ini. Selain konsep wisata goa, wisata ini juga menyuguhkan wisata alam sejarah sebagai jejak sejarah perang Pajang.

Gua juga memiliki kesan magis. Gua Margo Tresno berukuran kurang lebih 15 x 50 meter. Ada banyak kelelawar di dalam gua yang mengeluarkan suara melengking.

Di kawasan wisata Gua Margo Tresno juga banyak terdapat pemandangan alam yang menakjubkan. Banyaknya pepohonan hijau yang rindang menambah keindahan dan menyegarkan pandangan pengunjung.

Belum lagi adanya wahana berupa mata air atau kolam yang airnya berasal dari mata air. Jika Anda berlibur ke sana, tentunya Anda juga bisa menikmati kesegaran sambil berenang di kolam renang.

Tempat wisata Gua Margo Tresno juga memiliki berbagai fasilitas yang cukup lengkap untuk menunjang liburan disana, mulai dari tempat parkir, toilet, kantin, pendopo, taman bermain, taman dan lain-lain.

Bukit Batu Songgong Nganjuk

Jika Anda ingin menikmati matahari terbenam, Bukit Songgong Batu adalah destinasi yang tepat untuk Anda. Pengunjung wisata ini disuguhi pemandangan indah kota Nganjuk dan lereng Gunung Wilis dari ketinggian.

Saat matahari terbenam, keindahan disuguhkan kepada pengunjung. Dari atas bukit Anda akan dibuat terpukau dengan keindahan luar biasa Kabupaten Nganjuk.

Tempat wisata di Nganjuk ini merupakan produk wisata olahan warga sekitar. Di tengah area seluas 1 hektar yang telah ditata dengan beberapa bebatuan unik dan menjadi area taman yang indah dipandang mata.

Di tempat wisata terdapat pola berupa jalan setapak yang membentuk lingkaran dan berbentuk huruf S, disusun dengan lempengan batu membentuk lingkaran yang dikelilingi oleh rip-batu dan di tengahnya terdapat tugu kecil yang terbuat dari bahan serupa. bahan batu.

Jika ingin mengunjungi Wisata Bukit Batu Songgong Nganjuk, maka alamatnya pasti Sembung, lebih tepatnya Margopatut, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Museum Anjuk Pertanian Nganjuk

Pilihan wisata di Nganjuk lainnya adalah Museum Anjuk Ladang. Ada banyak benda bersejarah di tempat ini, termasuk prasasti Anjuk Ladang. Namun prasasti tersebut merupakan cikal bakal berdirinya Kabupaten Nganjuk.

Museum ini didirikan pada tahun 1993-1996 atas gagasan Bupati Nganjuk saat itu, R. Sutrisno, yang menginginkan semua benda cagar budaya yang ada di Nganjuk saat itu, termasuk temuan-temuan, untuk ditempatkan di museum.

Museum Anjuk Ladang yang semula merupakan kantor Dinas Pariwisata dan Purbakala Nganjuk resmi difungsikan sebagai museum pada tanggal 10 April 1996 yang bertepatan dengan peringatan 1059 tahun pemerintahan Nganjuk.

Jika Anda mengunjungi wisata sejarah ini, Anda akan memahami proses sejarah lahirnya kota Nganjuk. Lokasi Museum Anjuk Ladang di Jl. Gatot Subroto Wringin Anom, Wringin Anom, Kauman, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Kabupaten Nganjuk Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati liburan Anda.

Dapatkan berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow journaljatim.com di Instagram dan Google News kicauan Jurnaljatim.com

Source: jurnaljatim.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button