Tiket dan aktivitas di Punchuk Setumbu - WisataHits
wisatahits

Tiket dan aktivitas di Punchuk Setumbu

Harga tiket masuk ke Punthuk Setumbu: Rp 20.000 hingga Rp 50.000. Jam buka: 04:00-17:30. Nomor telepon: -. Alamat: Jl. Borobudur Ngadiharjo KM 4 km, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56553.

Magelang memiliki alam yang indah, daerah yang sejuk dan dikelilingi pegunungan. Sebagai Punchuk Setumbu Magelang, sirkuit alam yang sangat indah di Magelang. Tidak salah jika kawasan perbukitan ini menjadi tujuan wisata utama bagi mereka yang ingin menikmati indahnya matahari terbit.

Punthuk Setumbu terdapat di gugusan Perbukitan Menoreh. Memiliki ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut, tempat ini sering menjadi tempat terbaik untuk berfoto dengan matahari terbit.

Harga tiket masuk ke Punchuk Setumbu

Untuk dapat menyaksikan keindahan pemandangan di Punthuk Setumbu, wisatawan harus membayar tiket masuk. Namun, biaya masuknya tidak mahal. Seperti yang ditunjukkan pada tabel di bawah ini:

Biaya masuk
Pelancong nasional Rp 20.000
turis internasional Rp 50.000

Baca: GEREJA AYAM BUKIT RHEMA Magelang Tiket masuk dan kegiatan

Jam Buka Punchuk Setumbu

Wisatawan bisa mengunjungi tempat wisata ini setiap hari dengan jam buka dari jam 4 pagi sampai jam 5 sore.

Jam buka
Setiap hari 04.00 – 17.30 WIB

Sejarah Punchuk Setumbu

Awalnya, Punthuk Setumbu hanyalah sebuah bukit biasa yang dipenuhi oleh ladang milik warga sekitar. Namun, karena seorang fotografer mengabadikan kawasan ini dan mengunggahnya, tempat ini mulai terkenal. Foto yang diambil adalah bidikan candi Borobudur dengan background matahari terbit.

Karena keindahannya, beberapa orang mulai berdatangan ke daerah perbukitan ini. Semakin hari, kawasan perbukitan ini semakin ramai dikunjungi pengunjung. Dan sejauh ini terbuka untuk umum sebagai obyek wisata.

Baca: Tiket Masuk CANDI BOROBUDUR dan Aktifitas Magelang

1. Sunrise dari Punchuk Setumbu

Pemandangan Punchuk SetumbuPemandangan matahari terbit di Punchhuk Setumbu. Foto: Gmap/Sandra Marpaung

Tujuan utama wisatawan datang ke Punthuk Setumbu adalah untuk berfoto. Tak heran, mereka rela datang pagi-pagi agar tidak melewatkan momen bahagia ini.

Banyak turis tiba sebelum jam 5 pagi. Biasanya menjelang matahari terbit, bukit ini akan ramai dikunjungi wisatawan.

Saat matahari terbit (cnaik), warna langit berubah menjadi jingga dan memanjang ke segala arah. Nyalakan alam dan pepohonan di depannya. Selain menyapu kabut yang menyelimuti dirinya sejak malam.

Baca: Tiket Masuk SVARGABUMI BOROBUDUR Magelang dan Tempatnya Indah

2. Obyek Fotografi Candi Borobudur

Candi Borobudur Punthuk SetumbuDari Punthuk Setumbu, wisatawan bisa melihat Candi Borobudur dari kejauhan. foto: google maps/Eka Risty Sembiring

Di sebelah timur bukit, pengunjung dapat melihat puncak candi Borobudur yang mulai terlihat. Tunasnya seolah menembus kabut dan menyambut sinar matahari. Pemandangan seperti ini sayang untuk dilewatkan.

Perpaduan antara kabut, candi Borobudur, dan rona jingga matahari sungguh memukau. Jika ingin mengabadikan foto sebaiknya menggunakan tripod untuk hasil yang lebih baik dan tidak goyang.

Baca: Tiket Masuk SILANCUR HIGHLAND Magelang dan Berbagai Aktivitasnya

3. Nikmati udara segar

Berada di ketinggian 1.300 mdpl, Punthuk Setumbu memiliki udara yang segar. Pengunjung akan merasakan kedamaian dan ketenangan dalam suasana ini.

Tidak ada suara kendaraan bermotor. Hanya ada suara sapaan alam. Suara burung liar dan serangga menjadi melodi yang indah di tempat yang indah ini.

Bagi yang tidak tahan dingin, Anda bisa bersiap dengan mengenakan jaket tebal. Karena pada pagi hari suhunya bisa sangat dingin. Oleh karena itu, bersiaplah agar tidak kedinginan.

Baca: Tiket Masuk Agrowisata BHUMI MERAPI dan 4 Aktivitas Seru

4. Petualangan mendaki

spot foto di puncak bukitSalah satu spot foto sengaja disediakan pengelola agar pengunjung bisa mendapatkan foto terbaik. Foto: Peta Google/Veronika Desi

Tak hanya menyiapkan pakaian tebal, pengunjung juga harus menyiapkan fisik yang kuat. Sebab, untuk mencapai puncak harus melalui jalur trekking. Ini tidak terlalu sulit, tetapi Anda tetap harus berhati-hati.

Jarak yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit ini berupa tanjakan. Lerengnya berupa medan menanjak. Oleh karena itu, gunakan sepatu anti selip agar tidak terpeleset.

Baca: Tiket Masuk Candi PRAMBANAN dan 8 Kegiatan Utama

Disarankan untuk datang saat musim kemarau. Karena pada musim hujan, jalur pendakian bisa sangat licin dan berbahaya.

5. Berkemah di Punchuk Setumbu

berkemah di Punchuk SetumbuPengunjung yang ingin bermalam juga bisa berkemah di kawasan wisata ini. Foto: Gmap/Apri Yanto

Akhir pekan adalah waktu yang tepat bagi mereka yang ingin bermalam di kawasan wisata ini. Di sini ada arena berkemah yang tertata apik. Padahal, arena tersebut tidak jauh dari titik pandang matahari terbit.

Jika Anda sedang berkemah, tentunya Anda tidak akan ketinggalan dengan fenomena matahari terbit di balik perbukitan. Lamanya waktu matahari mulai keluar dari peraduan hingga terangnya cukup singkat. Hanya sekitar 30 menit, jadi siapkan kamera sebelum matahari terbit.

Sambil menikmati pemandangan yang indah, ada kegiatan lain selain foto-foto. Menikmati minuman panas sambil melihat matahari terbit juga tidak kalah menyenangkan.

Lokasi Punchuk Setumbu

Tempat wisata alam ini terletak di Jalan Borobudur Ngadiharjo KM.4, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button